Grid.ID -- Shopee belum lama ini merilis fitur terbarunya, yakni Garansi Bebas Pengembalian. Fitur baru ini memungkinkan pembeli mengembalikan barang yang dibeli dengan alasan berubah pikiran. Meski demikian, ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pengembalian barang. Pembeli juga harus memperhatikan apakah barang memiliki label “Bebas Pengembalian” di etalase toko.
Fitur ini telah membantu meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam berbelanja online di Shopee. Di sisi penjual, ada yang menanggapinya dengan antusias karena dapan menarik hati pembeli dan meningkatkan loyalitas mereka. Namun, ada pula yang merasa takut merugi dengan adanya fitur ini. Pro kontra terlihat dari komentar para penjual di media sosial.
Misalnya, penjual dengan akun @j*******n yang mendukung kehadiran Garansi Bebas Pengembalian di Shopee karena dinilai bisa meningkatkan kepuasan pembeli.
“Saya mendukung kebijakan baru ini karena memang sudah seharusnya diterapkan untuk kepuasan pembeli,” ujarnya.
Penjual lainnya turut menyampaikan pendapat serupa bahwa program terbaru Shopee ini bisa meningkatkan loyalitas pembeli.
“Saya menilai bahwa fitur ini baik untuk menjaga loyalitas user terhadap shopee, dan saya tidak khawatir selama SOP berjalan sesuai dengan standard dan tidak merugikan seller,” ujar penjual dengan akun @c***********s.
Ada pula penjual yang menilai program Garansi Bebas Pengembalian bisa menjadi tantangan untuknya agar bisa meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pembeli. Ia mengatakan, agar produk tidak dikembalikan ia merasa harus memperbaiki tampilan foto produk agar benar-benar sesuai dengan aslinya.
"Terkait program bebas pengembalian, saya merasa bahwa program ini pun baik, menjadi tantangan juga kepada saya untuk menampilkan foto produk yang sesuai dengan produk aslinya agar buyer tidak request pengembalian," komentar s******************p.
Penjual yang takut merugi karena program Garansi Bebas Pengembalian lebih banyak memiliki kekhawatiran mengenai biaya tambahan yang dikenakan untuk pengembalian barang atau dana. Selain itu, ada juga yang waswas pembeli melakukan kecurangan dalam pengembalian barang.
Akun penjual @h******o yang mengungkapkan pendapatnya tentang biaya ongkir pengembalian barang atau dana dari pembeli dengan alasan “Berubah Pikiran”.
“Barang sudah sesuai kami kirim, pembeli ajukan pengembalian tapa alasan jelas, di terima begitu saja oleh shopee, ongkir pengembalian masa nanti ditanggung seller,, buset rugi banget aseli kacauuu!!!” ujarnya.
Selain itu, akun @r***********a juga menuturkan pendapat yang sama terhadap program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini.
Penulis | : | Sheila Respati |
Editor | : | Sheila Respati |