Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari
Grid.ID - Kondisi pandemi Covid-19 begitu berpengaruh pada perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Tak sedikit UMKM yang akhirnya tidak bisa bertahan menghadapi situasi sulit yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini.
Meskipun demikian, masih banyak pula UMKM yang tetap berdiri bahkan mengalami pertumbuhan di situasi Pandemi Covid-19 ini.
Salah satu penggiat brand lokal, Arto Biantoro membocorkan strategi agar UMKM tetap bisa berkembang di era pandemi Covid-19 ini.
Menurut Arto Biantoro, cara pertama yang dilakukan adalah memanfaatkan platform digital.
Hal ini mengingat kebiasaan masyarakat yang kini lebih senang berbelanja secara online.
"Pertama menurut saya setelah 2020 ini UMKM harus sadar kalau platform digital menjadi inovasi ke depan," ujar Arto Biantoro dalam sesi konferensi pers virtual ShopeePay Birthday Deals 12.12, Kamis (25/11/2021).
"Kita harus sadar dan tanamkan mindset, kita harus melihat di luar sana banyak cara utk kencangkan usaha kita. Ini PR terbesar kita harus sadar akan digitalisasi," lanjutnya.
Selain itu, Arto Biantoro juga menuturkan bahwa penjualan secara online dan offline semestinya bisa menjadi sebuah kolaborasi, bukan justru sebagai perdebatan.
"Dulu ada perdebatan online dan offline. Harusnya sekarang enggak ada lagi perdebatan, yang ada kolaborasi," ujae Arto Biantoro.
Selain itu, para penggiat UMKM juga harus memperhatikan perilaku pelanggan alias consumer behavior.
"Kuncinya consumer behavior. Setiap 6 bulan behavior masyarakat berubah. Itu yang bikin UMKM kesulitan menentukan inovasi. Kalau kita masuk cuma ambi opportunity (kesempatan), akhirnya kita kelindas juga," tutup Arto Biantoro.
(*)
Viral, Pembeli Curhat Disuruh Bayar Biaya Pakai Sendok dan Garpu Saat Makan di Warung Mie Ayam, Nota Ini Jadi Buktinya
Penulis | : | Hana Futari |
Editor | : | Nesiana |