Grid.ID - Andien menjadi salah satu selebriti yang kritis sebelum mengonsumsi apapun dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang akan dipilih (conscious consumption).
Berdasarkan data yang dilansir dari NielsenIQ, terdapat penambahan konsumen sebanyak 46% yang menginginkan sebuah merek dapat menciptakan perubahan berkelanjutan yang mereka cari.
Masih dari laman riset tersebut, dipaparkan bahwa kini konsumen mempertimbangkan dampak suatu produk secara keseluruhan yang mana mereka menilai bahan-bahan, proses produksi, dan bahkan dampak suatu rantai pasokan terhadap planet ini sebelum mengonsumsi sesuatu, dari mulai makanan, minuman dan berbagai produk lainnya.
Dalam sebuah kesempatan, Andien, Penyanyi dan Social & Environmental Advocates, membagikan pemikirannya mengenai pertimbangan-pertimbangan sebelum memberi sebuah barang.
“Sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata, karena kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis," jelasnya dalam peluncuran kampanye Danone-AQUA #PikirinDulu.
Andien juga menambahkan, jika membeli suatu produk tandanya kita juga bertanggung jawab atas apa yang kita beli dan melibatkan banyak orang yang sangat berdampak.
“Dengan membeli produk sesuai kebutuhan, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan bagaimana kita dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama, namun juga memikirkan mengenai bagaimana produk tersebut diproduksi termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan."
"Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat mempengaruhi lingkungan tempat tinggal kita. Jadi, jika saya bisa menyimpulkan, pada dasarnya dalam membeli sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang di dapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu menurut saya meningkatkan awareness untuk selalu #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu itu penting sekali, terutama di kalangan generasi muda”, jelasnya panjang lebar.
Pada kesempatan yang sama, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K (Spesialis Gizi Klinik), memaparkan “Dalam menentukan pilihan dari produk yang dikonsumsi, dari sisi kesehatan tentunya kita harus mempertimbangkan berbagai faktor, misalnya bagaimana sumber bahan bakunya, apa berkualitas dan dihasilkan dari sumber yang baik, dampaknya faktor-faktor kesehatan dari mulai sumbernya, bagaimana produk tersebut diproduksi, jaminan kualitasnya dan apa dampak produk tersebut bagi diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan, sangat penting untuk dipertimbangkan."
"Terlebih karena kondisi ekosistem dan lingkungan disekitar pun tentunya akan berpengaruh bagi kesehatan kita. Misalnya, dalam memilih produk air mineral, faktor higienitas dalam proses pengolahannya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air mineral yang dihasilkan karena air mineral yang murni dan sehat dapat mempengaruhi kesehatan."
"Menjaga hidrasi dan nutrisi yang baik sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) yang telah ditentukan pemerintah dalam Peraturan Kementrian Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2013, anak-anak wajib mengkonsumsi air mineral 1900 ml/hari untuk kategori usia 7 sampai 9 tahun dan 1800 ml/hari untuk kategori usia 10 sampai 12 tahun. Jumlah kebutuhan tersebut akan dapat lengkap terpenuhi salah satunya dengan mengonsumsi produk air mineral berkualitas”.
Pada 24 Agustus 2023, Danone-AQUA secara resmi meluncurkan kampanye #PikirinDulu dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan mengajak generasi muda untuk kritis sebelum mengonsumsi dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang mereka akan pilih (conscious consumption).
(*)
Viral Peserta Indonesian Idol Punya Suara Unik Mirip Optimus Prime, Anang Hermansyah Langsung Ramal Begini
Penulis | : | Dianita Anggraeni |
Editor | : | Dianita Anggraeni |