Grid.ID - Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk Eiger? Kamu yang menggemari kegiatan luar ruang (outdoor) tentunya sudah tidak asing lagi dengan brand lokal asal Bandung tersebut.
Sebelumnya, Eiger sempat menjadi pembicaraan karena produknya go internasional. Eiger berhasil melebarkan sayap usahanya hingga ke Swiss, negara yang menjadi inspirasi nama brand yang dirintis pada 1989 tersebut.
Sebagai informasi, Eiger adalah nama gunung yang memiliki ketinggian 3.970 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Swiss. Oleh sebab itu, gerai Eiger di Swiss dilokasikan di Kota Interlaken yang berada tepat di kaki gunung tersebut.
Baru-baru ini Eiger kembali membuat kegemparan karena mengaku berhasil meningkatkan omzet hingga 16 kali lipat dari biasanya berkat mencoba fitur jualan dengan live streaming di Shopee Live.
Eiger sebenarnya telah bergabung dengan Shopee sejak 2017. Namun, Eiger baru memanfaatkan fitur Shopee Live pada 2023. Fitur yang memungkinkan pembeli dan penjual berinteraksi secara real-time membuat Shopee Live membantu meningkatkan penghasilan Eiger secara signifikan pada 2023.
Peningkatan omzet tajam, yakni 16 kali lipat, didapatkan Eiger berkat bergabung dalam kemeriahan Shopee Live di puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival.
Baca Juga: Berkat JKT48, Shopee Live Erigo Raup Rp 5 Miliar dalam Waktu Kurang dari 10 Menit!
Keberhasilan Eiger tentunya tak lepas dari kualitas berbagai produknya yang sudah dikenal luas, seperti tas, sepatu, sandal gunung, baju, jaket, hingga perlengkapan dan aksesori khusus kegiatan outdoor.
Pencinta alam dari langan milenial dan gen Z di Tanah Air pun menggemari produk Eiger. Saking populernya, Eiger memiliki lebih dari 350 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
Namun, Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar juga mengakui bahwa keunggulan platform Shopee Live juga turut membantu kesuksesan Eiger. Ia mengapresiasi fitur Shopee Live dan menyadari bahwa dengan menggunakan fitur tersebut Eiger bisa lebih dekat dengan konsumen. Secara tidak langsung, hal itu meningkatkan penjualan.
"Hasilnya sangat memuaskan, pada kampanye 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival, kami bisa meraih pencapaian yang melebihi ekspektasi, di mana penjualan Eiger bisa meningkat hingga 16 kali lipat melalui Shopee Live. Hasil ini merupakan pencapaian baru yang luar biasa yang kami rasakan bersama Shopee, bahkan sangat signifikan dibandingkan dengan di platform lain," ujar Oscar dalam keterangan tertulis, Jumat (18/8/2023).
Keunggulan Shopee Live juga tecermin dalam hasil riset Populix. Pada hasil riset tersebut Shopee Live tercatat sebagai fitur live shopping paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Alasan Shopee Live menjadi pilihan utama responden adalah kenyamanan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.
Dalam survei yang dilakukan Populix pada Mei 2023, terungkap bahwa 69 persen responden menyebut Shopee Live sebagai Brand Used Most Often (BUMO) alias brand live shopping yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Posisi Shopee Live disusul oleh platform live shopping lainnya, yakni TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).
Riset tersebut juga mengatakan bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live adalah brand Top of Mind (TOM) alias merek yang pertama kali muncul di benak mereka ketika berbicara soal live streaming shopping di Indonesia.
Posisi Shopee dalam kategori Top of Mind mengungguli TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).
Selain itu, Shopee Live juga menjadi fitur belanja live yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fesyen dan kecantikan.
Pada kategori fesyen, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, sedangkan TikTok Live digunakan oleh 44 persen responden. Pada kategori kecantikan, Shopee Live paling sering dipakai oleh 71 persen responden, sedangkan TikTok Live dipakai oleh 51 persen responden.
Baca Juga: Inara Rusli Puji dr Richard Lee yang Raih Omzet Rp 8 Miliar di Shopee Live
Fitur live shopping di Shopee Live yang memungkinkan terjadinya komunikasi yang efektif antara penjual dan pembeli secara real-time, membuat pengalaman berbelanja masyarakat semakin menyenangkan. Seller bisa secara langsung menjawab seluruh kebutuhan informasi pembeli ketika sedang memilih barang yang ingin dibelinya sesuai kebutuhan.
Dalam riset yang sama, salah satu faktor pertimbangan yang menarik perhatian pembeli untuk berbelanja dengan fitur live shopping adalah penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon.
Hal itu dilakukan oleh Shopee Live. Contohnya, diskon yang diberikan pada program Shopee Live Semua Diskon 50%.
Secara lengkap dalam riset Populix, Shopee Live dinilai menawarkan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, serta diskon hingga cashback paling besar.
Kira-kira brand lokal apa lagi yang bakal mengikuti jejak kesuksesan Eiger di live shopping Shopee Live?
3 Kali Kawin Cerai, Dewi Perssik Blak-blakan Ingin Taaruf, Gak Jadi Gaet Mayor Teddy?
Penulis | : | Content Marketing ADV |
Editor | : | Sheila Respati |