Grid.ID – Grab resmi meluncurkan jaringan dapur satelit atau lebih dikenal dengan istilah cloud kitchen di dua kota baru di Indonesia, yakni Makassar dan Malang.
Dengan memanfaatkan data serta riset dari konsumen, Grab berusaha memenuhi keinginan dan selera konsumen yang tinggal dan bekerja Kota Makassar dan Malang dengan membuka tiga fasilitas GrabKitchen yang berlokasi strategis di Daeng Tata dan Batua, Makassar, serta satu di Tlogomas, Malang.
Regional Head of GrabKitchen Sai Alluri mengatakan konsumen saat ini lebih sering membeli makanan secara online. Artinya bisnis foods and beverages (F&B) harus terus mempercepat digitalisasi dan memperkuat visibilitas mereka secara online.
"Ekspansi GrabKitchen ke dua kota baru ini memberi mitra merchant solusi tambahan untuk menjangkau pelanggan baru dan memberikan kenyamanan dan lebih banyak pilihan makanan berkualitas tinggi untuk para pengguna Grab," ujar Sai Alluri, dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).
Baca Juga: GrabWheels Kembali Hadir, Begini Protokol Keselamatan dan Kesehatan untuk Penggunaannya
Nantinya akan ada, 11 restoran di GrabKitchen Tlogomas, Malang, yakni Ayam Bakar Taliwang Sasak Tulen, Ayam Geprek Moome, Wings Me, Teman Duduk, Greenly, Mr M4T, Kebab Bosman, Nasi Goreng 78, Pempek Farina, Pempek Bujang Tuo, dan Batagor Farina.
Selanjutnya, ada 10 merchant makanan dan minuman populer bergabung di dua GrabKitchen di Makassar yang akan menghadirkan hidangan khas lezat bagi masyarakat.
Di Daeng Tata, pengguna Grab dapat memesan dari Mastercheese Pizza, Ayam Gepuk Pak Gembus, Big Bananas, Bebek Gazebo, Mama Hot Plate, Rumah Jajanan Makassar, Bebek Goyang Sulawesi ‘Begos’, Queen Fruits, dan Ayam Geprek Mercon EB.
Bagi yang ada di kawasan Batua, pengguna dapat menikmati hidangan gurih hingga makanan pencuci mulut, yakni Nasi Kuning Cinta, Mastercheese Pizza, Mama Hot Plate, Ayam Gepuk Pak Gembus, dan Queen Fruits.
Baca Juga: UMKM Ingin Terus Usaha dan Bangkit di Fase New Normal? Ini 5 Program yang Wajib Diikuti
Dengan konsep fitur all-in-one, pelanggan pun dapat memesan semua menu hidangan yang ingin dinikmati dari banyak mitra merchant yang ada di satu lokasi GrabKitchen dan menggabungkannya dalam sekali pengiriman dan pembayaran.
Jaringan cloud kitchen terbesar di Indonesia
Dengan ekspansi terbaru di dua kota tersebut, saat ini, Grab pun mengoperasikan jaringan cloud kitchen terbesar di Indonesia yang terdiri atas 48 titik. Cakupan geografisnya luas di tujuh wilayah dan kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Bali, Medan, Surabaya, Malang, dan Makassar. Pertama kali diperkenalkan di Jakarta pada 2018, GrabKitchen.
Pertama kali diperkenalkan di Jakarta pada tahun 2018, GrabKitchen menawarkan peluang kepada mitra merchant untuk mengembangkan bisnis mereka dengan biaya dan risiko rendah, serta akses langsung untuk menjangkau lebih banyak konsumen lewat pemanfaatan teknologi.
Saat ini, GrabKitchen telah bermitra dengan lebih dari 200 brand di Indonesia dimana 60 persen diantaranya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Baca Juga: Mudah dan Aman! Kini Grab Luncurkan Grab Merchant App untuk Dukung UMKM Indonesia
GrabKitchen juga bermitra dengan sederet brand favorit masyarakat Indonesia seperti SaladStop!, SourSally, Kopi Kenangan, Martabak Pizza Orins, dan Boga Group. Rata-rata, mitra merchant di GrabKitchen mengalami peningkatan pesanan harian hingga 80 persen pada bulan pertama mereka bergabung dengan Grab.
Apresiasi Grab terhadap mitra
Sebagai bentuk apresiasi Grab terhadap seluruh mitra merchant di seluruh Indonesia, GrabKitchen menyelenggarakan acara penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada para mitra merchant yang telah menunjukkan kreativitas, dedikasi, serta semangat kewirausahaan dan inovasi pada Senin, 31 Agustus 2020 lalu.
Sebanyak 16 penghargaan diberikan pada acara yang digelar secara virtual. Semua nominasi akan menikmati eksposur tambahan di aplikasi Grab melalui kampanye promo spesial, termasuk spanduk iklan digital khusus dan tanda khusus pemenang penghargaan pada kemasan makanan mereka.
Sai mengaku, sangat senang dapat merayakan pencapaian ini dengan para mitra merchant yang bekerja keras setiap hari untuk menyajikan makanan dan minuman lezat nan berkualitas tinggi bagi pelanggan.
Baca Juga: Bantu UMKM Transformasi Digital, Menteri Teten Masduki Apresiasi GrabMerchant
“Kami akan terus memanfaatkan data guna membantu para mitra merchant mengoptimalkan bisnis mereka, mencapai potensi pendapatan baru, menangkap peluang dari permintaan pasar yang belum terpenuhi, dan meraih sukses bersama meski dalam tempaan masa sulit ini,” kata Sai.
Sementara itu, pemilik Dailybox, pemenang penghargaan Mitra Merchant GrabKitchen Paling Inovatif, Kelvin Subowo, mengaku sangat bersyukur atas kesempatan untuk mengembangkan bisnis kami melalui GrabKitchen dan dapat menggunakan platform ini sebagai sarana uji coba bagi beberapa menu baru yang dirancang berdasarkan tren makanan terkini.
“Dengan GrabKitchen, kami tidak perlu khawatir tentang pengelolaan meja, lokasi, dekorasi dan lain-lain, yang tentunya semakin menghemat biaya operasional bisnis kami. GrabKitchen sangat membantu kami untuk mencapai misi kami yaitu menghadirkan beragam comfort food dengan harga yang terjangkau,” kata Kelvin
Senada dengan Kelvin, pemilik Amarly Food, yang dianugerahi sebagai Mitra Merchant GrabKitchen Paling Berdedikasi, Sumardi, GrabKitchen tidak hanya meningkatkan visibilitas kami yang menghasilkan peningkatan penjualan.
Baca Juga: Asyik, Besok Ojol Sudah Boleh Bawa Penumpang, Begini Protokol Kesehatan yang Diterapkan
Namun juga, memberikan wawasan terbaru mengenai tren makanan dan teknologi terkini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru secara lebih efektif.
“Konsep cloud kitchen merupakan solusi untuk kami dapat bertahan dan menjaga bisnis kami, terutama pada era new normal ini,” jelas Sumardi.
Penulis | : | Nana Triana |
Editor | : | Sheila Respati |