Grid.id - Kamu mungkin sudah enggak asing dengan istilah content creator. Di tengah perkembangan era digital yang melaju dengan sangat cepat, content creator menjadi salah satu profesi yang digandrungi anak muda.
Menjadi seorang content creator identik dengan ide-ide konten yang kreatif. Konten tersebut bisa berupa gambar, tulisan, video, hingga rekaman podcast yang diunggah di berbagai platform media sosial.
Nah, seorang content creator yang serius menekuni dan mengembangkan kualitas kontennya tentu akan menggaet banyak audiens. Popularitas dan engagement yang tinggi pun bisa menjadi ladang cuan yang menguntungkan, lho.
Hal ini yang dirasakan oleh Carlene Mutiara Feby, seorang content creator di TikTok yang terkenal akan konten review dekorasi dan peralatan rumah tangga unik.
Baca Juga: Ini Program yang Bakal Bikin 10.000 UMKM Solo Bisa Ekspor
Berawal dari hobinya bermedia sosial di TikTok, pemilik akun @carlenedoraa itu mengaku ingin mengubah kegiatan iseng tersebut menjadi sumber penghasilan tambahan.
"Awalnya aku iseng aktif di TikTok, alasannya karena untuk mengisi waktu luang," ungkapnya dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).
Namun di sisi lain, Carlene juga ingin menghadirkan konten berkualitas yang dapat memberi manfaat bagi pengikutnya. Oleh karenanya, ia mulai rajin mengunggah video di TikTok yang bukan sekadar menghibur tapi memberi inspirasi berupa product review.
Barang-barang yang dibeli dari platform e-commerce, ia ulas secara lengkap. Informasi mengenai tampilan, harga, hingga kegunaan ia jelaskan dalam video. Kemudian ia bergabung dengan program Shopee Affiliate.
"Sejak aku bergabung di program Shopee Affiliates, aku rajin mengunggah konten promosi barang yang bisa dibeli di Shopee. Konten yang aku buat juga harus kreatif dan berbeda, sehingga bisa menarik netizen lain untuk mengklik dan membeli produk yang dipromosikan," tambahnya.
Baca Juga: Lewat Program UMKM Solo Go Ekspor, 10.000 UMKM Bisa Berjualan ke Luar Negeri
Sebagai informasi, Shopee Affiliate merupakan program yang menawarkan penghasilan tambahan bagi content creator yang mempromosikan produk-produk Shopee di media sosialnya, seperti YouTube, Instagram, Facebook, hingga TikTok.
Pada program ini, setiap content creator juga diberi kebebasan untuk membuat konten sesuai kreativitas masing-masing selama masih memenuhi syarat dan ketentuan Shopee.
"Selama bergabung di Shopee Affiliates, setiap minggunya aku bisa menghasilkan jutaan rupiah. Bahkan aku sudah bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dalam dua bulan," kata Carlene.
Carlene pun menambahkan, dirinya sangat bersyukur karena uang yang dihasilkan dari program Shopee Affiliates bisa ia gunakan untuk membeli sebuah rumah secara tunai.
Baca Juga: Sukseskan Distribusi Vaksin Covid-19, Shopee Hadirkan Pusat Vaksinasi Shopee di Bandung
Hingga saat ini, Carlene masih terus mengembangkan konten-konten kreatifnya. Akun TikTok-nya pun semakin ramai dikunjungi dengan jumlah pengikut sebanyak 316.700 dan likes sebanyak 11.400.000.
Selain Carlene, keberhasilan content creator dalam menghasilkan cuan berkat kerjasama dengan Shopee Affiliates juga dialami oleh Jemima Livia, seorang beauty vlogger di Youtube.
"Semenjak bergabung menjadi bagian dari Shopee Affiliates, mimpiku satu persatu tercapai dalam hitungan bulan. Mulai dari membeli barang elektronik seperti handphone baru, hingga mobil baru," kata Jemima.
Selain itu, menurut Jemima, bergabung dengan Shopee Affiliates juga menguntungkan banyak pihak, termasuk pengguna Shopee yang hendak berbelanja.
"Melalui program ini, (aku) tidak hanya membagikan atau mempromosikan produk favorit, tapi juga membantu menyebarkan informasi diskon atau promosi dari Shopee, misalnya promo menarik selama Big Ramadan Sale," tambahnya.
Jemima pun berharap, banyak kreator yang dapat bergabung dalam program Shopee Affiliates. Sebab, program ini bisa menjadi salah satu yang mendukung kreativitas anak muda di Indonesia.
Buka peluang bagi kreator Indonesia
Shopee Indonesia pun membuka peluang lebar bagi para content creator yang ingin bergabung dengan program Shopee Affiliates.
Nah, kalau kamu tertarik mengikuti program ini, salah satu syarat wajib yang harus kamu punya adalah keaktifan di media sosial.
Kamu diharuskan memiliki setidaknya 8.000 subscribers di Youtube, 5.000 followers di Instagram dan TikTok, 10.000 followers di Twitter, atau 1.000 followers (pages dan groups) di Facebook.
Enggak perlu punya semua, kamu bisa pilih salah satu diantara platform media sosial tersebut. Kemudian, kamu harus mengunggah konten promosi yang menarik.
Komisi yang didapatkan untuk setiap pembelian yang memenuhi syarat adalah 10 persen.
Kalau jumlah subscribers atau followers belum mencukupi, kreator konten dapat bergabung dengan Shopee Share. Siapa saja bisa menjadi bagian dari Shopee Share tanpa harus memiliki jumlah subscribers atau followers tertentu.
Chandrika Chika Belum Minta Maaf Usai Diduga Aniaya Yuliana Byun, Sang Ayah Datangi Korban
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |