Grid.ID -- Tanggal kembar 9.9 biasanya selalu dimeriahkan oleh e-commerce untuk memberikan serangkaian promo menarik bagi konsumen. Tak terkecuali, Shopee.
Melalui kampanye 9.9 Super Shopping Day yang mencapai puncaknya pada tanggal kembar tersebut, platform marketplace tersebut memberikan promo diskon 50 persen, gratis ongkos kirim (ongkir), serta kupon atau voucher belanja menarik.
Tak hanya itu, sejumlah acara menarik juga disajikan melalui fitur Shopee Live yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan seller secara real-time. Merangkum kemeriahan di Shopee Live sejak awal kampanye hingga puncaknya pada Sabtu (9/9/2023), Shopee menghadirkan live shopping spesial bertabur bintang.
Melalui akun toko masing-masing, Ruben Onsu, Sarwendah, Raffi Ahmad, dr. Richard Lee, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, Keanu Agl, serta konten kreator lainnya ikut serta menggelar sesi live shopping spesial. Ada yang memulai sesi dari jam 20.00 WIB, ada pula yang live hingga 24 jam nonstop.
Sesi bertabur bintang tersebut berhasil membuat Shopee Live memperoleh antusiasme penggunanya. Survei internal mencatat, jumlah penonton Shopee Live meningkat hingga tujuh kali lipat dan jumlah produk terjual meningkat 30 kali lipat pada puncak kampanye 9.9 dibanding hari biasa.
Sesi live shopping pada puncak kampanye ini, menawarkan berbagai kemeriahan, mulai dari hiburan, harga spesial dari mitra brand, interaksi dengan penggemar, hingga promo yang menguntungkan. Kemudian, ada pula program khusus Shopee Live Flash Sale Mobil Rp 9 Rb yang dipandu oleh Sarwendah pada puncak kampanye 9.9.
Selain berbagai hal yang telah disebutkan, faktor ketenaran dan kepiawaian para selebritas menjalin interaksi dengan pengguna juga menjadi pendorongnya. Sebut saja, Sarwendah, Ruben Onsu, dan Aurel Hermansyah yang memiliki gaya khas serta seru dalam berjualan melalui live shopping.
Celetukan-celetukan lucu, cara menjelaskan produk yang menghibur, hingga jawaban atas pertanyaan yang disampaikan secara menarik berhasil membuat pengguna merasa terlibat serta dekat dengan para selebritas.
Tak heran, ketiga selebritas tersebut menjadi Top Streamers pada kampanye 9.9 Super Shopping Day. Ketiganya pun berhasil memecahkan rekor baru pada puncak kampanye tersebut.
Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee Live mencatatkan rekor baru dengan sukses meraih omzet hingga 16 Miliar pada puncak kampanye.
Sebanyak 180.000 penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti acara Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza di Shopee Live yang dipandu oleh Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial. Fenomena ini belum pernah terjadi di platform streaming lainnya.
Sementara itu, Aurel Hermansyah melalui toko @TokoMamaNur berhasil menjual lebih dari 16.000 produk.
Ruben Onsu menyatakan keheranan akan keberhasilan sesi live shopping yang dipandunya. Ia mengatakan, tidak menyangka bahwa sesi live shopping akan berlangsung seru. Ia juga berterima kasih kepada para followers-nya dan pengguna Shopee yang telah meramaikan toko hingga beberapa produk terjual habis.
"Keren banget sih, dalam semalam kemarin meraih omzet hingga 16 Miliar dengan puluhan ribu produk terjual, ini di luar dugaan! Ngeliat promo dan diskon yang super besar, plus traffic yang tinggi, makin percaya diri nih buat meningkatkan terus performa toko @Ruben_Onsu di Shopee Live. Bagi pengguna yang belum kebagian, tunggu kejutan di sesi berikutnya!," kata Ruben melalui akun Instagramnya.
Sementara itu, sang istri, Sarwendah merayakan kebahagiaannya berhasil menggaet 180.000 penonton di satu waktu yang sama dan menjual Toyota Avanza dengan harga Rp 9.000 saja.
