Grid.ID - Toyota Indonesia resmi memperkenalkan lini Toyota Gazoo Racing (TGR) di Indonesia pada pertengahan Agustus 2021. Kehadiran lini Gazoo Racing semakin memperlengkap varian kendaraan Toyota untuk segmen mobil sporty di Indonesia.
Di Indonesia, Toyota memang begitu lekat dengan citra pembuat kendaraan penumpang. Sejumlah produk ikonis Toyota, salah satunya Toyota Kijang, diandalkan banyak pengendara Indonesia.
Tak banyak yang tahu, inovasi dan teknologi mobil Toyota yang ada di pasaran tak lepas dari keikutsertaan Toyota di berbagai kejuaraan mobil balap berskala dunia. TGR sebagai divisi motorsport global Toyota menjadi milestone dalam menciptakan mobil-mobil yang ada saat ini.
Lalu, bagaimana kiprah TGR di ajang balap internasional? Simak ulasannya di bawah ini.
1. World Endurance Championship (WEC)
TGR mengandalkan Toyota TS050 Hybrid saat pertama kali terjun di World Endurance Championship (WEC) 2016. Saat itu, TGR kalah. Namun, TGR mampu meraih gelar juara pertama di ajang lain, yakni Fuji 6 Jam di Jepang. Selanjutnya, pabrikan itu menutup musim dengan menempati urutan ke-3 pabrikan.
Baca Juga: Menyelisik Toyota Gazoo Racing di Indonesia, dari Sejarah TGR hingga Prestasi di Ajang Balap Dunia
Pada WEC 2018-2019, TGR mencapai masa keemasan dengan TS050. Pasalnya, menggunakan mobil tersebut TGR mampu menjadi juara dunia konstruktor WEC dan pembalapnya juga menjadi juara dunia pada ajang tersebut.
Tak hanya ajang WEC, pada musim 2018-2019, TGR juga mencatatkan prestasi gemilang karena mampu menjadi pemenang selama dua musim dalam kejuaraan Le Mans 24 Jam. TGR berhasil menjadi juara dua kali. Dengan demikian, TGR berhasil menang di Le Mans sebanyak tiga kali setelah gagal pada 2016.
Torehan emas di ajang WEC dilanjutkan pada musim berikutnya. Meski terkendala pandemi, TGR kembali menyandingkan gelar juara dunia pembalap dan pabrikan pada 2020.
Pada 2021, WEC mengenalkan kelas Hypercar yang merupakan kasta tertinggi balap ketahanan dunia menggantikan kelas Le Mans Prototype (LMP). Hal ini merupakan era baru dalam kejuaraan tersebut.
Merespons hal itu, TGR menyiapkan Toyota GR010 Hybrid yang langsung mendapatkan tiga kemenangan pada ajang WEC 2021.
2. World Rally Championship (WRC)
Toyota, yang saat itu menggunakan bendera TGR, kembali ke ajang WRC atau reli dunia pada 2017 setelah keluar dari kejuaraan tersebut pada 1999. Kedatangan TGR langsung berbuah manis dengan menjadi juara umum ketiga konstruktor di akhir musim.
Mengandalkan Yaris WRC, TGR mampu menjuarai lima seri WRC 2018 dan mengamankan gelar juara konstruktor untuk pertama kalinya di era TGR. Gelar tersebut menjadi prestasi ke-4 yang diraih Toyota sepanjang keikutsertaannya dalam WRC atau 19 tahun sejak gelar terakhir pada musim 1999. Pereli TGR juga didapuk sebagai juara ketiga klasemen umum pereli.
Setahun berselang, pereli TGR meraih gelar juara dunia reli ke-5 untuk pembalap Toyota atau tepat 25 tahun setelah gelar juara pereli terakhir dimenangkan oleh Toyota pada 1994. Sementara, TGR mendapatkan gelar juara dunia kedua untuk kategori konstruktor.
Pada musim 2020, TGR mengulang prestasi tahun sebelumnya dengan menyandingkan gelar juara pertama pereli dan peringkat kedua untuk kategori pabrikan.
Sementara, pada 12 seri WRC 2021, TGR memenangkan 6 dari 7 seri yang sudah berlangsung. Hasil ini menempatkan dua pereli TGR di urutan pertama dan kedua klasemen. Sementara, untuk kategori pabrikan, menempati posisi pertama.
3. Dakar Rally
Sebelum era TGR, Toyota mencatatkan hasil positif di Reli Dakar, yakni peringkat terbaik ke-3 pada 2012, ke-2 pada 2013, ke-4 pada 2014, dan ke-2 pada 2015.
Sementara, di bawah bendera TGR, tim mencetak podium juara ke-3 pada 2016, ke-5 pada 2017, dan ke-2 pada 2018.
Akhirnya, pada 2019, pereli TGR mencatatkan hasil terbaik dengan meraih podium pertama. Selanjutnya, pada 2020 dan 2021, pereli TGR kembali tampil sebagai juara kedua pada Reli Dakar 2020 dan 2021.
Baca Juga: Incar Hatchback Toyota Yaris, Jangan Sampai Nggak Tahu Update Harga Terkini dan Sekenan 2018
Selain tampil di ajang dunia, TGR juga berlaga di kompetisi lokal dan regional. Perlombaan tersebut di antaranya adalah balap touring, ketahanan, dan reli di Jepang, Australia, Asia, dan Eropa.
Selanjutnya, adalah Asia-Pacific Rally Championship dengan iklim kompetisi sepanas Reli Dakar, serta banyak kompetisi lainnya. Bahkan, di tengah pandemi Covid-19, TGR juga aktif menjalankan kompetisi E- Motorsports TGR GT Cup 2021 secara global, termasuk di Indonesia.
Itulah sepak terjang tim TGR di berbagai kejuaraan balap berskala internasional. Panjangnya riwayat kejuaraan yang diikuti serta berbagai piala kejuaran yang diraih TGR menandakan bahwa tim ini telah memiliki teknologi dan inovasi kendaraan yang mumpuni.
Selanjutnya, inovasi dan teknologi tersebut diaplikasikan pada kendaraan dengan lini TGR yang Anda dikendarai. Semuanya demi kenyamanan dan pengalaman berkendara yang memuaskan untuk pelanggan.
Penulis | : | Yogarta Awawa Prabaning Arka |
Editor | : | Sheila Respati |