Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Pandemi Covid-19 tidak boleh menjadi hambatan untuk mengembangkan kemampuan.
Kita harus bisa kreatif untuk melawan dan bertahan di situasi tidak pasti ini.
Sebagai salah satu media sosial yang menjangkau banyak kalangan, Facebook memberikan perhatian besar kepada pelaku usaha kecil dan menengah.
Baca Juga: Inisiasi Facebook dalam Kembangkan Potensi Wanita, Adakan Program hingga Pelatihan Wirausaha
Facebook berfokus membantu pelaku usaha ini untuk memaksimalkan platform seluruh aplikasinya, mengikuti pelatihan, lalu mendapatkan akses ke edukasi.
#SheMeansBusiness merupakan sebuah inisiatif dari Facebook untuk merayakan dan memberdayakan perempuan wirausaha di seluruh Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Dijelaskan oleh Dessy Sukendar, Manajer Program-program Kebijakan untuk Facebook di Indonesia, dalam acara virtual yang Grid.ID ikuti (5/4/2021), Facebook sempat melakukan riset terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
“Kita sudah memikirkan cara memahami permasalahan tersebut (pandemi). Setiap bulannya, tahun lalu, Facebook menjalankan riset yang mensurvei bisnis yang dijalankan di Facebook,” kata Dessy.
Riset tersebut menghasilkan empat temuan:
1. 90 persen UKM di Indonesia yang berada di Facebook terlibat dalam beragam aktivitas yang dapat meningkatkan pendapatan mereka.
2. 51 persen pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) melaporkan, 25 persen dari penjualan terjadi di ranah digital dalam beberapa bulan terakhir.
3. 91 persen bisnis yang dijalankan oleh perempuan di Facebook, terlibat dalam beragam aktivitas yang dapat meningkatkan pendapatan.
4. 77 persen pemilik bisnis optimis dan manager optimis akan masa depan bisnis mereka.
(*)
Hadir di Gala Premier 2nd Miracle In Cell No.7, Sutradara dan Cast Korea Bagi-bagi Tisu: Semua yang Nonton Pasti Nangis
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Irene Cynthia |