Laporan wartawan Grid.ID, Devi Agustiana
Grid.ID - Tokopedia konsisten mendukung perempuan untuk lebih berdaya dan inspiratif.
Menjelang Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2024, Tokopedia menggelar konferensi pers untuk membagikan kisah inspiratif dari para perempuan pelaku usaha brand lokal.
Digelar secara virtual, Tokopedia mengajak dan membagikan kisah sukses para perempuan dalam membangun brand lokalnya, yaitu Mambucha, M231, dan Kumala Home and Kitchen.
1. Mambucha
Anita Hartono, founder Mambucha bercerita bahwa usaha lokal yang kini dijalaninya berawal dari pengalaman pribadi.
Ia pernah mengalami masalah pencernaan, bahkan menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.
Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul saat Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha.
Bahkan, hal itu bisa menjadi solusi bagi masalah pencernaannya.
“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” kata Anita dalam konferensi pers, Rabu (6/3/2024).
Baca Juga: Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Produk Otomotif Sepanjang 2023, Tiga Jenis Mobil Ini Laris Manis
Selain itu, Anita juga rutin memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi tentang kombucha dalam kesehatan.
Hari Perempuan Internasional 2024, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha Lokal
Penulis | : | Devi Agustiana |
Editor | : | Silmi |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.