Grid.ID – Persaingan industri sepatu di Tanah Air semakin kompetitif. Hal ini membuat para pelaku usaha di industri ini harus mampu menyusun strategi bisnis yang efektif agar bisa bersaing.
Salah satu brand lokal sepatu yang sukses bertahan di tengah persaingan bisnis adalah Dushishoes. Brand asal Bogor ini memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee Live untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Owner Dushishoes Diana bercerita, ia memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu. Kemudian, saat awal pandemi Covid-19 melanda, permintaan bahan menurun secara signifikan.
“Namun, dibanding harus menyerah, saya mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu sandal buatan sendiri. Saya pun mencoba beradaptasi dengan sistem penjualan online melalui platform e-commerce, seperti Shopee dan Shopee Live,” kata Diana dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024).
Baca Juga: Cerita Aaliyah Massaid, Luxcrime & Careso Temukan Inspirasi untuk Wujudkan Mimpi Bersama Shopee
Sejak mengembangkan bisnis sepatu melalui brand Dushishoes, Diana pun fokus memasuki pasar ritel online, khususnya di platform Shopee.
“Berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan menjadi kunci kami untuk berkembang. Utamanya, sejak Shopee Live pertama kali diperkenalkan, kami melihat ini sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital,” lanjut Diana.
Antusiasme pengguna Shopee Live terhadap produk Dushishoes pun berhasil membuat bisnis Diana berkembang pesat. Bahkan, per Mei 2024, toko Dushishoes mencatatkan peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali live stream di Shopee Live.
Menurut Diana, Shopee Live efektif membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Dushishoes. Pasalnya, platform tersebut memberikan ruang bagi pihaknya untuk berinteraksi lebih dekat dan personal dengan pembeli.
“Selain itu, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan, melihat kualitas dan detail produk, mulai dari bentuk hingga ukuran, serta menyaksikan secara langsung saat (produk) dikenakan oleh para host, sehingga mereka lebih yakin untuk membeli produk kami,” jelas Diana.
Baca Juga: Riset IPSOS: Shopee Duduki Posisi Teratas dalam Penuhi Indikator Kepuasan Pelanggan
Strategi mengembangkan bisnis melalui Shopee Live
Selama kuartal I 2024, lebih dari 34 persen transaksi Dushishoes di Shopee didapatkan dari sesi live di Shopee Live.
Sebagai informasi, brand ini rutin mengadakan sesi livestream di Shopee Live setiap hari, mulai dari jam 08.00 hingga 20.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk membangun kedekatan dengan calon pelanggan maupun pembeli setia Dushishoes.
“Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan,” ujar Diana.
Selain itu, Dushishoes juga memanfaatkan platform Shopee Video untuk menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik. Beberapa jenis konten yang disajikan adalah rekomendasi outfit dengan Dushishoes, informasi produk terbaru, dan tips kombinasi warna sepatu yang sesuai.
“Menariknya, lewat konten video di Shopee Video, kami berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko Dushishoes secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya,” tambah Diana.
Baca Juga: Shopee Live Dukung UMKM dan Brand Lokal Tingkatkan Penjualan di Semester Pertama 2024
Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang ditawarkan Shopee, seperti gratis ongkos kirim (ongkir), cashback, serta berpartisipasi dalam kampanye tanggal kembar atau kampanye spesial lainnya.
Berkat strategi-strategi yang diterapkan, Dushishoes juga berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 untuk kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk mereka yang berhasil menembus pasar internasional.
Satu hal yang penting, kata Diana, kualitas produk juga menjadi fokus utama Dushishoes untuk mengembangkan bisnisnya.
Melalui konsep home industry, seluruh bahan baku dan tenaga perajin semuanya berasal dari dalam negeri. Hal ini sesuai komitmen Dushishoes untuk menjadi brand lokal sepatu yang berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.
“Proses produksi kami dilakukan dengan sangat teliti, mulai dari tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal,” cerita Diana.
Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes juga menyediakan koleksi sepatu dengan model yang beragam. Tiga model yang paling laris di Shopee adalah DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels,
“Bagi kami, setiap tantangan besar dapat diubah menjadi peluang kesuksesan melalui kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat. Bersama Shopee dan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live atau Shopee Video, telah membuka jalan kami yang baru. Dengan kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif baik bisnis dan lingkungan sekitar,” kata Diana.
Jangan sampai terlewat untuk menikmati beragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fesyen lokal favoritmu di Shopee. Yuk, unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay untuk memudahkan pembayaran!
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |