Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty
Grid.ID - Aplikasi belanja online Shopee kini telah merambah jaringan pemasarannya hingga ke luar negri.
Hal tersebut guna untuk memberi kesempatan bagi para pedagang lokal bersaing dengan pasar internasional.
"Saya sering mendapat cerita pelaku UMKM banyak yang memulai dari nol sampe sudah berhasil mengibarkan bendera merah putih sampai ke pelosok-pelosok negara lain."
"Mengingat Shopee sudah memperluas jaringan UMKM, semata-mata karena teman-teman seller yang menjadi bahan roda perekonomian agar terus berputar," ungkap Balques Minasang, selaku Head of Government Relations Shopee Indonesia, saat melakukan Live Zoom, Senin (16/8/2021).
Di mana sudah ada 5 negara yang kini bisa menjadi lokasi target penjualan.
"180.000 penjual Indonesia berhasil melakukan ekspor, dilakukan di beberapa negara, yaitu Malaysia, Singapur, Filipina, Thailand, Vietnam," ungkap Balques Minasang.
Disamping itu, kini target penjualan juga sedang diusahakan di negara lainnya.
"Shopee membantu UMKM Indonesia memasarkan produk sampai ke Brazil, ada rasa haru, ternyata bisa sampai sana produk saya bisa sampe Brazil," ungkap Balques Minasang.
Tak main-main, jumlah penjualan produk UMKM ke luar negri juga sangat tinggi.
"Dari 180 ribu pengekspor yang kamudian paling tinggi lebih dari 50 ribu produk lokal dari Shopee terjual setiap harinya ke luar negri," ungkap Balques Minasang.
Balques Minasang mengungkapkan salah satu produk yang paling banyak disukai para pembeli daei luar negri.
"Yang favorit fashion muslim dan pakaian wanita karya UMKM Indonesia, jadi barang paling favorit di luar negri," ungkap Balques Minasang.
Kabar gembira ini tentunya sangat bagus untuk para pebisnis UMKM, selain kesempatan bisa memasarkan produk lebih besar tetapi juga bisa memberi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarkat.
"Sebagai keluarga besar, Shopee mendukung pelaku UMKM, yamg jumlahnya 65 juta, penyerap tenaga kerja terbesar, UMKM bukan jadi mata pencaharian, tapi gaya hidup."
"Diharap tak hanya go digital, tapi go global. Ini yang sudah melakukan aktivitas pasar global melalui Shopee, Shopee hari ini bangga sudah berbagi bnyak melihat pencapaian UMKM yang sudah marak di pasar global," tutup Balques Minasang.
(*)
Viral, Warung Mie Ayam di Magelang Ini Banderol Harga Rp 2 Ribu per Mangkok, Penjual Akui Gak Rugi dan Malah Makin Laris, Ini Alasannya
Penulis | : | Rissa Indrasty |
Editor | : | Nesiana Yuko |