Grid.ID - Tren fashion hijab terus berkembang dan semakin banyak perempuan yang memakainya di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.
Kini, jilbab menjadi salah satu produk fashion yang banyak dibutuhkan bahkan tak kalah penting dari baju dan celana.
Semakin banyak pula model hijab yang menjadi tren, dari kerudung bergo, segiempat, hingga pashmina.
Tingginya penggunaan fashion hijab dalam gaya hidup banyak perempuan muslim Indonesia pun bisa menjadi potensi kesuksesan lewat usaha sendiri.
Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Fakhria Itmainati bersama brand Hijab Wanita Cantik yang ia bangun bersama sang suami.
Mulai menjajakan hijab di tahun 2012 lewat media sosial seperti Facebook dan BlackBerry Messenger, saat itu Fakhria menjalankannya hanya sebatas untuk mencari pendapatan tambahan saja.
Kala itu, Fakhria hanya berperan sebagai reseller yang membeli produk hijab dari produsen, memasang labelnya sendiri, kemudian menjualnya.
Namun, lama kelamaan Fakhria merasa produk hijab yang dijualnya menjadi mainstream bahkan fotonya kerap ditiru oleh banyak penjual hijab lain.
Pada momen inilah, di tahun 2018 Fakhria memutuskan bahwa ia perlu menciptakan sesuatu yang otentik dan unik sehingga menjadi ciri khas dari hijab yang dijualnya.
Baca Juga: 5 Online Shop Penjual Pashmina Instan di Bawah 50 Ribu di Marketplace
Fakhria pun mulai mendesain model dan motif hijab sendiri untuk ia jual dengan brand Hijab Wanita Cantik yang ia kembangkan bersama suaminya.
“Yang pertama desainnya harus bagus ya, terus jahitnya nyaman, dan mempunyai keunggulan dari segi warna bahan dan kualitas,” ujar Fakhria saat menjelaskan keunggulan produk Hijab Wanita Cantik.
Seluruh produk Hijab Wanita Cantik didesain secara khusus oleh tim mereka sendiri, sehingga ada ciri khas tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada brand fashion hijab lain.
Ciri khas Hijab Wanita Cantik terdapat pada pilihan motifnya yang tidak terlalu ramai dan justru memberi kesan manis.
Sedangkan untuk pilihan warna pada hijab polos, Fakhria selalu menyediakan pilihan warna best seller seperti warna-warna earth tone, warna pastel, hingga warna basic seperti warna hitam yang selalu dicari oleh banyak orang.
Tak ketinggalan, dari segi bahan dan kualitas pun tak luput dari pengamatan Fakhria sebagai co-founder sekaligus desainer dari Hijab Wanita Cantik.
“Kita quality control (QC) satu per satu sehingga customer kita puas dan repeat order lagi,” tegas Fakhria.
Bahan yang paling banyak digunakan terutama untuk jenis kerudung segiempat adalah bahan voal, yaitu paduan antara katun dengan poliester.
“Bahannya tipis, lemes, jadi enggak terlalu kaku, kalau dipakai buat hijab tuh enggak kedap,” tambah Fakhria.
Baca Juga: 5 Online Shop Jilbab Segiempat Voal Berbagai Warna di Bawah Rp 20 Ribu
Saat ini, Hijab Wanita Cantik sudah memiliki berbagai pilihan hijab yang lengkap mulai dari jenis segiempat, pashmina, hingga hijab instan, warna polos dan bermotif, termasuk pilihan hijab yang praktis seperti pashmina instan hingga bergo instan.
Menurut pengamatan Fakhria, hijab pashmina merupakan model hijab yang sedang menjadi tren dan sangat bagus penjualannya.
“Kemudian ada tren muncul baru lagi yaitu pashmina plisket yang akhirnya jadi ngetren banget di beberapa tahun ini,” ungkap Fakhria.
Meski begitu, di awal masa pandemi saat pola hidup masyarakat berubah, tren penjualan Hijab Wanita Cantik pun sempat mengalami pergeseran.
“Yang biasanya keluar rumah, sekarang kerjanya dari rumah. Best seller pas pandemi tuh instan bergo rumahan. Ada yang polos, dan ada yang slim look jadi nggak terlalu bikin muka tembem. Terus juga ada banyak varian warna dan motifnya,” jelas Fakhria.
Di samping itu, produk seperti pashmina polos dan hijab polos merupakan jenis produk yang akan terus dibeli sepanjang tahun sehingga sangat potensial.
Untung Berlipat Ganda di Marketplace Meski Terkena Dampak Pandemi
Seiring dengan bergeraknya tren penggunaan media sosial, metode penjualan Hijab Wanita Cantik juga mulai bergeser ke Instagram, Whatsapp, website, dan marketplace.
Bahkan, Fakhria justru mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan berjualan dan memanfaatkan berbagai fitur dan strategi yang ditawarkan di marketplace.
Baca Juga: 5 Model Ciput Wajib Punya untuk Pemula, Punya Fungsi Masing-masing!
“Buka di Lazada sekitar 2 tahun lalu. Kita awalnya mau meningkatkan awareness brand kita ke customer. Nah, terus customer tuh pada minta kita buka di marketplace, karena banyak promo diskon dan gratis ongkir,” ujar Fakhria.
Sebagai pemilik usaha online yang sempat mengembangkan website sendiri, Fakhria merasakan bahwa untuk memiliki platform berjualan yang memiliki banyak fitur seperti diskon atau flash sale itu sangat mahal.
