Grid.id - Di era digitalisasi atau fase revolusi industri 4.0, terjadi perubahan secara cepat di hampir semua aspek kehidupan.
Termasuk begitu mudahnya masyarakat menumpahkan kekesalan buruknya pelayanan publik di media sosial termasuk pelayanan pelanggan.
Menurut Ketua Umum Nasional
Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI) Ahmad Arwani, mau tidak mau menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia usaha, birokrasi dan organisasi di Indonesia, dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan berdasarkan pencapaian indeks kepuasan konsumen.
Terbukti pelayanan publik yang Prima menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah negara. di mana hal ini tentu saja memberikan competitive advantage bagi negara tersebut.
Lebih lanjut Ahmad Arwani mengatakan, ASQI didukung oleh Bank BCA dan ADIRA FINANCE akan menjadi pelopor mengajukan kepada Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo untuk menetapkan tanggal 21 Januari sebagai Hari Indonesia melayani.
“Pak Presiden akan kami minta untuk menjadi Keynote Speech di acara Webinar Nasional Pembahasan Hari Indonesia Melayani tanggal 21-22 Januari 2021,” tambahnya.
“Sebenarnya kegiatan Webinar ini sudah dilaksanakan setiap bulan sejak Agustus 2021 hingga Desember 2021 tercatat jumlah peserta dari pelaku usaha, birokrasi dan organisasi jumlahnya sudah mencapai 3000 peserta,” tambahnya.
Masih Kata Ketua Umum ASQI, direncanakan hadir sebagai pemateri di acara Webinar pada tanggal 22 Januari nanti diantaranya, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang SDM Kementerian PANRB Dr Alex Denni, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Dr Drs Safrizal ZA MSi, Mayor Jenderal TNI Dadang Hendrayuda Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Wakil Direktur Utama BCA Ahmad . W, Hartono, Rizal Badudu, Chairman Steering Commitee ASQI.
Beberapa perusahaan lainnya seperti Gramedia, JNE, Paxel, BPJS Kesehatan, Bank Ganesha, Bank
Kebhana, Bank Sinarmas telah terkonfirmasi mengirimkan para garda terdepan layanannya seperti satpam, office boy cleaning service driver, Kurir, dan lainnya untuk menjadi peserta dalam webinar yang akan dibekali materi SKKNI 183/2016 tentang Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan dan materi SKKNI 170/2016 tentang Menangani Keluhan Pelanggan.
“Puncak acara yaitu Pengukuhan Pengurus ASQI, Special “Talkshow”, Webinar Akbar yang diikuti 10.000 peserta , MoU ASQI-GIPI, Grand Launching Buku “Anthology Service Quality Indonesia”, Virtual Entertainment dan Pengumuman Pemenang Tiktok , Pemberian Hadiah kepada Peserta sekaligus sertifikat kegiatan,” pungkasnya.
ASQI (Asosiasi Service Quality Indonesia) adalah Lembaga Asosiasi yang memiliki visi menjadi Lembaga Asosiasi Profesi dalam bidang Service Quality yang memberi nilai melalui peningkatan standar dan kualitas serta penciptaan budaya layanan prima bagi penyelenggara pemerintahan, perusahaan, organisasi, maupun individu di Indonesia.
(*)
Penulis | : | Grid |
Editor | : | Irene Cynthia |