Grid.ID – Sepatu kini bukan lagi sekadar alas kaki. Bagi banyak orang, khususnya perempuan, sepatu menjadi salah satu aksesori pelengkap untuk menunjang penampilan.
Pemikiran yang sama juga terlintas di benak pendiri brand sepatu lokal VAIA, Affania Fariza Balqis.
Sebagai seorang perempuan, ia memahami bahwa banyak perempuan membutuhkan sepatu dengan desain trendi dan stylish, tetapi tetap nyaman untuk dikenakan.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Affania mendirikan VAIA pada 2017.
Tekad membangun merek sepatu ini semakin bulat kala melihat kondisi pasar yang didominasi oleh produk impor dengan harga tinggi dan kurangnya pilihan desain yang trendi dan cocok untuk gaya hidup perempuan Indonesia.
“Bagi aku sepasang sepatu tidak hanya dapat mengantarkan ke tempat tertentu, tetapi juga menjadi salah satu penopang dalam setiap kegiatan. Akhirnya VAIA pun dilahirkan untuk menemani seluruh individu dalam menjalankan perannya masing-masing di berbagai momentum,” ungkap Affania.
Baca Juga: Makin Untung, Shopee Live Tawarkan Diskon hingga 80 Persen Dua Kali Sehari!
Kehadiran VAIA tidak nyatanya membawa dampak positif. Tidak hanya digemari konsumen, Affania juga berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi para pengrajin.
Berawal dari dua orang pekerja di balik tim produksi, saat ini VAIA berhasil membangun fabrikasi sendiri dengan menggunakan beberapa bahan baku yang 100 persen di produksi di Indonesia.
“Bahan baku sepatu seluruhnya diproduksi dalam negeri. Saat ini, VAIA juga telah mempekerjakan sekitar 60 pekerja,” ujarnya.
Untuk mempromosikan sepatu buatannya, Affania mengaku bahwa dirinya mengandalkan platform e-commerce seperti Shopee sebagai tempat promosi dan berjualan.
“Pada akhir 2020, kami bergabung menjadi seller di Shopee. Setelah 2-3 bulan bergabung, kami berhasil mendongkrak angka penjualan hingga 80 persen,” ungkap Affania.
Bagi Affania, bergabung di Shopee merupakan langkah yang tepat untuk mendorong brand awareness dan penjualan.
Apalagi, Shopee memiliki fitur penjualan yang komplet, mulai dari bundling, Shopee Live, Shopee Ads, affiliate, hingga gratis ongkos kirim (ongkir). menjadi beberapa dari banyak aspek yang membantu perkembangan bisnis VAIA hingga saat ini.
“Senang sekali VAIA dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang. Poin ini juga menjadi pilar dalam menjaga keberlangsungan bisnis,” tambah Affania.
Agar bisa terus bersaing di industri bisnis digital, VAIA selalu berupaya untuk memberikan pengalaman belanja yang baru bagi konsumen mereka.
Inisiatif tersebut diwujudkan Affania melalui sesi live streaming di Shopee Live dan mengaktifkan fitur Garansi Bebas Pengembalian.
“Live streaming memudahkan kami untuk berinteraksi dengan konsumen. Sementara itu, Garansi Bebas Pengembalian diaktifkan agar konsumen semakin yakin untuk berbelanja online,” jelasnya.
Selama kurang lebih 2 bulan ini bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian, Affania menyebut, belum ada pembeli yang melakukan pengembalian produk dengan alasan tidak puas atau barang berbeda dengan foto.
“Kami memberikan data seperti foto dan keterangan yang jelas sesuai dengan fisik produk, sehingga meminimalisir risiko pengembalian. Ke depan, aku harap program ini juga bisa membantu kami dalam merangkul konsumen VAIA,” tutur Affania.
Menyambut momen Ramadhan di Maret 2024, VAIA tengah mempersiapkan tiga koleksi sepatu edisi ‘RAYA’. Affania menyebut, ketiga koleksi spesial tersebut akan diperkenalkan pada Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang akan berlangsung hingga 3 Maret 2024.
Tidak hanya itu, spesial di kampanye 3.3 Grand Fashion Sale, VAIA juga menyiapkan rangkaian keseruan dan penawaran menarik yang terdiri dari promo Kombo Hemat, Diskon hingga 25 persen, dan restock produk-produk terlaris dalam jumlah terbatas.
Baca Juga: Berubah Pikiran atau Barang Tidak Sesuai Pesanan? Tenang, Shopee Tawarkan Garansi Bebas Pengembalian
“Pada puncak kampanye yang berlangsung tanggal 3 Maret nanti, konsumen juga dapat menikmati Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko, Dijamin Diskon 50 persen, dan Checkout Fashion Gratis,” pungkasnya.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye 3.3 Grand Fashion Sale, kunjungi https://shopee.co.id/3-3-peakday.
Talitha Curtis Bongkar Kelakuan Ibu Angkat, Pernah Sodorin Dirinya ke Om-om di Usia 13 Tahun Demi Hal Ini
Penulis | : | Content Marketing ADV |
Editor | : | Sheila Respati |