Laporan Wartawan Grid.ID, Mia Della Vita
Grid.ID- Jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan di tengah situasi sulit seperti pandemi, bisnis online merupakan salah satu pilihan yang cocok.
Ada banyak sekali peluang bisnis online yang menarik untuk dijalani.
Meski begitu, berjualan di e-commerce tidak semudah yang dibayangkan.
Karena pasar digital dan jasa online sedang berkembang pesat, secara otomatis akan ada banyak persaingan.
Oleh karena itu, pebisnis harus memiliki niat, usaha, dan strategi yang baik.
Berikut enam cara membangun bisnis online, dikutip dari Kontan.co.id dan Kompas.com, Kamis (18/3/2021).
Perhatikan apa yang dibutuhkan orang lain
Ada banyak sekali produk atau jasa yang bisa dijual secara online.
Cara memulai bisnis online adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh orang lain.
Untuk mengetahui kebutuhan orang lain, bisa mengunjungi forum-forum online guna melihat permasalah yang orang hadapi.
Bisa juga melakukan penelitian kata kunci di internet untuk melihat apa yang dicari orang-orang.
Kemudian kunjungi situs kompetitor untuk mengetahui produk seperti apa yang dijual.
Buka toko online
Setelah meriset kebutuhan pasar dan melihat produk yang dijual kompetitor, silahkan untuk membuka toko.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka toko, misalnya, menggunakan marketplace, media sosial, atau membuat website sendiri.
Jika Anda memutuskan untuk membuat website sendiri, sebaiknya desain dibuat sesederhana mungkin.
Fungsinya adalah supaya calon konsumen tak kesulitan dalam melihat dan memilih produk.
Hal yang sama juga berlaku untuk produk yang dijual di media sosial atau marketplace.
Sama seperti toko di dunia nyata, toko online perlu ditata sedemikian rupa untuk menarik minat konsumen.
Sediakan foto yang bagus beserta deskripsi produk selengkap mungkin.
Jika menggunakan marketplace, optimalkan halaman produk sehingga akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan toko Anda.
Namun apabila ingin memanfaatkan media sosial, sebaiknya periksa dulu apakah target konsumen Anda menggunakan media sosial itu atau tidak.
Buat iklan
Cara mengembangkan bisnis online selanjutnya adalah membuat iklan.
Produk dan toko Anda perlu dipromosikan agar bisa diketahui lebih banyak orang.
Iklan yang bagus akan menarik calon konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.
Caranya yaitu membuat headline yang menarik lalu jelaskan masalah yang bisa diselesaikan dengan produk yang Anda jual.
Berikan testimoni dari orang lain tentang manfaat yang bisa didapat dari produk Anda.
Tambahkan juga penawaran menarik, misalnya, diskon atau bentuk promo lainnya.
Manfaatkan upselling dan cross-selling
Upselling dan cross-selling dinilai sebagai alat ampuh untuk meningkatkan nilai pembelian pelanggan.
Keduanya juga dapat membantu pelanggan mengetahui lebih banyak tentang penawaran Anda meskipun mereka tidak segera membeli.
Upselling sendiri adalah teknik penjualan dengan cara menawarkan produk yang lebih baik dan lebih mahal daripada yang dilihat pelanggan di halaman produk atau halaman pembayaran.
Sedangkan cross-selling adalah teknik penjualan dengan cara menyarankan produk tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan produk yang mereka miliki di keranjang mereka.
Permudah pembayaran
Ada banyak pengunjungi toko yang hanya melihat-lihat, mengklik, lalu meninggalkan barang di keranjang belanja.
Anda harus tahu apa yang membuat konsumen tidak menyelesaikan transaksinya.
Itu bisa jadi karena halaman pembayaran yang rumit, metode pembayaran yang terbatas, atau masalah lainnya.
Anda bisa meminalisir timbulnya masalah dengan menampilkan lencana atau logo yang mudah dikenali pembeli.
Bisa juga dengan menawarkankan beberapa opsi pembayaran di halaman checkout.
Bangun loyalitas pelanggan
Anda dapat memberi pelanggan alasan kuat untuk kembali membeli di toko Anda.
Caranya bisa menggunakan diskon atau gratis ongkos kirim. Itu dirasa mampu menarik konsumen kembali ke toko Anda.
(*)
Nyesek, Abidzar Ternyata Sempat Jedotin Kepalanya ke Tembok Usai Tahu Uje Meninggal, Umi Pipik: Dia Nyalahin Dirinya
Source | : | Kontan.co.id,kompas |
Penulis | : | Mia Della Vita |
Editor | : | Mia Della Vita |