Oleh sebab itu, Fakhria merasa sangat tertolong dengan adanya marketplace seperti Lazada yang sudah menyediakan semua fitur tersebut.
Ditambah, Fakhria merasa sangat terkesan dengan adanya kecerdasan buatan yang bisa membantu menawarkan produknya ke pengguna yang sering berbelanja produk fashion muslim.
“Jadi yang diarahkan ke kita tuh yang memang sesuai dengan target market, yang seperti itu tuh ada fiturnya di Lazada dan itu enggak akan bisa kita temukan kalau kita develop website sendiri, itu susah dan mahal banget,” ujar Fakhria.
Memiliki penjualan yang bagus di Lazada, Hijab Wanita Cantik pun mendapatkan badge LazMall yang bagi Fakhria sangat membantu dirinya untuk menunjukkan pada pembeli bahwa produk Hijab Wanita Cantik yang asli hanya bisa didapatkan di LazMall.
Kesuksesan Hijab Wanita Cantik di Lazada tak lepas dari kecermatan Fakhria dalam memanfaatkan berbagai campaign Lazada untuk mendongkrak penjualannya.
“Kalau ada campaign itu ya pasti (penjualan) udah naik 2-5 kali lipat dibanding hari biasa. Misalkan campaign tanggal kembar, atau Ramadan, itu melonjak banget dibanding hari-hari normal,” ungkap Fakhria.
“Saat kita punya produk baru, itu akan kita barengin peluncurannya sama tanggal-tanggal campaign Lazada supaya dapat exposure lebih optimal,” lanjutnya.
Baca Juga: 6 Rekomendasi Makeup untuk Lebaran, Tampil Cantik dan Fresh Saat Open House!
Sebab, di saat itulah Lazada juga akan memberikan banyak promo seperti diskon, Gratis Ongkir, hingga Bonus Dadakan yang membuat banyak pengguna akan berbelanja dengan serentak.
Seiring dengan perkembangan bisnis mereka, suami Fakhria sebagai co-founder akhrinya memutuskan untuk mundur dari pekerjaan demi lebih fokus mengembangkan Hijab Wanita Cantik.
Perkembangan Hijab Wanita Cantik juga membuat Fakhria dan suami bisa membuka lahan pekerjaan bagi 18 orang anggota tim yang awalnya direkrut dari saudara terdekat.
Para anggota tim Hijab Wanita Cantik ini dilatih untuk bisa mengetahui proses usaha online dari hulu hingga hilir mulai dari kelebihan semua produk mereka, quality control, update stok, memproses pesanan, hingga packing.
Namun di balik kesuksesan itu, Hijab Wanita Cantik ternyata juga tak luput dari dampak pandemi Covid-19.
Di awal tahun 2020, Fakhria sempat memiliki keinginan untuk membuka toko offline di pusat perbelanjaan.
Sayangnya rencana itu harus pupus lantaran terjadinya pandemi yang membuat pusat perbelanjaan saat itu harus ditutup.
Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 Fakhria bersama tim juga sempat mengalami musibah di mana satu per satu dari mereka dinyatakan positif sehingga harus isolasi mandiri (isoman).
“Pas pandemi sih, pas tim kita kena Covid-19. Itu semuanya enggak ada yang proses orderan. Otomatis semuanya harus isoman, enggak ada yang QC produknya, enggak ada yang input stok, otomatis penjualan enggak ada. Pas kita semua kena dan kenanya gantian waktu itu,” tutur Fakhria.
Baca Juga: 5 Model Mukena Terbaru 2022 untuk Salat Id, Harga Terjangkau dan Bahan Premium!
Namun setelah semuanya kembali sehat, Fakhria dan tim kembali berupaya maksimal untuk menyiapkan banyak stok produk dan menjalankan campaign hingga penjualan kembali naik.
Salah satunya dilakukan dengan mengikuti campaign Lazada Amanah Ramadan Fashion Show yang sukses membuat penjualan Hijab Wanita Cantik kembali bangkit hingga ke angka 300 persen dari penjualan sebelumnya
“Sampai waktu report kemarin kenaikannya 300 persen. Pokoknya dalam setahun itu kita paling besar waktu bulan Ramadan kemarin, dengan fashion show Lazada di campaign Ramadan,” terang Fakhria.
Lazada Amanah Ramadan Fashion Show disiarkan pada 18-19 April 2022 di LazLive, media sosial, dan sejumlah televisi menampilkan karya dari 15 desainer lokal.
Selama fashion show disiarkan, penonton bisa langsung check out produk yang mereka saksikan di fashion show langsung melalui Lazada sehingga campaign ini sukses meningkatkan penjualan para desainer dan brand lokal yang berpartisipasi.
Penjualan Hijab Wanita Cantik yang meningkat hingga angka 300 persen selama campaign tersebut juga membuat produk mereka habis terjual.
“Belum selesai Ramadan sudah habis produknya. Terus akhirnya kita mulai belajar lagi kalau Ramadan berikutnya harus menyiapkan lebih banyak stok, ya mudah-mudahan tahun depan bisa lebih bagus lagi,” sambungnya.
Nah, itu dia kisah Fakhria bersama suami yang mendirikan Hijab Wanita Cantik dari nol hingga kini dikenal sebagai salah satu brand hijab lokal dengan kualitas tinggi, model yang cantik, dan harga yang terjangkau. Sungguh inspiratif, ya! (*)
Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Bukber, Tampil Fresh dengan Simpel dan Terjangkau!
Penulis | : | Cerysa Nur Insani |
Editor | : | Cerysa Nur Insani |