Grid.ID - Batik identik dengan kesan kuno dan konservatif. Namun, sebenarnya, dengan kreativitas para perajin batik, wastra Nusantara tersebut bisa diubah menjadi produk-produk fesyen berdesain modern tanpa melunturkan keagungan dan kesan elegannya.
Hal itulah yang menjadi pemikiran Ivonne Magdalena, seorang womanpreneur yang bergerak di bidang fesyen. Ia tertantang untuk mengubah kesan batik, dari kuno menjadi modern. Ia pun berinovasi menciptakan pakaian dengan motif-motif bertema warisan budaya dan pesona alam Indonesia melalui brand fesyen miliknya, VONE.
Memeriahkan peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia, kembali menggaungkan koleksi Nusantara yang dirilis pertama kali pada 2020. Batik dikemas dengan desain dan warna yang lebih modern, sehingga koleksi Nusantara ini bisa dijadikan sebagai alternatif lain ketika bosan dengan baju batik yang desainnya konservatif.
VONE menghadirkan pakaian dengan motif-motif yang merayakan warisan budaya dan keindahan alam Indonesia, dipadukan dengan desain dan warna yang lebih kontemporer.
"Koleksi Nusantara menampilkan keindahan warisan budaya Nusantara seperti Situs Candi, bangunan Keraton, serta flora dan fauna khas Indonesia pada setiap detail motif. Pemilihan warna pada koleksi Nusantara ini cenderung lebih soft agar tetap tampak modern dan tidak lekang oleh waktu," jelas Ivonne mengenai koleksi yang dirilis pada era pandemi tersebut.
Ivonne pun menceritakan bagaimana awalnya koleksi Nusantara ia luncurkan. Saat itu, sebagai pegiat usaha fesyen, ia ingin memberikan "hiburan" kepada para voneladies, sebutan untuk para customer VONE. Menciptakan pakaian berbahan kain antibakteri dengan desain motif batik yang modern. Koleksi Nusantara digemari dan diminta untuk terus diproduksi. Hal itu yang membuatnya semakin semangat dalam berinovasi menciptakan desain-desain untuk koleksi Nusantara dengan pattern original buatannya.
Pada Agustus tahun 2021, Vone mulai melebarkan sayapnya untuk memperkenalkan koleksi Nusantara kepada masyarakat secara lebih luas dengan menggandeng brand hijab lokal ternama yaitu Buttonscarves. Pada koleksi tersebut, VONE X Buttonscarves mengaplikasikan motif Nusantara yang dibuat tidak hanya pada produk apparel saja, tetapi juga hijab.
Kemudian, pada Agustus 2022, VONE Kembali bekerjasama dengan salah satu marketplace yaitu Blibli.com untuk memasarkan koleksi Nusantara. Launching koleksi Nusantara bersama Blibli dilakukan di Kepulauan Seribu dan mengajak puluhan influencer untuk fashion show.
Meramaikan hari kemerdekaan tahun ini, Vone Kembali meluncurkan koleksi Nusantara dengan motif dan desain yang lebih menarik serta menjadikan koleksi Nusantara sebagai annual collection. Produk Nusantara kali ini akan mulai launching pada tanggal 15 Agustus 2023 pukul 19.00 WIB melalui website resmi www.voneofficiel.com. Informasi mengenai VONE dapat diperoleh dengan mengunjungi akun Instagram https://www.instagram.com/vone_official.
Penulis: Ni Wayan Nugrahani Puspita Dewi
Detik-detik Lolly Ketemu Nikita Mirzani usai Perang Dingin, Saling Pelukan dan Elus Punggung
Penulis | : | ADV PI |
Editor | : | Sheila Respati |