Grid.ID - Pemanfatan teknologi digital sebagai media pemasaran menjadi salah satu strategi yang sangat menentukan keberlangsungan sebuah usaha di era digital. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat makin terbiasa berbelanja melalui toko online pada marketplace.
Aktivitas jual beli secara online yang terus meningkat telah mendorong para pelaku bisnis untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pendekatan dengan calon pembeli. Pada akhirnya, muncul tren baru dalam aktivitas jual beli, yakni yang disebut dengan live shopping.
Live shopping sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep berbelanja secara konvensional. Sebab, terjadi interaksi dua arah secara langsung antara penjual dan konsumen melalui platform yang digunakan oleh penjual.
Penjual menjelaskan produk yang ditawarkan melalui platformnya, sementara konsumen menyaksikan penjelasan dari penjual. Konsumen pun dapat bertanya secara langsung tentang produk yang ditawarkan. Penjual akan menjawab pertanyaan konsumen selama sesi live shopping berlangsung.
Jika tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka konsumen hanya perlu mengeklik tautan yang ada di video live shopping untuk lanjut ke laman pembelian.
Perbedaan live shopping dengan konsep berbelanja konvensional hanya terletak pada ruang interaksinya. Pada live shopping, interaksi berlangsung secara daring. Sedangkan interaksi pada aktivitas berbelanja konvensional terjadi melalui tatap muka secara langsung.
Penelitian terbaru dari Livestream.com menemukan bahwa 80 persen orang lebih suka menonton video live stream untuk mendapat informasi dari sebuah produk ketimbang membaca deskripsi yang dicantumkan pada produk tersebut.
Konsep berjualan secara live stream tidak hanya tersedia di marketplace, tetapi juga di platform digital. Di Indonesia, salah satu platform digital yang menyediakan fitur berjualan live stream adalah TikTok, yakni melalui fitur TikTok Shop.
Melalui fitur TikTok Shop, penjual dapat menawarkan produknya kepada pembeli secara langsung dan interaktif. Mulai dari deskripsi produk, cara penggunaannya, lalu unboxing, ulasan dari konsumen yang sudah menggunakannya, hingga menginformasikan promo yang sedang berlangsung.
Baca Juga: Tutorial Hijab Simpel ala Laudy Cynthia Bella yang Cocok untuk Lebaran
Sebagai informasi, TikTok mengadakan berbagai program TikTok Shopping untuk mendorong interaksi antara UMKM lokal dengan pengguna TikTok, salah satunya melalui TikTok Shopping Ramadan Sale yang berlangsung selama satu bulan mulai 25 Maret hingga 25 April 2022.
Heboh, YouTuber Asal Thailand Ini Nyamar di Indonesia, Ternyata Nipu hingga Rp 931 M dan Pengin Jadi Idol Kpop, Begini Akhirnya
Penulis | : | Nana Triana |
Editor | : | Wandha Nur Hidayat |