Laporan Wartawan Grid.ID, Silmi Nur Aziza
Grid.ID - Belakangan ini masyarakat tengah ramai membicarakan poster UI yang viral.
Atas poster yang viral, pihak UI pun buka suara terkait hal itu.
Seperti yang kita tahu, penumuman penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN belum lama ini diumumkan.
Dan dalam rangka menyambut mahasiswa baru, universitas-unoversitas ternama di Indonesia pun membuat poster sambutan.
Namun, salah satu poster dari Universitas Indonesia atau UI tampaknya menyita perhatian netizen.
Melansir Tribunnews.com, di jagat Twitter, poster ini sudah mencuri perhatian sejak diunggah.
Unggahan ini disambut netizen dengan komentar-komentar yang lucu.
"Ni ngajak ke kampus apa akhirat, sebut akun @duadlmension di Twitter.
"Masuk UI auto masuk surga," timpal akun @alpokatmentega.
"Sekelas UI masa gini designnya," sahut akun @txtdarigajelas.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia, Amelita Lusia, membenarkan bahwa poster penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 yang viral di media sosial karena desainnya yang tak lazim, adalah strategi komunikasi.
Melansir Kompas.com, poster viral itu menampilkan sejumlah mahasiswa berjaket kuning dengan latar awan-gemawan dan langit biru yang cerah.
Well, gambar tersebut dianggap netizen mirip dengan poster sinetron bahkan ilustrasi kabar duka.
"Selama ini, postingan di medsosnya UI memang sudah ada pakemnya, sudah ada template, style-nya, kemudian style-nya bagi sebagian orang terlalu mainstream.
Nah, ketika keluar (dari pakem) seperti ini, jadi ramai," ungkap Amelita kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).
Amelita menambahkan bahwa pembuatan poster bahkan melewati riset.
"Justru, untuk hal yang dianggap bagi sebagian orang tidak serius, kami melakukannya dengan serius, dengan riset," lanjutnya.
Lebih lanjut, Amelita mengungkap bahwa diunggahnya poster ini telah melalui serangkaian riset, masukan, dan rapat di internal tim humas UI, sebelum akhirnya disepakati untuk diunggah menjadi konten resmi dan menyingkirkan ide-ide desain lainnya.
Bahkan nih, terdapat sederet pertimbangan dalam meluncurkan poster dengan desain seperti ini, yang disebut Amelita baru pertama kali dilakukan oleh UI.
Salah satunya yakni target audience yang notabene mahasiswa-mahasiswi generasi Z yang terbiasa dengan kultur internet, salah satunya meme.
"Supaya lebih berkesan bagi mereka, penyambutannya meriah. Jadi memang, apakah direncanakan, iya, memang direncanakan lewat riset.
Ini bisa dibedah lebih jauh memang, dari segi komunikasi humas barangkali seperti ini, dari marketing seperti ini," tutur Amelita.
"Ini out of the box, walaupun bagi sebagian orang mengagetkan. Kita mengetes juga, ternyata orang memperhatikan UI.
Itu semua di tim kami memang sudah rapat. Mahasiswa sekarang memang berbeda cara mereka mengonsumsi konten," tandasnya.
(*)
Source | : | Kompas.com,Tribunnews.com |
Penulis | : | Silmi Nur Aziza |
Editor | : | Silmi Nur Aziza |