Grid.ID – Tingginya aktivitas berbelanja online di internet umumnya didasari oleh beragam alasan, mulai dari mencari barang untuk kebutuhan sehari-hari, mencari kado atau hadiah untuk keluarga dan rekan, hingga mewujudkan wishlist untuk diri sendiri.
Selain alasan di atas, kebiasaan berbelanja online juga ikut dipicu oleh banyaknya promo yang ditawarkan e-commerce, salah satunya Shopee.
Menyambut Natal dan tahun baru, Shopee menghadirkan promo tematik bertajuk “Shopee 12.12 Birthday Sale”. Promo yang ditawarkan mencakup Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, lima promo tersebut berhasil mendongkrak aktivitas belanja tertinggi konsumen pada perayaan Shopee 12.12 Birthday Sale.
Kateogri produk yang banyak diburu konsumen diantaranya adalah kategori fesyen dengan kenaikan transaksi enam kali lipat dan kategori kecantikan dengan kenaikan lebih dari delapan kali lipat pada puncak kampanye.
“Kategori fesyen dan kecantikan konsisten menempati podium teratas sebagai produk paling dicari, terutama produk yang berasal dari brand lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” ungkap Monica.
Khusus untuk produk fesyen, celana jeans, jam tangan, dan kemeja menjadi produk yang banyak dicari konsumen. Sementara di kategori kecantikan, produk kecantikan lokal seperti parfum, lip cream dan moisturizer juga banyak diburu.
Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale Catat Kenaikan Transaksi untuk Produk Brand Lokal dan UMKM
Kategori lain yang juga ikut menarik perhatian konsumen adalah set hadiah dan hampers. Pembelian kedua produk ini juga ikut mendorong kenaikan transaksi produk kartu ucapan dan kertas kado milik brand lokal maupun UMKM.
“Tidak hanya sekadar ajang perayaan pertambahan usia, momentum spesial ini juga kami hadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, serta para penjual yang berasal dari brand lokal dan UMKM,” tambah Monica.
Seiring dengan meroketnya jumlah transaksi, tim Shopee juga ikut memantau kondisi penjualan brand lokal dan UMKM.
Berkat dukungan untuk memperkuat potensi brand lokal dan UMKM, puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, berhasil menciptakan peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
“Shopee sangat berterima kasih akan kontribusi dan kolaborasi positif yang telah diciptakan oleh seluruh ekosistem selama tahun 2023. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi Shopee untuk senantiasa menghadirkan peluang, dukungan, dan inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Monica.
Untuk menikmati lebih banyak promo dari Shopee, segera unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store. Jangan lupa untuk mengaktifkan ShopeePay untuk mendapat pengalaman belanja lebih nyaman dan praktis.
Penulis | : | Sheila Respati |
Editor | : | Sheila Respati |