Grid.ID – Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung pada Sabtu (11/11/2023), berhasil membuat sejumlah brand dan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kebajiran order hingga tujuh kali lipat dari biasanya.
Kesuksesan tersebut diungkapkan oleh Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna. Menurutnya, kampanye ini berhasil membuat para konsumen lebih peduli terhadap produk-produk buatan lokal.
Sejalan dengan antusiasme para konsumen, Shopee 11.11 Big Sale juga sengaja dihadirkan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.
“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, sekaligus membantu brand lokal agar dapat diterima masyarakat luas,” ungkap Monica.
Menariknya, produk UMKM yang dibeli masyarakat Indonesia tidak selalu sama di setiap daerah.
Misalnya saja, di Sumatra. Produk minyak telon, popok bayi, dan kaus anak menjadi kategori produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli saat Shopee 11.11 Big Sale.
Sementara itu, konsumen di Pulau Jawa lebih banyak membeli produk dari kategori hand and body lotion, pelembap wajah, serta smartphone dari kategori elektronik.
Berbeda lagi dengan Bali. Konsumen di sana lebih banyak membeli produk kebaya Bali, kacamata hitam, dan sunscreen.
Beralih ke Pulau Kalimantan, para konsumen di area ini banyak membeli jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie.
Khusus di Sulawesi, masyarakat lebih banyak membeli produk kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan.
“Di Papua, masyarakat banyak membeli produk fesyen, seperti celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple,” ujarnya.
Selain UMKM, brand lokal yang bernaung di kategori kecantikan, fesyen, dan gaya hidup juga mendulang cuan dari promo yang dihadirkan Shopee pada gelaran Shopee 11.11 Big Sale. Salah satu contohnya adalah brand Benang Jarum dan NAMA Beauty.
Berkat program promo ini, Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Keberhasilan ini diungkapkan langsung oleh Co-Founder Benang Jarum, Allyssa Hawadi.
Menurutnya, Benang Jarum tidak hanya berhasil mencetak transaksi, tetapi juga membuat konsumen lebih aware terhadap produk mereka.
“Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung pada 2020. Kami harap, Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami,” ujar Allysa.
Sementara brand milik Luna Maya, NAMA Beauty, berhasil mendapat order hingga lebih dari 64 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Bahkan, produk Nama Beauty x Mami Louisee yang terdiri dari bundle toner, menjadi salah satu produk best-selling lokal di 11.11 kali ini.
Peningkatan transaksi belanja ini juga dirasakan para pemilik brand dan UMKM berkat adanya fitur Shopee Live dan Shopee Affiliate Program.
Shopee Live yang hadir dengan fitur interaktif ini berhasil mendongkrak penjualan hingga enam kali lipat, sementara Shopee Affiliate Progam mencetak peningkatan penjualan hingga sembilan kali lipat.
Baca Juga: Meriahkan Shopee 11.11 Big Sale, Erigo Luncurkan Koleksi Kolaborasi dengan JKT48
Program Ekspor Shopee
Selain penjualan dalam negeri, Shopee juga berhasil mendongkrak pesanan brand lokal dan UMKM yang tergabung dalam Program Ekspor Shopee.
Monica menyebut, pesanan ekspor pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale mencapai lebih dari empat kali lipat.
“Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis,” ujarnya.
Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.
Kedua kampus ini mengajarkan materi tentang bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, serta mengoptimalkan platform e-commerce Shopee kepada para UMKM.
“Kami harap melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju,” lanjut Monica.
Detik-detik Lolly Ketemu Nikita Mirzani usai Perang Dingin, Saling Pelukan dan Elus Punggung
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Sheila Respati |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.