Grid.ID – Kabar heboh kembali datang dari kalangan selebritas yang telah mencoba fitur Shopee Live. Kali ini, giliran Ruben Onsu yang berhasil menjual lebih dari 100.000 produk dalam waktu 24 jam di Shopee Live, Senin (8/8/2023).
Sebagai informasi, kesuksesan berjualan dengan cara live streaming sebelumnya juga dialami oleh dr Richard Lee ketika menggelar Shopee Live awal Agustus 2023. Ia berhasil mencetak omzet senilai Rp 8 miliar hanya dengan berjualan selama 2,5 jam di Shopee Live.
Dikutip dari laman Instagram @ruben_onsu, Ruben mengaku bersyukur karena para penggemar setianya selalu mendukungnya dalam setiap kegiatan, termasuk pada agenda Shopee Live yang ditonton oleh 9 juta pengemar maupun followers.
“Juwarak! Shopee Live Ladang Cuan! Dalam sehari berhasil jual LEBIH DARI 100 RIBU PRODUK dan ditonton hingga 9 JUTA KALI... Makasih banyak atas dukungannya!,” tulis Ruben melalui Instagram pribadinya.
Sang istri, Sarwendah, ikut memberikan dukungan langsung dalam Shopee Live tersebut. Panen cuan dari Shopee Live juga ikut dirayakan Sarwendah melalui akun Instagram @sarwendah29.
“Selamat, ya Ayah! Panen cuan milyaran di Shopee Live ini berhasil jual 100.000 produk dalam sehari! Kita sekeluarga bangga bgttt❤️,” tulis Sarwendah.
Ada banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan Ruben dan Sarwendah untuk ikut serta Shopee Live dalam program Shopee Live Semua Diskon 50% dan puncak Shopee 8.8.
Selain untuk mendapat cuan tambahan, keduanya juga ingin memperkenalkan produk mereka lewat metode live shopping, sehingga fans dan followers mereka bisa berbincang lebih dekat dengan keduanya.
Platform Shopee dipilih Ruben dan Sarwendah lantaran aplikasi berlogo oranye ini sering mengadakan berbagai promo menarik, mulai dari Semua Diskon 50 persen setiap pukul 20.00 WIB, promo 8.8, hingga promo gratis ongkos kirim (ongkir).
Pertimbangan lainnya, Ruben dan Sarwendah juga menemukan riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang mengatakan bahwa Shopee Live memiliki pangsa pasar hingga 56 persen.
Selain itu, responden juga memilih Shopee Live sebagai platform live streaming yang paling disukai dengan persentase 66 persen, serta disukai karena memiliki fitur gratis ongkir dengan persentase 91 persen.
Dari riset yang sama diungkapkan bahwa Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%), jauh melampaui para pesaing lainnya seperti TikTok Live dengan persentase 30%.
Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.
Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).
Pada puncak acara Shopee 8.8, riset tersebut juga menemukan bahwa agenda Shopee berhasil menarik hati konsumen berkat promo diskon, cashback, voucher belanja, special bundle, dan exclusive launch.
(**CM/FAT)
Kimberly Ryder Klarifikasi soal Lemari Plastik yang Jadi Omongan Netizen, Ada Sejarah Miris di Baliknya
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |