Grid.ID – Memanfaatkan peluang dan memahami target pasar merupakan dua kunci untuk mengembangkan bisnis dengan optimal.
Itulah prinsip yang dipegang oleh Diana (37), pendiri sekaligus pemilik brand sepatu lokal bernama Dushishoes.
Belum lama ini, Dushishoes menerima penghargaan Shopee Super Awards 2023 untuk kategori Super Growing Export UMKM. Prestasi ini diraih berkat keseriusan Diana dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) miliknya.
Sebelum mendirikan Dushishoes, Diana merupakan penjual bahan sepatu. Oleh sebab itu, ia paham betul jenis bahan yang cocok untuk digunakan pada setiap model sepatu.
Baca Juga: 33 UMKM hingga Kreator Lokal Terima Penghargaan Shopee Super Awards 2023
Kemudian, model sepatu berbahan plastik PVC menjadi tren di kalangan masyarakat. Diana memanfaatkan tren itu untuk mulai memproduksi dan menjual sepatu buatannya sendiri.
Seluruh produk sandal dan sepatu wanita yang dijual oleh Dusishoes dibuat dari bahan PVC berkualitas, tetapi harga jualnya terjangkau.
Pengetahuan Diana dalam memilih dan mengolah bahan baku menjadi modal untuk memastikan setiap produk sepatu buatannya memiliki kualitas yang baik.
“Kalau inspirasi model sepatu, saya dapatkan dari berbagai sumber, seperti melalui eksplorasi di platform Pinterest, lihat-lihat katalog sepatu, dan kerja sama dengan produsen sandal lokal,” cerita Diana.
Baca Juga: Riset INDEF: Shopee Paling Banyak Dipilih dan Digunakan oleh Pelaku UMKM
Menurut Diana, mencari inspirasi dari berbagai sumber efektif membantu Dushishoes untuk tetap up-to-date dengan tren fesyen sepatu terkini. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi pelanggan.
Berbekal keinginan untuk memperluas sayap bisnisnya, perempuan asal Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tersebut kemudian berinisiatif untuk mulai berjualan melalui Shopee pada 2019.
“Tahun 2019, saya melihat platform e-commerce lagi naik daun dan cukup tinggi peminatnya, terutama Shopee. Saya pun berpikir, siapa tau saya bisa mengembangkan bisnis online di Shopee. Apalagi, Shopee market-nya luas sekali, bisa sampai luar negeri,” tutur Diana.
Untuk mempromosikan produknya, Diana memanfaatkan fitur iklan di Shopee. Fitur iklan tersebut berhasil meningkatkan trafik Dushishoes. Bahkan, jangkauan pelanggannya pun semakin luas.
Baca Juga: Pejuang Jerawat Merapat, ERHA Bakal Luncurkan Acneact Trial Kit Eksklusif di Shopee Finest
“Jumlah pesanan harian di Shopee yang awalnya hanya satu sampai dua pesanan, meningkat secara konsisten. Bahkan bisa mencapai lebih dari 200 pesanan per hari,” ungkapnya.
Sebagai pelaku UMKM yang ingin terus belajar dan berinovasi, Diana juga mengikuti Program Ekspor Shopee untuk menjangkau pasar global.
“Tidak hanya di dalam negeri, saat ini produk Dushishoes sudah memiliki pelanggan di Singapura dan Malaysia berkat Program Ekspor Shopee,” ujar Diana.
Konsistensi dalam memberikan kualitas terbaik, serta keberhasilan meraih pangsa pasar ekspor, membuat Dushishoes dianugerahi penghargaan Shopee Super Awards 2023 untuk kategori Super Growing Export UMKM.
“Suatu kebanggaan dan pencapaian yang luar biasa bagi saya bisa terpilih menjadi penerima penghargaan Shopee Super Awards 2023. Di tengah kompetisi bisnis sepatu wanita yang semakin ketat, Dushishoes berusaha semaksimal mungkin untuk menawarkan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif,” ujar Diana.
Shopee Super Awards 2023 merupakan ajang penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM dan figur publik yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama Shopee sepanjang 2023.
Menghadirkan 33 kategori penghargaan bagi pelaku UMKM lokal hingga kreator Tanah Air, Shopee Super Awards 2023 diseleggarakan mengapresiasi dan menginspirasi seluruh pihak yang berada dalam ekosistem Shopee untuk bisa berkembang bersama.
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |