Grid.ID - Industri fesyen Tanah Air mengalami perkembangan cukup pesat. Saat ini, beragam produk fesyen dengan label brand lokal semakin banyak. Desain dan ragam item fesyen yang dihadirkan beragam. Kualitasnya pun semakin semakin jempolan.
Banyak juga produk-produk fesyen lokal yang sudah menembus pasar global. Sebut saja, Roughneck 1991.
Brand lokal yang menghadirkan koleksi fesyen pria tersebut sudah menjangkau konsumen di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kini, Roughneck 1991 bersiap memasuki pasar Amerika Selatan, melalui ekspor ke Brasil.
Perjalanan Roughneck 1991 hingga menembus pasar global tak lepas dari inovasi yang dilakukan oleh Rusli Ikhwan, perintis brand tersebut. Ia memulai Roughneck 1991 pada 2015 dan saat itu produk dijual secara offline.
Melalui berbagai bazaar fesyen Rusli memperkenalkan produknya. Kemudian, ia membuka beberapa flagship store di beberapa daerah agar brand-nya lebih dikenal publik.
Penjualan online pun dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Sebab, Rusli percaya bahwa penjualan online, tidak terbatas ruang dan waktu. Konsumen dari mana saja bisa menghubungi dan mengakses produk untuk berbelanja.
Strategi tersebut semakin membuahkan hasil, Roughneck berhasil membentuk komunitas konsumen yang disebut sebagai Roughest-neck.
Namun, belum puas dengan keberhasilan menjangkau banyak pelanggan lewat media sosial, Rusli melirik e-commerce. Pesatnya perkembangan digital dan tingginya potensi yang ditawarkan dari penjualan di e-commerce menjadi landasan Rusli.
Ia kemudian memutuskan untuk mengembangkan serta memperkuat eksistensi produk Roughneck dalam ranah digital dengan membuka official store di Shopee.
Rusli mengatakan melihat potensi besar pada penjualan di e-commerce. Ia tidak perlu membeli atau membayar sewa toko, tetapi penjualan tetap berjalan. Usai bergabung dengan Shopee, ia mengatakan brand yang dibesarkannya bahkan bisa menerima jutaan pemesanan dalam satu waktu.
“Dengan berjualan secara online yang pertama kami pikirkan adalah kemudahan, mulai dari akses, transaksi, kenyamanan hingga keamanan. Saat itu, kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee agar konsumen mendapatkan pengalaman belanja online terbaik,” kata Rusli dalam keterangan resmi yang diterima GridID, Senin (3/5/2021).
Ia juga mengaku, saat ini brand Roughneck 1991 telah dikenal sebagai salah satu brand lokal unggulan di Shopee.
Baca Juga: Hati-hati! Kurang Bergerak dan 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Sembelit Saat Puasa, Hindari Mulai Hari Ini
“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan inovasi yang selalu dihadirkan Shopee untuk membantu bisnis para pelaku usaha di Indonesia,” ujar Rusli.
Dengan bergabung di Shopee, Roughneck 1991 merasakan dampak yang signifikan dalam peningkatan penjualan produk. Dari sisi bisnis, ia mengaku Roughneck 1991 menjadi lebih siap dan rapi dengan adanya digitalisasi.
Sejak bergabung dengan Shopee, Rusli merasakan Roughneck 1991 lebih siap dengan strategi bisnis untuk memahami pergeseran perilaku konsumen dari offline ke online.
Memanfaatkan program Shopee
Roughneck 1991 secara aktif dan rutin mengikuti program-program dan memperkuat kerjasama dengan Shopee. Hal itu dilakukan brand tersebut utamanya untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.
Pada awal pandemi Rusli sempat panik dan khawatir akan keberlangsungan brand Roughneck 1991. Saat itu, Roughneck 1991 tengah mempersiapkan field tour dengan membuka pop-up store pada offline event di 30 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.
Namun, dikarenakan pandemi, seluruh event yang sudah direncanakan harus dibatalkan. Stok produk menumpuk, sementara daya beli masyarakat menjadi lesu. Ia pun harus memutar otak untuk membuat stok tersebut mengalir ke pasar.
Dengan dukungan Shopee serta berbagai inisiatif seperti #ShopeePilihLokal, kampanye unik tanggal kembar dan kampanye besar lainnya, telah menjadi salah satu solusi untuk menjual stok produk yang telah dipersiapkan untuk field tour tersebut.
Rangkaian inisiatif yang diikuti oleh Roughneck juga mempermudah mereka untuk mempertahankan eksistensi brand.
Baca Juga: Di antara Kolak dan Es Buah, Mana yang Lebih Baik dan Lebih Sehat Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa?
Partisipasi Roughneck 1991 di berbagai kampanye Shopee membuat transaksi harian Roughneck terus menanjak pada 2020.
Pada setiap kampanye besar yang diikuti, seperti 11.11 Big Sale 2020, 12.12 Birthday Sale 2020 dan 4.4 Mega Shopping Day 2021, Roughneck 1991 mampu meningkatkan transaksi hingga mencapai lebih dari 10 kali lipat.
Rusli mengatakan, Shopee merupakan wadah dan solusi yang tepat bagi para penjual khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta brand lokal untuk mengembangkan bisnisnya.
Baca Juga: Secuplik Kisah Inspiratif dari Program Ramadan Shopee, Kemudahan Vaksinasi hingga UMKM Naik Kelas
“Kami merasa dukungan yang diberikan sangat membantu. Kerjasama antara Shopee dan Roughneck 1991 yang dibangun telah menjadi kunci untuk kami mengembangkan bisnis,” jelas Rusli.
Baca Juga: Meriahkan Ramadhan, Shopee Hadirkan Big Ramadan Sale TV Show Bernuansa Lokal
Tembus pasar global
Menyadari banyaknya keuntungan bergabung dengan Shopee, Roughneck 1991 semakin giat mengembangkan diri dengan mengikuti program Shopee Ekspor.
Keberhasilan Roughneck 1991 menjangkau Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan terbaru Brasil, adalah berkat keterlibatan dalam program tersebut.
Saar baru bergabung pada program Shopee Ekspor, Rusli tidak menyangka bisa mendapatkan ratusan paket pesanan dari luar negeri. Dari situ, Rusli melihat bahwa adanya peluang besar untuk ekspor produknya ke luar negeri.
Ia mengaku program Shopee Ekspor, menjadi suatu solusi yang mudah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar hingga mancanegara. Selama ini, banyak brand lokal bingung bagaimana cara untuk mulai mengekspor.
Baca Juga: Ini Program yang Bakal Bikin 10.000 UMKM Solo Bisa Ekspor
Rusli merasa program ini tidak memerlukan proses yang rumit dan memberikan kemudahan bagi Roughneck 1991 untuk melakukan ekspor ke luar negeri.
“Kami merasa bahwa melakukan ekspor produk sendiri sangat sulit dan harus melalui proses yang rumit. Peran Shopee menghadirkan Program Ekspor sangat membantu dalam hal kemudahan akses produk lokal Indonesia agar dapat dengan mudah dibeli oleh masyarakat di luar negeri,” cerita Rusli.
Dengan pendampingan dan edukasi yang diberikan program Shopee Ekspor, Roughneck 1991 menjadi lebih mudah memahami pasar ekspor. Keberhasilan ekspor produk tersebut juga mendorong performa bisnis Roughneck 1991.
Baca Juga: Lewat Program UMKM Solo Go Ekspor, 10.000 UMKM Bisa Berjualan ke Luar Negeri
“Saya yakin Shopee mampu membawa para pelaku usaha lokal untuk go global. Bagi para pelaku usaha lokal lain yang ingin bergabung dengan Shopee, perkuat brand value menjadi salah satu gerbang untuk terus bisa maju dan berkembang didukung oleh program-program Shopee untuk para pelaku usaha lokal. Jangan takut. Go big! Or go home!” ungkap Rusli.
Terakhir, Rusli berharap perjalanan bisnis Roughneck 1991 dapat menjadi inspirasi dan teladan yang baik bagi para pelaku usaha lokal lain.
“Harapan bagi pelaku usaha lokal lain, mari bersama-sama kita menggaungkan ‘local is the new global’, kita memperkuat pasar lokal dan serang pasar global agar bisnis lokal dapat berkembang hingga mancanegara dan tak kalah saing dengan produk asing,” pungkas Rusli.
Nyesek, Abidzar Ternyata Sempat Jedotin Kepalanya ke Tembok Usai Tahu Uje Meninggal, Umi Pipik: Dia Nyalahin Dirinya
Penulis | : | Nana Triana |
Editor | : | Sheila Respati |