Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID – Industri fashion yang cepat sekali berkembang, membuat para pengusaha harus memutar otak untuk beradaptasi.
Salah satunya tentang mode fashion tas untuk traveling, kenyamanan dan fungsi adalah hal yang begitu penting.
Peluang inilah yang dilirik Ben Wirawan selaku CEO Torch.
Dalam acara virtual Shopee bertajuk "Seller Story Shopee 3.3 Fashion Sale: Kiat Torch, Tas Traveling Asal Bandung Menggebrak Industri Fashion Lokal", Ben Wirawan menceritakan kisah jatuh bangunnya membagun bisnis tas traveling.
Ben Wirawan sendiri mendirikan Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman, pada tahun 2015 di kota Bandung.
Adapun alasan bidang traveling dipilih karena menurutnya ini tidak hanya menjadi aktivitas perjalanan semata.
Melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan generasi Z.
Dikenalkan secara konvensional yang cenderung tidak mencapai target, akhirnya Ben Wirawan mulai mempelajari pemasaran digital, khususnya Shopee.
Baca Juga: Bocah Kelas 4 SD yang Viral Karena Jual Gambar di Shopee, Juara Kelas dan Berjiwa Wirausaha
Bersama Shopee, Torch berhasil menjangkau konsumen baru yang lebih luas yang ikut membantu meningkatkan penjualan.
Ben juga merasakan pertumbuhan yang signifikan sejak masuk ke ranah online, dimana rata-rata penjualan online Torch tumbuh 100 kali dalam 5 tahun terakhir.
Apabila sebelumnya karyawan yang Ben miliki hanya terdiri dari 6 orang, kini dirinya dibantu oleh lebih dari 80 karyawan untuk dapat memenuhi pesanan masyarakat Indonesia.
“Pilihan Torch untuk bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang tepat bagi bisnis kami,” kata Ben Wirawan dalam acara virtual, Kamis (24/2/2022).
“Bahkan dengan bergabung di Shopee, saat ini kami bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia,” lanjut Ben.
Menurut Ben, perkembangan fashion Indonesia yang dinamis membuatnya perlu beradaptasi untuk bisa tumbuh.
Selain itu, mempertahankan kualitas juga akan membuat produk semakin dikenal.
“Kami percaya akan pentingnya beradaptasi dan berinovasi sebagai kunci utama bagi sebuah brand untuk tidak hanya bertahan, tapi tumbuh pesat.”
“Menjaga kualitas dan nilai dari brand juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar brand yang kita miliki dapat lebih diingat oleh pelanggan,” ungkap Ben.
Baca Juga: Menjawab Kebutuhan Fashion Masyarakat Indonesia, Shopee Gelar Acara Fashion Week 2021
Ia berharap, kisah Torch bersama Shopee bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku fashion agar tetap semangat menghasilkan karya yang dicintai masyarakat Indonesia.
“Kami berharap kisah sukses Torch bersama dengan Shopee dapat menjadi inspirasi. Agar tetap terus bersemangat menghasilkan karya-karya produk fashion yang inovatif dan dicintai oleh masyarakat Indonesia,” tutup Ben.
(*)
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Devi Agustiana |