Grid.ID – Era digital memberikan banyak peluang bagi mereka yang berani berinovasi. Yudist Ardhana adalah salah satu contoh nyata bahwa kesuksesan bukan hanya tentang bertahan di satu bidang, tetapi juga keberanian untuk mencoba hal baru dan terus beradaptasi.
Sebagai kreator multitalenta asal Bali, Yudist mulai merintis kariernya di YouTube sejak 2016. Dengan ciri khasnya, ia konsisten menghadirkan berbagai konten menarik, mulai dari challenge, review, travelling, hingga eksplorasi mainan unik.
Tak berhenti sampai di situ, pemilik akun YouTube dengan 23,5 juta subscriber tersebut juga memperluas jangkauannya melalui program YouTube Shopping Affiliates.
Program tersebut memungkinkan kreator seperti Yudist untuk menambahkan link afiliasi produk Shopee langsung ke dalam video mereka.
Dengan langkah ini, Yudist tidak hanya menghibur penonton, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan merekomendasikan produk-produk yang relevan dan bermanfaat.
Menurut Yudis, ruang digital tidak hanya menjadi wadah untuk berkarya, tetapi juga sarana untuk terus berkembang baik secara personal maupun profesional.
“Saya bisa mengeluarkan semua ide di kepala, menambah pengalaman baru, bahkan belajar skill baru, networking, dan tentunya mendapatkan penghasilan,” kata Yudis dalam keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Rabu (8/1/2025).
Yudist juga melihat adanya tren di mana masyarakat bisa berbelanja langsung dari sebuah video. Hal itu mendorongnya untuk bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates pada Oktober 2024.
“Bagi saya, ini adalah potensi besar untuk kedepannya, di mana semakin banyak orang yang bisa belanja langsung dari YouTube menuju link Shopee yang tertera, terutama jika produk yang ingin dibeli, sudah di-review oleh kreator favoritnya,” kata Yudist.
Tips mengoptimalkan peluang di YouTube Shopping Affiliates
Salah satu strategi Yudist dalam memanfaatkan YouTube Shopping Affiliates adalah memahami audiens dan kebutuhan mereka.
Dengan pendekatan yang autentik, Yudist merekomendasikan produk-produk yang relevan dengan kontennya, mulai dari perlengkapan rumah tangga, elektronik, gadget, barang unik, hingga kebutuhan kreator.
Semua itu disampaikan melalui konten yang personal dan santai, sehingga terasa dekat dengan penonton.
Yudist juga menyampaikan, melalui program YouTube Shopping Affiliates, kreator konten punya peluang untuk memperluas jangkauan sekaligus menjalin hubungan dengan berbagai pihak, mulai dari pelaku usaha lokal, UMKM, hingga brand besar.
"Kami juga merasa sangat terbantu dengan banyaknya pilihan produk dari berbagai kategori yang disediakan Shopee. Sebagai kreator konten, kami diberikan kebebasan untuk memilih dan menyajikan rekomendasi produk terbaik bagi audiens," ujar Yudist.
Baca Juga: Kisah AD REVIEW yang Sukses Menikmati Pendapatan Tambahan dari YouTube Shopping Affiliates
Meski baru beberapa bulan bergabung, Yudist sudah merasakan dampak positif yang menjanjikan dari program YouTube Shopping Affiliates.
Pendapatan dari integrasi link produk Shopee di video-video YouTube miliknya, baik yang lama maupun yang baru, mulai menunjukkan hasil yang signifikan. Tambahan komisi ini menjadi motivasi besar baginya untuk terus menggali potensi di bidang ini.
“Berbeda dengan konten hiburan yang hanya mengukur jumlah penonton, di YouTube Shopping Affiliates saya juga mulai mempelajari mengenai konversi penjualan. Ini tantangan baru yang membuat saya termotivasi untuk mempelajari skill marketing, sales, dan komunikasi jualan secara soft-selling yang dikemas dengan kreatif,” jelas Yudist.
Selain itu, Yudist juga membagikan tips mengoptimalkan peluang melalui pembuatan konten video yang menarik. Yuk, simak!
1. Mengamati tren yang sedang berkembang
Inspirasi dalam membuat konten bisa datang dari tren yang tengah populer di masyarakat.
“Ini bisa berupa aktivitas, barang-barang, makanan, gaya hidup, atau lokasi yang lagi booming atau viral. Bagi saya, semua itu bisa jadi bahan inspirasi,” ujar Yudist.
Namun, Yudist menekankan bahwa kreator perlu memilih tren yang sesuai dengan audiens mereka. Jangan sampai hanya mengikuti tren yang sedang populer, tapi tidak relevan dengan karakter audiens atau gaya konten yang dibangun.
Baca Juga: Kenalan dengan YouTube Shopping, Kolaborasi YouTube x Shopee yang Bikin Belanja Online Semakin Mudah
2. Fleksibel terhadap perubahan
Dunia digital berkembang sangat cepat dan tren bisa berubah dalam waktu singkat. Apa yang viral hari ini, bisa jadi sudah terlupakan besok.
Oleh karena itu, fleksibilitas menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki kreator. Yudist mengingatkan bahwa kreator perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, tanpa harus kehilangan identitas atau nilai-nilai pribadi mereka.
3. Jaga hubungan dengan audiens
Penonton adalah kunci utama kesuksesan seorang kreator. Bagi Yudist, menjaga hubungan dengan audiens bukan hanya tentang interaksi sesaat, tetapi membangun koneksi yang kuat agar tercipta loyalitas.
Yudist biasanya berinteraksi dengan penonton lewat kolom komentar, menjawab pertanyaan di video, atau menggunakan feedback mereka untuk ide konten berikutnya.
4. Memaksimalkan program YouTube Shopping Affiliate
Program seperti YouTube Shopping Affiliates bisa jadi cara yang efektif untuk menambah nilai pada konten yang diproduksi.
Yudist menyarankan para kreator untuk mencantumkan link afiliasi produk Shopee yang relevan di video YouTube mereka. Dengan begitu, penonton bisa langsung mengakses produk yang direkomendasikan. Di saat yang bersamaan, kreator juga mendapatkan tambahan komisi.
“Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman, karena di luar sana banyak peluang yang bisa dijelajahi,” tutup Yudist.
Bagi para kreator yang ingin mengikuti jejak sukses Yudist Ardhana, yuk ubah passion menjadi peluang dengan cara bergabung ke YouTube Shopping Affiliates.
Dengan memiliki minimal 10.000 subscriber, kamu bisa menghasilkan tambahan cuan sambil menyalurkan hobi.
Pastikan channel YouTube kamu sudah tergabung di Program Partner YouTube (YPP) atau sudah dimonetisasi. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek syarat dan ketentuannya di https://shopee.co.id/m/youtube-shopping.
(**CM/YUS)
5 Arti Mimpi Melihat Sawah Bersama Pasangan, Ternyata Pertanda Saling Mendukung Hal Ini, Simak Penjelasannya
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |