Grid.ID – Komitmen Shopee untuk mendukung pertumbuhan penjual lokal terus dibuktikan dengan berbagai cara. Salah satunya, melalui gelaran Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung dari 14 Oktober hingga 11 November 2024.
Tahun ini, kampanye tersebut berhasil mendongkrak penjualan brand lokal dan pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga lebih dari 7,5 kali lipat di Shopee Live, terutama pada puncak kampanye yang jatuh pada 11 November 2024.
Kesuksesan Shopee 11.11 Big Sale diakui Senior Director of Marketing Growth Shopee Monica Vionna menjadi motivasi Shopee untuk terus menghadirkan inovasi yang mendukung ekosistem bisnis lokal.
“Kami bangga melihat semakin tingginya minat konsumen terhadap brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye ini. Ini menunjukkan bahwa kolaborasi dan pendekatan interaktif yang kami kembangkan telah memberikan dampak nyata bagi pertumbuhan bisnis para penjual,” ungkap Monica.
Selain menggelar berbagai kampanye, Shopee juga berkomitmen untuk terus mempererat koneksi antara penjual dan pembeli melalui fitur-fitur unggulan, seperti Shopee Live yang memberikan pengalaman belanja lebih interaktif dan dinamis.
"Kami percaya, mendukung pertumbuhan brand lokal adalah bagian dari proses terciptanya ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan," jelasnya.
Kampanye ini juga diperkuat dengan inisiatif Program Ekspor Shopee yang membantu brand lokal menjangkau konsumen di luar negeri, serta memperluas peluang bisnis mereka ke pasar global.
Terdapat tiga daerah yang berhasil mencatat lonjakan transaksi ekspor tertinggi pada puncak Shopee 11.11 Big Sale, yakni Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto.
"Dengan dukungan teknologi yang kami miliki, kami ingin memastikan bahwa brand lokal dan UMKM tidak hanya berkembang di pasar domestik, tetapi juga berkesempatan untuk menembus pasar internasional," jelas Monica.
Shopee Live jadi fitur andalan brand lokal dan UMKM
Selama kampanye berlangsung, Shopee Live tampil sebagai platform interaktif favorit yang tidak hanya menarik pembeli, tetapi juga mempercepat pertumbuhan brand lokal dan UMKM.
Pengalaman belanja melalui live stream membuat pengguna dapat bertanya dan menerima ulasan produk secara real-time.
Manfaat dan kelebihan Shopee Live pun dirasakan langsung oleh berbagai pihak. Salah satunya, brand lokal kategori Pakaian Pria, yakni Tenue de Attire.
Produk seperti kemeja dan atasan menjadi incaran konsumen selama kampanye 11.11 di Shopee Live, dengan lonjakan transaksi hingga 30 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Tak ketinggalan, Tulus Skin, brand lokal di kategori Kecantikan juga berhasil meningkatkan transaksi hingga 11 kali lipat dengan memaksimalkan fitur Shopee Live.
Monica mengatakan bahwa Shopee akan terus menghadirkan dan memaksimalkan layanan logistik dan fitur-fitur interaktif untuk mendukung ekosistem bisnis lokal yang inklusif dan berkelanjutan.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan dari para penjual, pembeli, dan mitra brand yang senantiasa mendukung kami,” tutup Monica. (**CM/FE)
Chandrika Chika Belum Minta Maaf Usai Diduga Aniaya Yuliana Byun, Sang Ayah Datangi Korban
Penulis | : | Yasmin FE |
Editor | : | Sheila Respati |