Grid.ID – Tidak ada kesuksesan yang didapat secara instan. Kalimat tersebut pas untuk menggambarkan perjuangan Heilman Yunansyah, pemilik bisnis bubuk minuman IndoPowder.
Sebelum terjun di dunia bisnis, Heilman merupakan pekerja kantoran dengan karier cemerlang. Ia sudah menempati jabatan top management di suatu perusahaan multinasional.
Namun, nasib berkata lain. Sekalipun memiliki jabatan penting, ia menjadi salah satu karyawan yang masuk daftar pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 2018. Meski begitu, masa sulit tidak ia ratapi terlalu lama.
Berbekal modal pesangon dan impian menjadi seorang pengusaha sejak masa kuliah, Heilman perlahan mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan memanfaatkan momentum tenarnya es kepal milo.
Setelah es kepal milo viral di media sosial, ia menyadari bahwa banyak orang membutuhkan produk bubuk minuman untuk keperluan usaha.
Muncul ide Heilman untuk mulai memasarkan produk IndoPowder miliknya di platform e-commerce Shopee. Selama tiga tahun berjualan di Shopee, Heilman merasakan banyak perubahan positif pada toko miliknya.
Berbagai kampanye tanggal cantik, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), hingga promo tahunan seperti Ramadan Food Fair, mendorong angka penjualan IndoPowder hingga lebih dari 30 persen selama berjualan di Shopee.
Selain mengandalkan beragam promo tersebut, ia juga mengikuti program Joint Business Planning (JBP). Di program ini, Heilman mendapatkan pengetahuan mengenai penentuan dan perencanaan target jangka panjang.
“Melalui program JBP, saat periode kampanye 4.4, IndoPowder berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 500 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujar Heilman melalui pernyataan resmi, Jumat (28/5/2021).
Diterjang pandemi
Bisnis IndoPowder milik Heilman tidak selalu berjalan mulus. Covid-19 yang merebak sejak Maret 2020 diakui Heilman sempat memberikan dampak hebat kepada bisnisnya. Pesanan yang dahulu melimpah ruah, menurun drastis kala itu.
Tidak hilang akal, Heilman pun mencoba beradaptasi dengan keadaan. Ia mulai membuat beberapa varian serta ukuran kemasan baru, sembari mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Shopee. Heilman yakin bahwa berbelanja online akan jadi tren baru di masyarakat.
Berkat semangat dan kegigihan Heilman, bisnis IndoPowder kian berbuah manis di tengah pandemi. IndoPowder berhasil memiliki 32 agen dan distributor di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya itu, toko IndoPowder di Shopee juga telah mendapatkan level Star Plus dengan jumlah 87.000 pengikut.
Menurut Heilman, berkat ilmu dan bimbingan Shopee, penjualan IndoPowder berhasil meningkat hingga 50 persen secara tahunan. Bisnisnya memiliki pelanggan setia sebanyak 30 persen dari total pembeli di tokonya.
“Performa toko IndoPowder sudah sangat melebihi ekspektasi. Penjualan IndoPowder di Shopee sudah mencapai hampir dua hingga tiga kali lipatnya, baik dari sisi jumlah penjualan maupun omzet yang didapatkan. Tentunya pencapaian ini sangatlah membanggakan bagi saya pribadi," kata Heilman.
Heilman optimistis, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan, IndoPowder bisa menjadi salah satu market leader untuk penjualan produk bubuk minuman.
Ia punya mimpi, produk IndoPowder bisa menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia, seperti Papua dengan bantuan Shopee merupakan impian.
Untuk jangka panjang, Heilman masih berambisi untuk membantu sesama rekan pengusaha lokal, terutama para penggiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) minuman agar bisa sukses bersama. Ia berpesan kepada pelaku UMKM lokal lain untuk terus optimistis dan melihat peluang dari setiap masalah yang dihadapi.
Baca Juga: Masih Jadi Tren, Begini Cara Memilih Lipstik Nude yang Sesuai dengan Warna Kulit Kita
Ia juga menyarankan agar para penggiat UMKM bisa lebih adaptif serta memanfaatkan teknologi e-commerce seperti Shopee agar bisa terus bertahan di tengah pandemi.
Ikut #ShopeePilihLokal 6.6 Kuliner Viral Day
Demi mengembangkan bisnis, IndoPowder kembali mengikuti kampanye yang diselenggarakan Shopee. Kampanye tersebut adalah #ShopeePilihLokal dan kampanye 6.6 Kuliner Viral Day.
Kampanye tersebut diselenggarakan Shopee sebagai bentuk dukungan pada program pemerintah. Seperti diketahui, pemerintah sedang mengampanyekan penggunaan produk lokal untuk membangkitkan sektor UMKM sekaligus perekonomian nasional.
Adapun pada kesempatan tersebut, IndoPowder akan memberikan promo flash sale, gratis ongkos kirim (ongkir), hingga meluncurkan produk baru. Diharapkan melalui partisipasi tersebut, IndoPowder dan penggiat UMKM lain dapat lebih dikenal oleh para konsumen setianya.
Baca Juga: Masih Jadi Tren, Begini Cara Memilih Lipstik Nude yang Sesuai dengan Warna Kulit Kita
Sebagai informasi, kampanye Shopee 6.6 Kuliner Viral Day dan #ShopeePilihLokal akan berlangsung mulai 29 Mei hingga 6 Juni 2021. Shopee menghadirkan berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna dalam membeli produk lokal.
Penawaran tersebut dikemas melalui kampanye tematik, yakni Brand Lokal Day, Fashion Wanita Day, Flash Sale Lokal Day, Beauty Lokal Day, Kuliner Viral Day, Rumah & Hobi Day, Fashion Pria Day, Fashion Aksesoris Day, dan Halal Corner Day.
Selain kampanye tematik, diskon lain berupa 50 persen off, flash sale, serta gratis ongkir tidak lupa diberikan Shopee untuk memeriahkan kampanye tersebut.
Feby Marcelia Kepergok Netizen Jalan Sama Pria Baru padahal Baru Cerai, Revand Narya: Ini Bukti Allah Nggak Tidur
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |