Grid.ID - “Home sweet home” menjadi salah satu ungkapan untuk menggambarkan kenyamanan rumah. Tak hanya menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat, rumah juga menjadi tempat terbaik untuk bercengkrama dan berkumpul bersama anggota keluarga.
Bak fondasi kehidupan, kenyamanan rumah juga tak lepas dari pilihan furnitur dan dekorasi yang digunakan.
Beruntung, saat ini ada banyak jenama furnitur yang menyediakan perabotan dan dekorasi rumah di e-commerce dengan desain estetik, tetapi harganya terjangkau. Contohnya, Dekornata yang hadir dengan dengan aksesori dan dekorasi rumah berbahan kayu.
Brand lokal yang digagas pada 2018 ini kerap menggelar live shopping di Shopee Live dengan berbagai promo menarik. Berkat Shopee Live, omzet penjualan Dekornata bahkan ikut meningkat hingga delapan kali lipat.
Pemilik sekaligus pendiri Dekornata Giovanno Warli mengatakan, Shopee telah banyak membantu Dekornata dalam mendongkrak penjualan. Salah satunya, lewat program promosi, kampanye tematik, hingga fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live.
Baca Juga: Viral! Baim Wong Marah-marah, Ternyata Persiapan Pindah Lapak ke Shopee Live dan Kasih Diskon
“Sebagai pemain di industri kerajinan kayu, live shopping merupakan tren baru maka kami juga awalnya masih belajar untuk berjualan dengan cara ini. Namun, dukungan serta manfaat yang Shopee berikan sangat terasa oleh kami,” ujar Giovanno saat ditemui di konferensi pers 9.9 Super Shopping Day bertajuk “Mengukir Cerita dari Keluarga”, Selasa (22/08/2022).
Terkait antarmuka Shopee Live, Giovanno mengaku tidak mengalami kesulitan saat menggunakannya. Sebaliknya, ia merasa fitur live shopping ini justru mudah digunakan dan efektif untuk menarik pengunjung.
“Efektivitas Shopee Live juga kami rasakan dengan tercatatnya peningkatan jumlah order melalui Shopee Live yang mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Kenaikan ini juga terjadi bersamaan dengan peningkatan gross merchandise volume (GMV) hingga delapan kali lipat,” lanjut Giovanno.
Terdapat sejumlah alasan yang membuat Giovanno memilih Shopee sebagai platform berjualan. Salah satunya, karena Shopee Live memiliki traffic yang lebih tinggi dibandingkan fitur live shopping di platform lain.
Hal ini juga dibuktikan oleh survei Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada Mei 2023. Menurut survei, sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai platform live shopping yang sering digunakan (brand used most often).
Survei tersebut juga mengungkapkan porsi pangsa pasar berdasarkan jumlah dan nilai transaksi tertinggi. Untuk indikator jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mengambil pangsa pasar tertinggi, yakni sebesar 56 persen.
Untuk indikator jumlah nilai transaksi (share of revenue), Shopee juga unggul dengan persentase sebesar 54 persen.
Tak hanya itu, riset tersebut juga mencatat bahwa bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live menjadi brand top of mind (TOM) alias merek yang pertama kali muncul di benak responden ketika membahas live shopping di Indonesia.
Angka tersebut kemudian disusul oleh TikTok Live dengan persentase 30 persen, LazLive dengan persentase 4 persen, dan Tokopedia Play dengan persentase 2 persen.
Masih mengutip dari hasil riset Populix, kategori home and living Shopee Live juga diketahui lebuh unggul dengan persentase 72 persen. Angka ini kemudian disusul oleh TikTok sebesar 42 persen, Tokopedia sebesar 20 persen, dan Lazada 15 persen.
Bagi kamu yang gemar berburu diskon, Shopee Live juga hadir dengan kampanye “Semua Diskon 50 persen” dan gratis ongkos kirim (ongkir). Dijamin, belanja jadi lebih hemat!
Chandrika Chika Belum Minta Maaf Usai Diduga Aniaya Yuliana Byun, Sang Ayah Datangi Korban
Penulis | : | Content Marketing ADV |
Editor | : | Sheila Respati |