Grid.ID – Kabar heboh kembali datang dari si raja konten, Baim Wong. Bukan karena video prank, Baim justru viral lantaran berhasil meraup omzet hingga Rp 600 juta dalam waktu 2 jam di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).
Kabar baik tersebut dibagikan Baim melalui sebuah postingan di Instagram @baimwong. Dalam captionnya, suami dari Paula Varhoeven ini mengaku kaget karena siaran live shopping perdana akun Shopee @Baim.wong berhasil ditonton dan produknya banyak dibeli.
“GILAAA! MAKASIH BOSQUEE!! Kalian bener-bener keren banget! TOTAL OMZET HAMPIR Rp 600 JUTA DALAM 2 JAM DOANG Di sesi SHopee Live perdana saya! Alhamdulillah… Thank You guys!,” tulis Baim.
Berdasarkan pantauan tim Grid, agenda Shopee Live Baim Wong ramai dikunjungi penonton lantaran ia membawa sejumlah promo menarik, mulai dari di Shopee Live Semua Diskon 50 persen hingga Gratis Ongkir Rp 0 selama sesi live berlangsung.
Pada kesempatan tersebut, Baim juga ikut menjual berbagai produk, seperti gadget, elektronik, hingga fesyen pria. Apalagi di tengah sesi live, Baim juga sempat melotarkan kalimat yang memicu antusiasme dan keinginan membeli para penonton.
“Ayo bosque, cepat tangkap diskonnya!,” ujar Baim.
Selain Baim, sejumlah selebritas lain juga pernah mencetak omzet puluhan hingga miliaran juta rupian saat melakukan live shopping di Shopee Live. Selebritas tersebut adalah Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Sarwendah, serta dr Richard Lee.
Ada banyak alasan yang memicu para selebritas untuk mengcoba peruntungan di Shopee Live. Salah satunya, karena Shopee memiliki banyak konsumen, serta Shopee Live menjadi platform yang banyak dikunjungi konsumen.
Hal ini juga dibuktikan oleh survei Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada Mei 2023. Menurut survei, sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai platform live shopping yang sering digunakan (brand used most often).
Survei tersebut juga mengungkapkan porsi pangsa pasar berdasarkan jumlah dan nilai transaksi tertinggi. Untuk indikator jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mengambil pangsa pasar tertinggi, yakni sebesar 56 persen.
Baca Juga: Sudah Akur dan Jadi Bestie, Baim Wong Langsung Berguru ke Nikita Mirzani Soal Hal Ini
Untuk indikator jumlah nilai transaksi (share of revenue), Shopee juga unggul dengan persentase sebesar 54 persen.
Tak hanya itu, riset tersebut juga mencatat bahwa bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live menjadi brand top of mind (TOM) alias merek yang pertama kali muncul di benak responden ketika membahas live shopping di Indonesia.
Angka tersebut kemudian disusul oleh TikTok Live dengan persentase 30 persen, LazLive dengan persentase 4 persen, dan Tokopedia Play dengan persentase 2 persen.
Masih mengutip dari hasil riset Populix, kategori home and living Shopee Live juga lebih unggul dengan persentase 72 persen. Angka ini kemudian disusul oleh TikTok sebesar 42 persen, Tokopedia sebesar 20 persen, dan Lazada 15 persen.
Bagi kamu yang gemar berburu diskon, Shopee Live juga hadir dengan kampanye “Semua Diskon 50 persen” dan gratis ongkos kirim (ongkir). Dijamin, belanja jadi lebih hemat!
(**CM/FAT)
Tangis Nunung Pecah saat Singgung Soal Kariernya di Dunia Hiburan, Sebut Perannya Kini Sudah Tergantikan
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |