Grid.ID – Tren memesan makanan secara online melalui platform digital terus mengalami kenaikan yang signifikan.
Fenomena ini tercermin lewat riset berjudul “Online Food Delivery: Market Data and Analysis” yang dipublikasi oleh Statista.
Riset tersebut menemukan bahwa layanan pesan antar makanan di Indonesia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan hingga 2029, dengan rata-rata pertumbuhan hingga 14,48 persen per tahun.
Menyambut tren ini, ShopeeFood sebagai salah satu platform layanan pesan antar makanan turut berpatisipasi dalam memperkuat ekosistem digital di Indonesia. Salah satunya, dengan menghadirkan kampanye Checkout Murah.
Head of Business Development ShopeeFood Indonesia Rizkyandi Ramadhan menjelaskan, kampanye Checkout Murah dihadirkan untuk memberikan pengalaman belanja pesan makanan online yang mudah dan hemat bagi pengguna.
Upaya ini juga dharapkan dapat meningkatkan penjualan serta eksposur merchant, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
“Kampanye Checkout Murah ini menghadirkan kurasi menu kuliner yang variatif dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 20.000, sudah termasuk ongkos kirim (ongkir),” ujar Rizkyandi.
Baca Juga: H&M Hadir di Shopee Mall, Bawa Koleksi Produk Fesyen Terkini dengan Berbagai Promo Menarik!
Untuk mempopulerkan kampanye ini, Shopee berkolaborasi dengan konten kreator TikTok Mursyid yang dikenal dengan kreativitasnya dalam menciptakan konten yang menghibur dan informatif.
“Kami juga berkolaborasi dengan Mursid untuk semakin memeriahkan kampanye ini dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan bagi masyarakat,” tambahnya.
Hingga Desember 2024, inovasi ShopeeFood Checkout Murah tercatat sukses menarik hati para pengguna.
Rizkyandi menyebut, jumlah pembelian ShopeeFood Checkout Murah juga meningkat dua kali lipat di Desember 2024, dibandingkan saat pertama kali diluncurkan pada awal September 2024.
Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale Sukses Cetak Kenaikan Penjualan Brand Lokal dan UMKM hingga 7 Kali Lipat
Tidak hanya itu, terdapat beberapa temuan dan fakta menarik yang ditemukan tim ShopeeFood dalam program ini.
Pertama, sebanyak 4.000.000 menu dapat dipesan pada program ShopeeFood Checkout Murah.
Kedua, menu favorit pengguna yang paling banyak dipesan adalah nasi ayam, mi, nasi goreng, bubur ayam, nasi padang, dan kebab.
Ketiga, jam makan siang (11.00-12.00 WIB) dan makan malam (18.00-19.00 WIB) menjadi waktu favorit konsumen untuk memesan makanan di ShopeeFood Checkout Murah.
Keempat, inovasi ini juga memberikan keuntungan maksimal bagi para pengguna. Dengan menggunakan ShopeeFood Checkout Murah, pengguna telah menghemat pengeluaran hingga total miliaran rupiah.
Dampak positif bagi merchant
Selain menjadi andalan pengguna, ShopeeFood juga menjadi wadah bagi merchant untuk terus mengembangkan usaha dan mendongkrak pendapatan. Salah satunya, dirasakan pemilik Unique Chicken Boby Ardiansyah.
Sejak bergabung menjadi merchant ShopeeFood Checkout Murah, Uniqe Chicken berhasil menaikan penjualan hingga enam kali lipat dibandingkan sebelum kampanye ini berlangsung.
“Lewat program ini, kami dapat menaikan peningkatan penjualan hingga 6 kali lipat. Mengelola bisnis juga lebih praktis dan mudah dengan inovasi yang ditawarkan di aplikasi Shopee Partner,” jelas Boby.
Apresiasi terhadap ShopeeFood Checkout Murah juga datang dari CEO of Ngedagging, Robert Peter Rajimin.
Sejak bergabung di program ini, Ngeddaging berhasil mencetak angka penjualan tertinggi selama periode 2024.
“Dengan ShopeeFood Checkout Murah, kenaikan penjualan kami sangat diluar ekspektasi. Ini menjadi pencapaian yang sangat baik bagi usaha kami. Kami menantikan inovasi baru ShopeeFood di masa depan,” ungkap Robert.
Kabar baik tersebut diapresiasi Rizkyandi. Ia berharap, beragam inovasi dari Shopee dapat meningkatkan kesejahteraan merchant dan mitra pengemudi, kepuasan pengguna, hingga memperkuat ekosistem bisnis digital di Indonesia.
Dengan adanya fitur-fitur baru dan promosi yang menarik, Rizkyandi percaya bahwa merchant akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan mereka.
“Kabar baik ini semakin memotivasi ShopeeFood untuk terus berinovasi dalam upaya memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna yang berada dalam ekosistem kami, yaitu para pengguna, merchant, dan mitra pengemudi,” imbuhnya.
Benarkah Agus Buntung Punya Ilmu Hitam untuk Pikat dan Manipulasi Para Korbannya?
Penulis | : | Yasmin FE |
Editor | : | Sheila Respati |