Grid.ID – Perkembangan teknologi di era modern berhasil membawa banyak berkah bagi masyarakat Indonesia, khususnya para ibu rumah tangga.
Lewat bantuan e-commerce, para ibu bisa memasarkan beragam jenis kerajinan tangan hingga ke mancanegara.
Pengalaman inilah yang dirasakan oleh pemilik usaha kerajinan tangan Dinova Store, Sri Wigatiningsih.
Berawal dari keinginan untuk memiliki penghasilan sendiri, warga asal Dusun Panggungploso, Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini kini sukses menjual produknya hingga ke empat negara, yakni Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.
Kepada tim Grid.ID, Sri menceritakan bahwa dirinya tertarik membuka usaha lantaran gemar mengikuti tren aksesori yang kerap viral di internet. Pada 2017, ia mencoba berjualan bros dengan berbagai model dan bahan.
Baca Juga: Lapak Ruben Onsu di Shopee Live Laris Manis, Berhasil Jual 100.000 Produk!
Kala itu, ia hanya dibantu oleh satu orang pegawai. Bros yang ia buat pun hanya ditawarkan kepada followers Instagram.
“Waktu awal mulai usaha, saya cuma punya satu karyawan buat bikin bros. Awalnya hanya berjualan di media sosial pribadi,” ujar Sri.
Tak puas hanya berjualan di media sosial, Sri pun berinisiatif untuk mencari pasar yang lebih luas dengan berjualan di Shopee.
Menurutnya, Shopee memiliki fitur dan konsumen yang luas, sehingga ia yakin dapat menjangkau calon pembeli yang sebelumnya tidak terjangkau melalui media sosial.
Dengan berjualan di Shopee, Sri optimistis dapat meningkatkan penjualan produk, sekaligus memperluas jejak bisnisnya ke tingkat yang lebih besar.
“Saya dengar jualan di Shopee lebih untung dan banyak pembeli. Akhirnya, saja coba (berjualan di sana). Alhamdulillah ternyata melejit di awal tahun 2020, ditambah setelah itu pandemi jadi semakin banyak order datang,” jelas Sri.
Baca Juga: Ambisi Ruben Onsu: Cetak Omzet Terbesar di Puncak Shopee 8.8 lewat Shopee Live
Tak hanya bros, Sri juga ikut menyediakan berbagai aksesori perempuan buatan tangan, mulai dari kalung, gelang, kalung hijab, gantungan handphone, tas piring, hingga pakaian.
Berbagai metode penjualan juga dilakukan Dinova Store agar usahanya kian berkembang, mulai dari mengikuti program iklan, memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Shopee, hingga mengikuti Program Ekspor Shopee.
“Saya pikir kirim produk ekspor tuh susah, apalagi bagi yang tinggal di desa. Ternyata dibantu Shopee jadi lebih mudah, sama seperti kirim produk ke daerah-daerah di Indonesia,” tambah Sri.
Penulis | : | Content Marketing ADV |
Editor | : | Sheila Respati |