Grid.ID – Di tengah penetrasi internet dan pemanfaatan teknologi digital yang masif, berbelanja online melalui platform e-commerce menjadi tren yang terus bertumbuh di kalangan milenial dan generasi Z (gen Z).
Ada sejumlah faktor yang membuat milenial dan gen Z menyukai berbelanja di platform e-commerce. Faktor tersebut terungkap dalam sebuah survei bertajuk “Persepsi Kepercayaan dan Kenyamanan Bertransaksi di E-Commerce” yang dilakukan oleh kumparan pada Juli-Agustus 2022.
Faktor tersebut antara lain, ketersediaan dan variasi produk yang lebih banyak, kemudahan dalam proses mencari dan memesan produk, banyaknya promo menarik, keragaman pilihan metode pembayaran, gratis ongkir, pengiriman barang yang cepat, serta kualitas produk yang sesuai dengan deskripsi pada halaman pembelian.
Berdasarkan hasil survei tersebut, Tokopedia menempati posisi pertama sebagai platform e-commerce yang paling banyak disukai dan dipakai oleh dua generasi tersebut. Kemudian, Shopee menyusul di posisi kedua dan Lazada di posisi ketiga.
Baca Juga: Pendekatan Hyperlocal, Tokopedia Perluas Jangkauan UMKM di Penjuru Indonesia
Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dicari oleh konsumen di tiga platform e-commerce tersebut adalah fesyen dengan persentase 26,5 persen, di mana para perempuan milenial dan Gen Z juga menjadikan Tokopedia sebagai e-commerce terfavorit untuk berbelanja produk fesyen.
Lalu disusul oleh produk kecantikan dan perawatan diri 14,7 persen, makanan dan kebutuhan harian 13,2 persen, produk yang berkaitan dengan hobi 11,6 persen, serta peralatan rumah tangga 8,7 persen.
Survei ini juga menemukan bahwa kredibilitas penjual memengaruhi keputusan responden dalam memesan suatu produk.
Penjual dikatakan tepercaya apabila memiliki ulasan dan penilaian yang baik dari pembeli, deskripsi produk lengkap, dan berlogo official store. Harga dan promo yang disediakan oleh penjual juga sangat memengaruhi keputusan responden dalam bertransaksi di e-commerce.
Baca Juga: Berkat Inisiatif Hyperlocal, Produk Khas Betawi Jadi Barang Terlaris di Tokopedia
Penjual di Tokopedia dinilai paling tepercaya, memiliki layanan customer service yang baik, serta menyediakan metode pembayaran dan layanan pengiriman terlengkap. Sementara itu, tampilan antarmuka pengguna (user interface) Tokopedia dinilai nyaman untuk melakukan pencarian produk.
Terkait metode pembayaran, mayoritas responden lebih suka membayar melalui dompet digital (e-wallet). GoPay menempati posisi pertama sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan oleh responden di platform e-commerce dengan persentase 42,1 persen, disusul oleh ShopeePay 24,76 persen dan OVO 18,2 persen.
Heboh, YouTuber Asal Thailand Ini Nyamar di Indonesia, Ternyata Nipu hingga Rp 931 M dan Pengin Jadi Idol Kpop, Begini Akhirnya
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |