Grid.ID - YouTube dengan bangga meluncurkan Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia, menggandeng Shopee sebagai mitra perdana.
Melalui YouTube Shopping, kreator kini bisa mendapatkan komisi saat mereka merekomendasikan produk dalam video, memudahkan penonton menemukan dan membeli produk yang mereka minati.
Dengan hadirnya program ini, juga memungkinkan kreator untuk menambah sumber penghasilan mereka di YouTube, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi jutaan penonton di seluruh negeri.
YouTube Shopping akan diluncurkan untuk pertama kalinya di Asia Tenggara, dimulai dari Indonesia hari ini, diikuti oleh Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu mendatang.
Kreator yang memenuhi syarat kini dapat mendaftar untuk bergabung dengan Program Afiliasi YouTube Shopping, yang memungkinkan mereka untuk menandai produk yang dijual di Shopee dalam konten mereka.
"YouTube telah menjadi wadah unik yang menghubungkan penonton, brand, dan kreator, serta menawarkan sumber inspirasi tanpa batas."
"Program Afiliasi YouTube Shopping semakin mempererat hubungan ini, memberikan kreator cara baru untuk mendapatkan penghasilan dan memberikan nilai tambah bagi komunitasnya."
"YouTube Shopping memudahkan penggemar berbelanja rekomendasi dari kreator favorit, sekaligus memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten terpercaya untuk mempromosikan produk mereka."
"Kami sangat antusias untuk membawanya ke Indonesia, dengan memulai kemitraan dengan Shopee, setelah suksesnya peluncuran ini di Amerika Serikat dan Korea, dan kami yakin kreator Indonesia akan menggunakan fitur ini dengan kreatif dalam konten belanja mereka, dan kami berharap dapat melihat dampak positifnya bagi komunitas kreator dan ekosistem belanja online di Indonesia,” kata Travis Katz, General Manager dan Vice President Shopping, YouTube.
Baca Juga: Tayangan YouTube Jurnal Risa Diangkat ke Layar Lebar, Banyak yang Tak Kasat Mata Ikutan Syuting
YouTube Shopping: Masa Depan Belanja Online di Indonesia
YouTube berada dalam posisi unik untuk mendukung pertumbuhan ini, karena bukan hanya platform hiburan dan informasi, tetapi juga tujuan yang kuat untuk mendapatkan inspirasi belanja.
Pada tahun 2023 saja, orang-orang di seluruh dunia menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait belanja di YouTube, menunjukkan kepercayaan mereka pada rekomendasi kreator dan keinginan mereka akan ulasan serta demonstrasi produk yang otentik.
Di Indonesia, tren ini semakin terbukti melalui survei Kantar, yang mengungkapkan bahwa 96% pengguna meluangkan waktu ekstra untuk menonton video online guna mencari informasi tentang produk sebelum membeli, dan YouTube memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan mereka terhadap kepastian dalam mengambil keputusan pembelian.
Kreator yang memenuhi persyaratan kelayakan dapat bergabung dengan program ini dengan menyelesaikan proses pendaftaran sederhana, yang akan memberi mereka akses untuk menandai produk dari usaha kecil dan menengah serta usaha mikro yang dijual di Shopee dalam konten mereka.
YouTube berencana untuk mengundang lebih banyak mitra e-commerce ke program afiliasi ini di masa mendatang untuk memperluas opsi produk yang dapat ditandai bagi para kreator dan mendukung lebih banyak brand dari berbagai ukuran untuk memperkenalkan produk mereka.
"Kami telah menyaksikan bagaimana para kreator di Indonesia menemukan dan terhubung dengan audiens mereka, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, dan kami berharap dapat semakin memberdayakan komunitas kreator dengan peluang dan pilihan monetisasi yang lebih beragam ini, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia."
"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan."
"Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di platform kami, serta terus berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia," ujar Ajay Vidyasagar, Direktur Regional APAC, YouTube.
YouTube akan bermitra dengan Shopee untuk meluncurkan program afiliasi YouTube Shopping di Indonesia.
Shopee telah melayani Penjual dan Pembeli di Indonesia, dan menurut Campaign 360, bukan hanya menjadi brand yang paling dicintai tetapi juga menawarkan pengalaman berbelanja terbaik.
Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberdayakan kreator dan UMKM, serta meningkatkan pengalaman berbelanja di YouTube.
"Shopee senang dapat bekerja sama dengan YouTube dalam program inovatif yang membantu Penjual di platform kami untuk bisa terhubung dengan lebih banyak calon Pembeli melalui konten menarik yang diciptakan oleh para kreator YouTube."
"Kami juga sudah melihat bagaimana konten menarik bisa membantu meningkatkan Penjualan UMKM dan brand lokal di platform kami, melalui fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video."
"Kami yakin bahwa kerja sama dengan YouTube akan mendukung penjual; termasuk produk lokal dan UMKM di platform kami untuk bisa lebih bertumbuh," jelas Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Drakor Lee Dong Wook Selain 'Goblin', Pantas Disebut Aktor Spesialis Bromance
Nikmati kemudahan membeli produk yang direkomendasikan oleh kreator favorit Anda langsung dari video, Shorts, atau live stream
Dengan YouTube Shopping, penonton dapat dengan mudah mulai berbelanja sambil menonton konten dari kreator favorit mereka.
Anda dapat melihat daftar lengkap produk yang ditandai dan informasi tentang setiap produk secara sekilas di bagian deskripsi dan bagian 'Produk' dari video.
Jika Anda mengklik produk yang Anda sukai, Anda akan langsung diarahkan ke halaman penjualan eksternal untuk pembelian yang cepat dan mudah.
Kreator juga memiliki fleksibilitas untuk menandai produk, baik di video yang sudah ada maupun video baru, serta menyematkannya saat live streaming.
Dengan mengintegrasikan fitur belanja secara langsung ke dalam konten, Program Afiliasi YouTube Shopping memberikan kesempatan bagi kreator Indonesia untuk tidak hanya meningkatkan interaksi dengan penonton, tetapi juga mempererat hubungan, melalui integrasi belanja yang mudah dan alami ke dalam konten mereka.
Program ini melengkapi opsi monetisasi yang sudah ada seperti Pendapatan Iklan, Pendapatan YouTube Premium, Channel Memberships, Super Thanks, Super Chat, dan Super Stickers, memberikan lebih banyak pilihan untuk mendapatkan penghasilan dan mengembangkan kanal mereka di platform ini.
"Sebagai kreator, saya selalu berusaha mencari cara untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan audiens saya dan menciptakan sumber penghasilan yang dapat berkelanjutan."
"Program Afiliasi YouTube Shopping ini menjadi angin segar, karena saya bisa dengan mudah merekomendasikan produk-produk favorit saya dan mendapatkan komisi langsung dari video saya."
"Untuk para pelaku usaha, program ini juga membuka peluang besar untuk memperkenalkan produk saya kepada khalayak yang lebih luas dan berkolaborasi dengan kreator yang memiliki semangat yang sama."
"Ini adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan membangun kesadaran brand mereka," kata Wisnu Trijaya, Kreator konten Lifestyle dan Entertainment di YouTube.
Kreator dan brand yang memenuhi syarat dapat mempelajari lebih lanjut tentang Program Afiliasi YouTube Shopping di sini dan mendaftar hari ini di YouTube Studio.
Jangan lewatkan kesempatan menarik ini untuk terhubung dengan audiens Anda dan meningkatkan penjualan dengan cara yang baru.
(*)
Sulit Ceraikan Erin Taulany? Permohonan Talak Andre Taulany Sampai Ditolak 2 Kali oleh Hakim, Ini Penyebabnya: Tidak Terbukti
Source | : | Youtube |
Penulis | : | Grid. |
Editor | : | Nindya Galuh Aprillia |