Grid.ID – ASEAN Football Federation (AFF) mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelar kompetisi sepak bola se-Asia Tenggara dengan nama Shopee Cup™ pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025.
Nama Shopee Cup™dipilih lantaran AFF telah menjalin kerja sama dengan platform e-commerce Shopee melalui mitra komersial ekslusif AFF bernama SPORTFIVE.
Turnamen ini akan dimainkan oleh 14 klub ternama di kawasan ASEAN melalui 40 pertandingan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-off dan fase grup.
Kompetisi ini akan melibatkan klub-klub sepak bola dari beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar.
Dalam kompetisi ini, klub-klub dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam akan diwakili oleh dua tim dari masing-masing negara, sementara Filipina dan Singapura akan diwakili oleh satu tim dari masing-masing negara.
Sementara itu, klub-klub dari Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing dalam babak kualifikasi play-off untuk merebut dua tempat di Fase Grup turnamen.
Setelah babak kualifikasi, 12 klub yang lolos akan diundi ke dalam dua grup untuk fase grup dengan Undian Resmi. Selama fase grup, akan ada total 30 pertandingan yang akan dimainkan dalam sistem kandang atau tandang selama lima hari pertandingan.
Setelah fase grup, dua tim dengan peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup akan lolos ke semifinal. Semifinal dan final akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.
President of AFF Khiev Sameth mengatakan, kolaborasi AFF bersama Shopee melalui Shopee Cup™ diharapkan dapat menciptakan masa depan baru yang cerah bagi klub sepak bola yang ada di ASEAN.
“Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia. Bersama Shopee, kami akan membuat sejarah dengan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” ujar Sameth.
Antusiasme yang sama juga disampaikan oleh Chief Commercial Officer Shopee Zhou Jun-jie. Sebagai sponsor utama dari Shopee Cup™, agenda perdana ini diharapkan mampu menjadi jembatan untuk memperluas jangkauan Shopee sekaligus menghibur para konsumen mereka.
Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara. Kami berharap, kerja sama ini dapat menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna,” ujar Zhou.
Kimberly Ryder Klarifikasi soal Lemari Plastik yang Jadi Omongan Netizen, Ada Sejarah Miris di Baliknya
Penulis | : | Content Marketing ADV |
Editor | : | Sheila Respati |