Grid.ID – Batik merupakan pakaian tradisonal yang patut dibanggakan masyarakat Indonesia. Dengan motif yang unik dan sarat makna, batik berpeluang besar dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia.
Dalam rangka mendukung perkembangan batik di ranah global sekaligus meramaikan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, Shopee Indonesia bersama perancang busana ternama Didiet Maulana menggelar pameran bertajuk “Cerita Batik Masa Kini”.
Pameran tersebut dihadirkan untuk menggarisbawahi komitmen Shopee dalam mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk produsen dan perajin batik, yang telah berkontribusi dalam melestarikan budaya Nusantara.
Selain itu, pameran tersebut juga digelar untuk memberikan inspirasi penggunaan batik dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Harapannya, budaya mengenakan batik dapat terus dilestarikan.
Baca Juga: Potret Maudy Koesnaedi dan Sang Putra Eddy Meijer di Istana Berbatik 2023 Banjir Pujian Netizen!
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menjelaskan, Shopee memiliki komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM yang hadir untuk mendukung keberlanjutan UMKM di Tanah Air, termasuk para produsen dan perajin batik.
Untuk memperluas jangkauan pasar batik, misalnya, Shopee mengajak para pelaku UMKM batik untuk mendaftarkan diri di Program Ekspor Shopee. Program ini memungkinkan pelaku UMKM menjual produk batik di pasar Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.
Selain itu, ada juga inisiatif Bazaar Shopee Pilih Lokal yang menghadirkan berbagai penawaran menguntungkan sehingga menarik minat pembeli.
“Hadirnya Cerita Batik Masa Kini kami harapkan dapat memberikan potensi dan dampak positif bagi perkembangan para produsen batik lokal di Shopee hingga bisa menembus pasar mancanegara, serta menyusul lebih dari 20 juta produk UMKM yang telah berhasil diekspor melalui Program Ekspor Shopee,” kata Monica dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10/2023).
Baca Juga: Caca Tengker Tampil Memesona Kenakan Kebaya di Halte TransJakarta, Netizen: Cantik Banget!
Dalam kesempatan yang sama, Didiet Maulana menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Shopee dalam mendukung produsen batik lokal mendunia.
Sebagai pelaku industri mode di Indonesia, Didiet pun mengaku bangga melihat banyak perajin batik lokal yang terus berinovasi dan mengkreasikan batik hingga menjadi tren masa kini. Terlebih, jutaan produk batik di Shopee laris terjual sepanjang 2023.
Detik-detik Lolly Ketemu Nikita Mirzani usai Perang Dingin, Saling Pelukan dan Elus Punggung
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Yussy Maulia |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.