Grid.ID - Banjirnya informasi di era digitalisasi dan mobilitas yang semakin meningkat seiring dengan relatif membaiknya kondisi pandemi di Indonesia, kebutuhan akan informasi yang dapat diakses kapan dan di mana saja semakin diperlukan.
Kegiatan yang juga masih sebagian dilakukan secara daring—terkadang cukup menjemukan dan melelahkan mata (screen fatigue).
Oleh karena itu, diperlukan hiburan untuk menenangkan pikiran atau sekadar mengistirahatkan mata tapi tetap menjaga produktivitas.
Salah satu sumber hiburan yang sedang naik daun hampir dua tahunan ini di dunia dan tak terkecuali Indonesia, adalah siniar (podcast).
Spotify melalui rilis terbarunya, menyebutkan secara global ada penambahan 1,2 juta siniar baru selama 2021 ini. Indonesia, menduduki negara peringkat ke-4 di dunia dari sisi pesatnya perkembangan pasar kreator siniar. Lebih jauh, menurut data Hootsuite Februari 2021, sebesar 58% masyarakat Indonesia mendengarkan siniar per bulannya. Data tersebut membuktikan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap siniar terbilang tinggi.
Fakta tersebut turut mendorong KG Media, melalui KG Radio Network, memulai inisiatif Medio Podcast Network pada Juli 2021 yang berfokus pada konten penceritaan berbasis audio.
Medio menangani beragam konten siniar, mulai dari berita, cerita anak-anak, drama fiksi, perempuan, finansial, hingga cerita tokoh inspiratif yang merupakan kolaborasi sebagian besar unit KG Media.
Mengusung tagline 'Sinar Cerdas Tanpa Batas', konten-konten pada kanal siniar Medio berisi informasi yang edukatif yang bukan hanya menghibur, tapi sekaligus menambah wawasan baru. Hal tersebut sejalan dengan penggunaan kata ‘cerdas’ pada tagline.
Selain itu, ‘tanpa batas’ berarti konten-konten dari kanal siniar Medio dapat diakses tanpa batas waktu dan ruang sehingga dapat didengarkan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.
Salah satu ciri khas medium on-demand adalah kebebasannya dari tirani jadwal dengan memberikan kontrol sepenuhnya di tangan konsumen.
"Inisiatif Medio adalah sebuah kelanjutan transformasi digital KG Media untuk menyediakan konten digital berbasis pencerahan di berbagai platform yang relevan bagi masyarakat digital Indonesia," jelas Andy Budiman, selaku Chief Executive Officer KG Media.
Medio Sebagai Kanal Hiburan yang Edukatif
Survei yang dilakukan oleh Jakpat pada tahun 2020, menunjukkan bahwa sebanyak 22,2% remaja dengan rentang usia 20–24 tahun mendengarkan siniar.
Dengan persentase yang lebih tinggi daripada rentang usia lainnya, siniar menjadi salah satu alternatif media untuk menemani keseharian mereka dalam beraktivitas.
“Melihat tren pencarian siniar yang semakin meningkat pesat, sekaligus konsumen anak muda yang semakin menggemari konten siniar, Medio akan terus beriterasi melalui konten inspiratif dan hiburan yang cocok menjadi teman mereka dalam bertumbuh,” ujar Sulyana Andikko, Project Manager Medio Podcast Network.
Dalam mengupayakan terciptanya pengalaman yang berbeda, Medio hadir melalui konten audio dengan kekuatan narasi yang berkualitas serta beragam topik pilihan.
Hadirnya siniar-siniar tersebut membuat pendengar dapat memilih informasi mana yang sedang ingin diakses sesuai dengan minatnya.
Pendengar bisa memilih siniar dengan topik hiburan, obrolan bermakna, hingga tips pengembangan diri melalui konten yang disediakan oleh Medio.
Medio sendiri memiliki tiga belas kanal siniar yang terdapat di Spotify dengan bermacam kategori, yakni: (1) Hiburan: Momen Satu Kali, Drama Udara, Dongeng Pilihan Orangtua; (2) Perempuan: Semua Bisa Cantik; (3) Literasi Finansial CUAN; (4) Cerita personal: Beginu dan Aiman Witjaksono,; (5) Bisnis dan UMKM: Smart Inspiration; (6) Kesehatan mental: Anyaman Jiwa; (7) Pengembangan diri: Obsesif; serta (8) Berita: Hiburan 3 Minute Update, Regional Kilas Kabar Nusantara, dan Nasional Kompas TV.
Baca Juga: Pernikahan Kakaknya yang Terhalang Restu Sang Ibu Sempat Bikin Geger, Intip Potret Cantik Adik Indah Permatasari, Tak Kalah Mempesona dari Istri Arie Kriting?
Melalui eksistensi 13 kanal siniar tersebut, pendengar Medio dapat menyesuaikan konten yang ingin didengar.
Seluruh kanal berita Medio pun sudah masuk playlist resmi Spotify bernama “Daily Drive” yang sudah menghibur para pendengar secara rutin setiap harinya.
Medio percaya bahwa konten hiburan dan edukatif dapat berjalan beriringan. Medio terus berupaya untuk menghadirkan berbagai macam konten siniar edukatif dengan informasi kredibel yang dapat diakses tanpa batas.
Beda Jawaban Ini dengan Marshanda, Nia Ramadhani Lebih Milih Jadi Kaya tapi Berwajah Jelek: Miskin Banyak Godaannya
Penulis | : | Grid |
Editor | : | Winda Lola Pramuditta |