Grid.ID -- Pada Jumat (8/9/2023), merek produk kecantikan YOU Beauty melakukan sesi live streaming di Shopee Live. Sesi yang dipandu oleh Aurel Hermansyah tersebut sukses membuahkan 15.000 order dalam waktu dua jam saja.
YOU Beauty pun meraih omzet ratusan juta dari sesi Shopee Live yang berlangsung pada pukul 18.00 hingga 20.00 WIB tersebut. Tingginya antusiasme pengguna platform tersebut tak lepas dari promo yang diberikan, seperti Gratis Ongkir Rp 0 dan Semua Diskon 50%.
Peran Aurel pun tak kalah penting. Selain sosoknya yang multitalenta, menyenangkan, dan ceria, ia juga lihai dalam memandu dan menghidupkan suasana selala sesi live. Jelas saja, Aurel memiliki banyak pengalaman di dunia hiburan sebagai penyanyi, aktris, dan konten kreator. Sekarang, Aurel menjadi pebisnis muda.
Istri youtuber Atta Halilintar tersebut sukses membantu YOU meraup karena pengetahuan dan ketertarikannya di terhadap produk-produk kecantikan. Ia kerap membuat konten tutorial make-up bersama para selebriti yang ditayangkan di kanal YouTube-nya.
Sambil live, Aurel memberikan review produk yang memuaskan kepada penonton live streaming YOU di Shopee Live. Dengan begitu, penontonnya pun semakin yakin untuk check out.
Baca Juga: Intip Penampilan Aurel, Atta, dan Ameena Saat Pemotretan Kompak Serba Ungu, Banjir Pujian!
Aurel melakukan review produk secara langsung berdasarkan permintaan penonton. Ia menyampaikan informasi diselingi kalimat-kalimat lucu yang jadi daya tarik tersendiri di sesi live streaming Shopee Live YOU.
Merek YOU yang tepercaya
YOU Beauty adalah merek kecantikan yang terkenal melalui berbagai produk seperti make-up, skincare, perawatan tubuh, hingga kosmetik. Merek ini sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia karena kualitasnya.
Produk skincare YOU mengusung konsep 1+1>2, yakni merawat kesehatan dan kecantikan kulit melalui perpaduan bahan-bahan alami dan teknologi terkini yang manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
Selain itu produk make-up YOU juga tahan lama, sesuai dengan slogannya, “Long-Lasting Beauty”. Meski demikian, harganya cukup terjangkau sehingga ramah bagi kantong para beauty enthusiast.
YOU sebenarnya sudah bergabung di Shopee sejak 2019. Namun, YOU tidak sekadar berjualan online, tatapi kerap memanfaatkan berbagai inovasi untuk meningkatkan penjualan, seperti live streaming.
Live streaming YOU x Aurel Hermansyah di Shopee Live tersebut juga semakin meriah jelang akhir sesi ketika banyak pembeli di kolom komentar yang mengaku membayar Rp 0 alias gratis ketika check-out produk YOU Brightening Facial Serum.
Ada pula voucher diskon yang bisa didapatkan langsung oleh followers baru YOU Beauty Official Store di Shopee selama sesi live streaming berlangsung.
Ada juga peluncuran perdana secara eksklusif produk YOU Cloud Kissed Complexion Set, yaitu bundle edisi terbatas yang terdiri dari Cloud Touch Blurring Skin Tint, Cloud Touch Correcting Concealer Palette, dan sebuah Mystery Box.
Selain dalam paket bundle, deretan kosmetik rilisan terbaru dari YOU itu bisa dibeli satuan. Ada liquid foundation Cloud Touch Blurring Skin Tint, lipstik Cloud Touch Fixing Lip Tint, dan Cloud Touch Correcting Concealer Palette yang ringan, melembabkan, serta memberikan efek flawless yang natural.
Didorong populernya Shopee Live
Menurut riset bertajuk "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia" yang dilakukan Populix pada Mei 2023, Shopee Live diungkapkan sebagai platform live shopping paling disukai masyarakat.
Sebanyak 69 persen responden Populix menyebut Shopee Live sebagai brand used most often(BUMO) atau brand fitur live shopping yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.Persentase tersebut mengungguli platform live shopping TikTok Live dengan 25 persen.
Riset tersebut juga mengungkap bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live adalah brand top of mind (TOM) alias merek yang paling diingat masyarakat Indonesia ketika berbicara soal live streaming shopping. Raihan inijuga melampaui pesaingnya, yaitu TikTok Live dengan 30 persen.
Masih di riset yang sama, Shopee Live juga menjadi market leader dengan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Sementara untuk kategori Pangsa Pasar Jumlah Transaksi (share of orders), Shopee Live berada di puncak dengan 56 persen, disusul TikTok Live 30 persen.
Sementara untuk Pangsa Pasar Nilai Transaksi (share of revenue) Shopee Live memimpin dengan 54 persen, melampaui TikTok Live dengan 31 persen.
Hasil riset Populix tersebut juga menunjukkan bahwa Shopee Live adalah fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan.
Pada kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden. Angka ini mengungguli pesaing terdekatnya TikTok Live dengan 44 persen. Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, unggul dari TikTok Live 51 persen.
Interaksi secara real-time antara penjual dan pembeli dan kolaborasi dengan selebritas ternama juga menjadi pendorong kepopuleran Shopee Live. Begitu pula dengan tawaran promo potongan harga yang sedang berlangsung, yaitu Shopee Live Semua Diskon 50%.
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |