Grid.id - Tahun 2021 bisa dibilang menjadi momen kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Pasalnya, para pelaku UMKM mulai berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital agar bisnisnya tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Penggiat Brand Lokal Arto Biantoro mengatakan, di tengah segala keterbatasan yang ada selama pandemi, digitalisasi menjadi kunci utama yang membantu pelaku UMKM menyokong keberlangsungan bisnis.
"Digitalisasi termasuk memperluas kehadiran bisnisnya di media sosial, menggunakan layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi, mengeksplorasi strategi marketing digital, hingga menyediakan layanan pembayaran digital," kata Arto dalam keterangan resmi yang diterima Grid.id, Kamis (25/11/2021).
Terkait pembayaran digital, tidak dapat dimungkiri saat ini masyarakat semakin mengandalkan sistem pembayaran non-tunai (cashless). Hal itu, secara langsung, turut mendorong para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan layanan pembayaran digital, salah satunya seperti ShopeePay.
Sepanjang 2021, ShopeePay mencatat penetrasi transaksi digital di UMKM menggunakan ShopeePay meningkat lima kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.
Sebagai layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, ShopeePay pun turut merayakan pencapaian UMKM tersebut dengan mempersembahkan kampanye tahunan ikonik bertajuk ShopeePay 12.12 Birthday Deals.
Sebagai informasi, kampanye tersebut akan berlangsung dari 28 November 2021 sampai 14 Desember 2021.
Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals merupakan bentuk apresiasi ShopeePay atas dukungan masyarakat terhadap perkembangan bisnis Tanah Air.
Baca Juga: Berkolaborasi Dengan Bibit.id, ShopeePay Dorong Minat Investasi Generasi Muda
"Sederet promo dan penawaran spesial yang kami hadirkan di ShopeePay 12.12 Birthday Deals diharapkan dapat menstimulasi pertumbuhan UMKM dan membantu mendorong performa bisnis," kata Nilam.
Pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals yang diadakan pada November 2021, kata Nilam, ShopeePay melihat pertumbuhan transaksi yang signifikan dari UMKM yang berpartisipasi.
Viral Peserta Indonesian Idol Punya Suara Unik Mirip Optimus Prime, Anang Hermansyah Langsung Ramal Begini
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |