Grid.ID – Selama dua tahun terakhir, narasi digitalisasi terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus digemakan. Pasalnya, melalui ekosistem digital, pelaku UMKM akan lebih mudah memasarkan produk dan jasa, serta memperoleh pendanaan dari lembaga keuangan.
Menteri Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) Teten Masduki, saat memperingati hari UMKM Nasional, Jumat (12/8/2022), menyampaikan fokus pemerintah untuk mempercepat digitalisasi UMKM.
Menurutnya, digitalisasi UMKM bisa jadi solusi untuk memperkuat ketahanan sektor bisnis tersebut selama pandemi dan pasca pandemi. Hal ini mengingat sektor UMKM merupakan salah satu tulang punggung untuk membangkitkan kembali Indonesia.
“Peningkatan jumlah (pelaku) UMKM yang bertransformasi digital akan menjadi fondasi bagi Indonesia untuk dapat mengoptimalkan potensi ekonomi digital, di mana pada tahun 2030 akan mencapai Rp 4.531 triliun,” ujar Teten melalui keterangan resmi.
Hingga Juni 2022, KemenKop UKM mencatat sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau 30,4 persen dari total UMKM telah beralih ke platform e-commerce. Meski begitu, jumlah tersebut masih jauh dari target 30 juta UMKM yang diupayakan tercapai pada 2023.
Mendukung pemerintah dalam mencapai target tersebut, perusahaan teknologi dengan platform marketplace, Tokopedia hadir sebagai mitra transformasi. Dukungan tersebut diwujudkan melalui sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia.
Hadir pula program Digitalisasi Warung dan Kelas Akselerasi Digital. Ketiga program tersebut digagas bersama Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) Kemenkop UKM.
“Kami menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di Tanah Air,” ujar Teten.
Sementara itu, VP of Marketplace Tokopedia Yudhiaji Kusuma mengatakan, selain kolaborasi tersebut, Tokopedia juga terus mengoptimalkan inisiatif Hyperlocal, yakni dengan menggunakan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli berdasarkan wilayah.
Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, Tokopedia menampilkan halaman kurasi produk UMKM setempat melalui etalase Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Adapun produk yang ditampilkan dalam KTP berasal dari pelaku UMKM terdekat dengan lokasi konsumen.
Pak Tarno Derita Sakit Stroke, Istri Pertama Ngaku Ogah Jenguk Gegara Kelakuan Bini Muda: Pelakor Itu!
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |