Grid.ID – Kampanye Shopee 11.11 Big Sale resmi berakhir. Festival belanja online ini tak hanya menjadi momen untuk berburu promo akhir tahun, tetapi juga ajang unjuk semangat para penjual dari berbagai daerah di Indonesia dalam menghadirkan produk-produk terbaiknya.
Dukungan konsumen Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kualitas produk-produk dalam negeri juga terasa di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale.
Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pembelian produk lokal yang dijual oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di Shopee.
Menariknya, data internal Shopee menunjukkan bahwa masyarakat dari berbagai di daerah di Indonesia punya kebutuhan yang beragam. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan tren produk yang paling laris di setiap pulau.
Baca Juga: Shopee 11.11 Big Sale Bantu Brand dan UMKM Lokal Tingkatkan Transaksi Ekspor hingga 4 Kali Lipat!
Simak penjelasannya!
1. Sumatra
Di Sumatra, produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi yang paling banyak dibeli pada puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Adapun produk-produk yang paling laris adalah minyak telon, popok bayi, dan kaos anak.
2. Jawa
Di pulau yang jumlah penduduknya paling banyak ini, produk perawatan tubuh seperti hand body lotion dan pelembap wajah dari brand lokal menjadi incaran para pembeli.
Tren tersebut tampaknya dipengaruhi oleh meningkatnya popularitas brand lokal yang semakin tak diragukan lagi kualitas produknya.
Selain produk perawatan tubuh, kategori produk lain yang menjadi favorit konsumen Pulau Jawa di Shopee 11.11 Big Sale adalah smartphone.
Baca Juga: Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Brand Lokal dan UMKM Raih Jumlah Transaksi hingga 7 Kali Lipat
3. Bali
Sesuai dengan identitasnya sebagai surganya wisata pantai di Indonesia, kategori produk yang menjadi favorit masyarakat di Pulau Bali adalah travel.
Adapun tiga produk yang paling banyak dibeli adalah kebaya bali, kacamata hitam, dan sunscreen. Tren ini menunjukkan bahwa Bali masih akan terus diramaikan oleh para wisatawan, terutama menuju akhir tahun!
4. Kalimantan
Berbeda dengan Bali, konsumen Shopee di Pulau Kalimantan tampaknya sedang mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.
Pasalnya, produk seperti jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie, menjadi tren produk paling laris di Kalimantan selama gelaran Shopee 11.11 Big Sale.
5. Sulawesi
Produk-produk dari kategori rumah tangga menjadi kebutuhan utama di Pulau Sulawesi. Pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale, produk-produk seperti kipas angin, lampu neon, panci, dan wajan menjadi yang paling banyak di-checkout.
6. Papua
Tren produk favorit di Papua tak kalah menarik. Setidaknya, ada empat produk yang paling banyak dibeli di Shopee, yaitu celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple.
Tren itu menunjukkan bahwa masyarakat di Papua ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fashion dan aksesoris menjadi incaran warga di sana.
Menciptakan peluang baru bagi pelaku UMKM
Untuk diketahui, kampanye 11.11 Big Sale mencatat adanya peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat di Shopee dibandingkan hari biasa.
Peningkatan transaksi tersebut menunjukkan bahwa kampanye belanja seperti Shopee 11.11 Big Sale sukses menciptakan peluang baru bagi brand lokal maupun pelaku UMKM.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, Shopee 11.11 Big Sale memang dihadirkan untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.
“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, serta membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas,” kata Monica melalui keterangan resmi yang diterima Grid.ID, Kamis (16/11/2023).
Baca Juga: Meriahkan Shopee 11.11 Big Sale, Erigo Luncurkan Koleksi Kolaborasi dengan JKT48
Selain memperkuat potensi bisnis brand lokal melalui kampanye belanja, Monica mengatakan pihaknya juga terus menghadirkan beragam program inisiatif. Salah satunya, program Ekspor Shopee yang dapat menjadi strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri.
“Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee, di mana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale,” kata Monica.
Menjelang akhir tahun, Monica pun mengajak masyarakat untuk terus memanfaatkan beragam penawaran menarik saat berbelanja di aplikasi Shopee. Tak ketinggalan, gunakan ShopeePay untuk mendapatkan pengalaman belanja yang lebih praktis dan mudah.
Kimberly Ryder Klarifikasi soal Lemari Plastik yang Jadi Omongan Netizen, Ada Sejarah Miris di Baliknya
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |