Grid.ID – Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung pada Sabtu (11/11/2023), berhasil membuat sejumlah brand dan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kebajiran order hingga tujuh kali lipat dari biasanya.
Kesuksesan tersebut diungkapkan oleh Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna. Menurutnya, kampanye ini berhasil membuat para konsumen lebih peduli terhadap produk-produk buatan lokal.
Sejalan dengan antusiasme para konsumen, Shopee 11.11 Big Sale juga sengaja dihadirkan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.
“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, sekaligus membantu brand lokal agar dapat diterima masyarakat luas,” ungkap Monica.
Menariknya, produk UMKM yang dibeli masyarakat Indonesia tidak selalu sama di setiap daerah.
Misalnya saja, di Sumatra. Produk minyak telon, popok bayi, dan kaus anak menjadi kategori produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli saat Shopee 11.11 Big Sale.
Sementara itu, konsumen di Pulau Jawa lebih banyak membeli produk dari kategori hand and body lotion, pelembap wajah, serta smartphone dari kategori elektronik.
Berbeda lagi dengan Bali. Konsumen di sana lebih banyak membeli produk kebaya Bali, kacamata hitam, dan sunscreen.
Beralih ke Pulau Kalimantan, para konsumen di area ini banyak membeli jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie.
Khusus di Sulawesi, masyarakat lebih banyak membeli produk kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan.
“Di Papua, masyarakat banyak membeli produk fesyen, seperti celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple,” ujarnya.
Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Brand Lokal dan UMKM Raih Jumlah Transaksi hingga 7 Kali Lipat
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.