"Duh maaf sayangku, bunda seneng banget!!! Berkat kalian semua di puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day kemarin, sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti momen Flash Sale 9 ribu Mobil Toyota Avanza yang dipandu oleh aku di Shopee Live!!!180 ribu penonton secara bersamaan, di waktu yang sama Sayang sayangku~ makasih sekali lagi ya sobat shopee dan shopee live pastinya, kalian yang tersayang!," ujarnya bahagia di akun Instagramnya.
Tak hanya itu, ia juga mengajak lebih banyak orang untuk terus mengikuti Shopee Live karena ada diskon 50 persen yang membuat belanja melalui fitur tersebut paling murah.
Usai berhasil menjual Toyota Avanza dengan harga Rp 9.000 dalam flash sale, Sarwendah pun langsung melakukan panggilan video dengan pelanggan yang memenangkan persaingan untuk check out.
Sebagai informasi, mobil Toyota Avanza tipe 1.3 E M/T berhasil dibeli dengan harga Rp 9.000 oleh pengguna Shopee bernama Endang Nurdin asal Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Ia sangat bersyukur dan terharu dengan rezeki yang didapatkannya. Dalam video call dengan Sarwendah, ia menyampaikan kaget dan tidak percaya berhasil membeli mobil yang harga aslinya Rp 235 juta dengan harga Rp 9.000.
"Berasa mimpi sih kak, enggak nyangka bisa dapat," ujar Endang pada Sabtu ketika dihubungi Sarwendah.
Tak kalah meriah, sesi Aurel Hermansyah atau yang kerap disapa Mama Nur juga mencetak pencapaian baru pada sesi live di puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day kemarin.
Menariknya, beberapa barang di etalase Shopee Live Toko Mama Nur juga berhasil terjual dalam waktu yang sangat cepat. Tak heran, sebanyak 16.000 produk dari mitra brand terjual, mulai dari produk baju anak, kerudung dan aksesoris hijab, tas, parfum, kecantikan, pakaian dalam, hingga fashion pria, serta barang elektronik.
Toko Mama Nur di Shopee Live ternyata juga menjadi incaran pengguna. Dalam unggahan di Instagram, Aurel mengungkapkan kebahagiaannya.
"Lebih dari 16 RIBU PRODUK?!?! ALHAMDULILLAH TERIMA KASIH SOBAT SHOPEE!!!! Berkat kalian di puncak shopee 9.9 super shopping day kemarin sesi live streaming @tokomamanur di shopee live berhasil menjual lebih dari 16 ribu produk! Emang sobat shopee dan shopee live sih debest! Belanja terus di shopee live untuk dapetin diskon 50%nya! Shopee live, paling murah di shopee!," kata Aurel.
Didukung dengan tenarnya live shopping
Fitur live shopping kini tengah naik daun. Kehadiran fitur tersebut telah menciptakan ruang kolaborasi dan membawa dampak positif bagi para pengguna baik pembeli, penjual, maupun kreator dalam menciptakan proses jual beli yang lebih menguntungkan dan menyenangkan.
Pada ranah live shopping, Shopee Live juga memiliki keunggulan. Hal ini terlihat dalam hasil riset Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja online menggunakan fitur live streaming.
Riset tersebut menyimpulkan bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online karena 69 persen responden memilihnya. Sementara itu, pesaing terdekatnya, TikTok Live dipilih oleh 25 persen responden.
Menurut 60 persen responden, Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia. Sementara TikTok Live dipilih oleh 30 persen responden sebagai Top Of Mind Live Shopping.
Data Populix pun juga menunjukkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion dengan 79 persen responden memilih Shopee Live. Terdapat 44 persen responden yang menggunakan TikTok Live untuk belanja produk dari kategori tersebut.
Tak hanya itu, 66 persen responden memilih Shopee Live pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai. Sementara jumlah responden yang memilih TikTok Live ada 28 persen.
Tentunya akan masih banyak lagi sesi live seru bersama para artis papan atas lainnya. Terus nantikan dan jangan kelewatan promo semua diskon 50% di Shopee Live, Belanja Paling Murah dan Paling Lengkap di Shopee.
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |