Grid.ID - Stylo Indonesia menggelar grand final StyloBebs Ambassador Batch 3 micro nano influencer fashion beauty, Sabtu (30/10/2021).
Acara ini dihadiri oleh 44 grand finalist, 4 juri yang merupakan expert di bidang fashion and beauty, serta beberapa tamu undangan dari Kompas Gramedia.
Empat juri yang turut serta memberikan penilaian adalah Ridho Nugroho (Founder & Editor in Chief Stylo Indonesia), Angelica Manopo (Founder Skin Soul Brightening), Zein Witriandani (Head Marketing Elzatta Hijab), dan Anggi Asmara (Fashionpreneur dan alumni ESMOD Jakarta).
Dari hasil grand final StyloBebs Ambassador Batch 3 micro nano influencer fashion beauty terpilih 20 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia.
Dua puluh perempuan tersebut tentunya perempuan-perempuan pilihan yang aktif membuat konten seputar fashion dan beauty serta aktif bermedia sosial.
Sesuai namanya, 20 StyloBebs Ambassador Batch 3 ini ke depannya akan menjadi ujung mata pisau Stylo Indonesia, mereka akan merepresentasikan Stylo Indonesia dengan berbagai konten kreatif dan menarik.
Grand final StyloBebs Batch 3 dibuka dengan perkenalan host dan penjelasan acara.
Kemudian, disusul dengan sambutan dari Ridho Nugroho selaku Founder & Editor in Chief Stylo Indonesia.
Ridho mengaku sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar khususnya para grand finalist yang bisa bertahan dari 259 peserta hingga akhirnya terbentuklah 44 grand finalist.
Dalam sambutannya, Ridho juga membeberkan tujuan awal dibentuknya komunitas StyloBebs Ambassador ini.
"Sejak awal 2019 saat saya membuat StyloBebs, tujuan saya cuma satu yaitu ingin semua perempuan milenial di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama menjadi influencer.”
“Karena banyak sekali talenta muda kreatif di bidang influencer fashion beauty di daerah di luar Jakarta yang belum mendapat panggung untuk bisa terkenal dan besar," ujarnya.
"Melihat tren 2 tahun terakhir, berbagai brand komersial sudah semakin jeli memilih dan menempatkan micro nano influencer sebagai bagian dari strategi marketing promosi mereka.”
“Alasannya, karena micro nano influencer dianggap lebih real, lebih memberikan honest review serta lebih dekat dengan audience atau followersnya," tambah Ridho.
Tak lupa, Ridho juga turut mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang mendukung berlangsungnya acara grand final tersebut, bukan hanya ke-4 juri yang membantu tetapi para pihak brand partnership pendukung mulai dari ESMOD Jakarta, Kompas TV, Elzatta Hijab, Skin Soul Brightening, Mirael Sugar Wax, Rose All Day, dan Upmost Beaute.
Setelah sambutan dari Founder sekaligus Editor in Chief Stylo Indonesia, sesi foto bersama pun dilakukan di awal.
Kemudian masuklah ke sesi perkenalan juri. Keempat juri kemudian menyapa para grand finalist dan juga mengobrol dengan host.
Setelah itu mulai masuk ke sesi tanya jawab. Sesi inilah yang menentukan nantinya siapa saja 20 grand finalist yang akan terpilih menjadi StyloBebs Batch 3.
Sesi Tanya Jawab
Pada sesi tanya jawab tersebut, 44 grand finalist akan diberikan 1 pertanyaan yang berbeda setiap orangnya oleh para juri. Kemudian, para grand finalist harus menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 60 detik atau 1 menit.
Pertanyaan yang diajukan tentunya mengenai fashion dan beauty sehingga relate dengan apa yang akan dijalankan oleh mereka jika terpilih menjadi StyloBebs Batch 3 ke depannya.
Antusiasme para grand finalist terlihat jelas saat sesi tanya jawab, walau masih ada beberapa yang terlihat gugup saat menjawab, namun mereka bisa menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan tepat waktu dan baik.
Selesai sesi tanya jawab, para juri dan tim Stylo Indonesia memasuki breakout room guna memberikan penilaian kepada 44 grand finalist tersebut.
Di sisi lain, di main room para grand finalist dihibur oleh kuis-kuis berhadiah dari Stylo Indonesia dan juga sesi tanya jawab dengan para StyloBebs di batch sebelumnya yakni Eila StyloBebs Batch 1 dan Tessa StyloBebs Batch 2.
Setelah 30 menit kemudian, hasil dari penilaian juri pun diumumkan, terpilih 20 StyloBebs Batch 3 dengan komposisi 13 orang berasal dari Jabodetabek dan 7 orang dari luar Jabodetabek.
Namun, di luar 20 StyloBebs Batch 3 yang terpilih, ke-44 grand finalist seluruhnya berhak mendapatkan hadiah dari Stylo Indonesia yang terdiri dari voucher belanja Zalora, produk kecantikan dari Skin Soul Brightening, Mirael Sugar Wax, Rose All Day, Upmost Beaute dan Elzatta Hijab yang totalnya mencapai lebih dari 34 juta Rupiah.
Tiga besar StyloBebs Batch 3 yang terpilih bahkan berhak mendapatkan beasiswa dari Sekolah Fashion & Design ESMOD Jakarta, loh!
Tiga besar yang terpilih pada grand final StyloBebs Ambassador Batch 3 kemarin Ialah:
1. Nabilah Zikriyah dengan total nilai 95 dari 100, asal Jakarta Utara
2. Nathalia Margaretha dengan total nilai 94 dari 100, asal Jakarta Timur
3. Nurul Amalia dengan total nilai 94 dari 100, asal Bekasi
Sebelum terpilih menjadi 20 besar, mereka harus melewati 2 tahap seleksi lainnya.
Seleksi tahap 1 adalah seleksi berkas. Pada seleksi tahap 1 tersebut, calon StyloBebs Batch 3 harus mengisi sejumlah data dan melampirkan foto diri guna dinilai keaktifannya oleh tim Stylo Indonesia dan juga dilihat apakah mereka sudah sesuai kriteria atau belum.
Kriteria untuk menjadi seorang StyloBebs Batch 3 sendiri, selain tertarik pada dunia fashion dan beauty, keaktifan bermedia sosial, kepercayaan diri, serta kreativitas konten yang diunggah juga menjadi poin penting.
Lalu, untuk seleksi tahap 2, para calon StyloBebs Batch 3 diberikan challenge berupa video makeup dan foto OOTD yang kemudian harus diunggah ke akun Instagram mereka dengan caption bertema #SemuaBisaCantik dan #StopBeautyShaming serta mencantumkan alasan mereka ingin menjadi StyloBebs Batch 3.
Total peserta yang mendaftarkan diri pada seleksi tahap 1 pada 16 September 2021 mencapai 259 orang yang kemudian terkikis menjadi 100 peserta pilihan yang melaju ke tahap 2.
Di tahap 2 hanya ada 44 orang yang bisa melaju ke tahap grand final dengan syarat mereka harus mengikuti kelas pembekalan personal branding dari Kompas TV pada 23 Oktober 2021, 1 minggu sebelum grand final.
Hal tersebut tentunya menjadi benefit tersendiri bagi 44 grand finalist.
Meskipun tidak terpilih menjadi 20 besar, 24 grand finalist lain tetap mendapatkan bekal ilmu mengenai personal branding yang diberikan oleh news presenter Kompas TV, Audrey Chandra dan juga voucher belanja serta produk kecantikan dari berbagai brand yang bekerja sama dengan Stylo Indonesia sepanjang berjalannya proses penyisihan StyloBebs Ambassador Batch 3 ini.
Selama satu tahun ke depan, 20 StyloBebs Batch 3 terpilih akan banyak dilibatkan dalam event maupun kegiatan-kegiatan Stylo Indonesia lainnya, seperti StyloBebs Smart Discussion yakni kelas-kelas dari para expert, webinar umum Love Your Size dengan Stylovers, membuat review produk fashion dan beauty bekerja sama dengan para brand, dan masih banyak lagi.
Tentunya, mereka juga akan mendapatkan sertifikasi dari Stylo Indonesia sebagai StyloBebs Ambassador Batch 3. (*)
3 Shio yang Hobinya Makan Telur, Setiap Makanan Berbahan Telur Auto Disikat Habis-habisan
Source | : | Stylo Indonesia |
Penulis | : | Grid |
Editor | : | Okki Margaretha |