Grid.ID - TaniHub Group menunjukkan komitmennya dalam memajukan pertanian dan perekonomian negeri ini melalui kerja sama dengan Boost Indonesia, sebuah platform keuangan digital yang dikembangkan oleh Axiata Digital Services Indonesia.
Kolaborasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi dalam hal peningkatan kesejahteraan petani dan inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Melalui kerja sama ini, TaniHub Group akan menjadi pemasok hasil tani dan produk pangan kepada mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Boost Indonesia yang dikenal dengan nama Merchant.
Dengan dukungan pasokan dari TaniHub, para Merchant dapat menawarkan produk pangan dan hasil tani melalui aplikasi BoostPenjual milik Boost Indonesia.
Dengan dimulainya kolaborasi tersebut, kedua belah pihak dapat menawarkan solusi peningkatan kesejahteraan petani sekaligus UMKM Indonesia. Hasil panen petani binaan maupun petani mitra TaniHub Group dapat secara langsung diserap dan dijual melalui para Merchant Boost.
Tidak hanya itu, masyarakat juga semakin mudah untuk mengakses dan mendapatkan bahan pangan berkualitas dari petani Indonesia.
Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group mengatakan bahwa ia percaya adanya kolaborasi memudahkan perjuangan TaniHub Group dan Boost Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemerataan ekonomi.
“Kolaborasi yang terjalin antara TaniHub Group dan Boost Indonesia melebarkan akses mitra petani TaniHub Group dalam bidang penyerapan hasil tani, juga akses Merchant Boost kepada bahan pangan berkualitas,” ujar Ivan.
Baca Juga: Penghargaan Indonesia Prospective Brands dalam Indonesia Original Brands Award 2020 untuk TaniHub
Joseph Lumban Gaol, CEO PT Axiata Digital Services Indonesia, mengatakan bahwa kerjasama yang terbangun antara Boost dan TaniHub Group dapat mengeskalasi kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM dan petani secara bersamaan.
“Melalui program ini pula, Boost akan memfasilitasi para Merchant Boost melalui dukungan TaniHub Group agar para Merchant kami bisa mendapatkan layanan modal kerja dari penyedia layanan keuangan. Dengan demikian, program ini dapat merealisasikan inklusi keuangan kepada sektor UMKM perdagangan ritel dan pertanian yang selama ini kurang terlayani”.
Kolaborasi antara TaniHub Group dengan Boost Indonesia diharapkan akan ikut menyumbang peningkatan dan realisasi inklusi keuangan bagi para pelaku UKM ritel dan petani.
Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi keuangan mencapai 38,03% dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 76,19%.
Angka tersebut melampaui target yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebesar 75% untuk tingkat inklusi keuangan dan 35% untuk tingkat literasi keuangan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.
Liburan ke Jepang Bareng Atta Halilintar dan Aurel, Ashanty dan Anang Alami Insiden Ini di Bandara