Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum
Grid.ID – Menjalankan bisnis seperti UMKM memang tidak mudah karena pelaku usaha tidak bisa hanya berpatok pada margin keuntungan yang besar.
Dikutip dari TribunLampung.co.id, margin keuntungan adalah persentase keuntungan dari produk atau jasa yang dijual.
Margin juga bisa diartikan sebagai keuntungan atau selisih antara harga jual barang dengan modal yang dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli barang tersebut.
Sayangnya, jika pelaku usaha terlalu berpatok pada margin keuntungan yang besar, omzet penjualan menjadi kecil.
Tentunya hal ini akan mengakibatkan usaha tidak berkelanjutan karena penjualan tidak maksimal dan perputaran modal tidak lancar.
Oleh karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk memikirkan cara meningkatkan omzet demi keberlanjutan bisnis.
Ada banyak cara meningkatkan omzet untuk pelaku UMKM, di antaranya adalah seperti yang diwartakan Kompas.com berikut.
Tingkatkan Kualitas Produk
Pelaku UMKM perlu meningkatkan kualitas produk karena berpengaruh terhadap integritas brand dan angka penjualan.
Sebagai contoh, pelaku UMKM bidang fashion perlu meningkatkan kualitas pada bahan dan jahitan.
Penting juga untuk melakukan inovasi dengan mengikuti tren terkini, namun tetap mempertahankan identitas brand.
Baca Juga: Shopee 9.9 Super Shopping Day Berhasil Dongkrak Penjualan UMKM Daerah
Perkuat Brand Image
Branding sangat penting karena merupakan pencitraan identitas merek agar produk yang dimiliki menarik dan melekat di benak konsumen.
Untuk memperkuat brand image, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengkomunikasikan nilai-nilai yang dianut brand.
Contohnya seperti “ramah lingkungan”, “menggunakan bahan organik”, dan “ikut memberdayakan masyarakat sekitar”.
Lakukan Digital Marketing
Di era serba digital ini, pelaku UMKM perlu memanfaatkan ekosistem digital untuk mengenalkan dan memasarkan produk.
Maksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Youtube, serta platform marketplace.
Supaya digital marketing lebih efektif, kombinasikan konten hard sell dan soft sell, serta sesuaikan konten dengan target pasar.
Berikan Penawaran Menarik
Untuk menaikkan omzet, cobalah berikan penawaran menarik seperti potongan harga ataupun diskon.
Penawaran seperti voucher gratis ongkir ataupun diskon bisa diberikan pada momen tertentu seperti festival belanja online bulanan, Ramadan, Idulfitri, dan lainnya.
Tingkatkan Layanan Konsumen
Kunci untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan pelayanan terbaik.
Berikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada konsumen yang bertanya seputar produk.
Pelaku UMKM juga bisa menambahkan pelayanan lain yang menjadi nilai tambah bagi konsumen.
Baca Juga: Manfaatkan E-commerce, Penjual Oleh-oleh Ini Tingkatkan Omzet 200 Persen dan Ekspor ke 7 Negara
(*)
Source | : | Kompas.com,Tribun Lampung |
Penulis | : | Ragillita Desyaningrum |
Editor | : | Silmi |