Grid.ID - Musim mudik 2018 ini, bukan tidak mungkin kamu baru kali pertama pakai mobil bertransmisi otomatis alias matik.
Kepadatan kendaraan saat mudik, membuat pengguna mobil matik merasa dimudahkan.
Tinggal injak gas dan rem saja selama perjalanan.
Berbada dengan yang pakai mobil bertransmisi manual.
Kudu injak kopling dulu, masukkan gigi dan gas.
Kalau banyak macetnya, capek deh...bolak-balik injak kopling dan oper gigi.
(BACA JUGA : Belanja Car Seat, Pahami Kedua Jenisnya dan Baru Cari Kelebihannya)
Meski terasa dimudahkan, namun yang pakai mobil matik kudu paham betul loh masing-masing huruf (P-R-N-D-L) yang ada di tuas transmisi.
Itu karena pada masing-masing huruf punya fungsi yang berbeda.
Huruf P dah jelaskan fungsinya untuk parkir.
Transmisi akan terkunci, sehingga mobil nggak bisa didorong.
Posisi tuas transmisi di huruf P, juga dipakai saat kali pertama menghidupkan mesin dan kalau mau melepas kunci kontak.
Huruf R itu dipakai untuk 'atret' alias mundur.
Jangan lupa injak rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke R, biar nggak nyelonong.
(BACA JUGA : Posisi Lubang Pengisian Mobil, Nggak Pakai Turun Bisa Tahu Letaknya)
Huruf N itu netral dan D simbol dari Drive yang dipakai untuk berkendara.
Meski tuas transmisi sudah diposisikan N, pada mobil-mobil baru kunci kontak nggak bisa dilepas loh.
Ada cara tersendiri yang harus dilakukan, agar transmisi di N dan kunci kontak dilepas.
L menunjukan gigi rendah yang biasa digunakan saat mobil menanjak, begitu juga dengan angka 3, 2, dan L.
Untuk angka 3, maksudnya maksimum transmisi bekerja di gigi 3.
Transmisi hanya akan maksimum bekerja di gigi 2, saat tuas diposisikan angka 2 dan kalau 1, ya maksimumnya gigi 1.(*)
Apa Makna Jeruk dalam Perayaan Imlek 2025? Yuk Simak Filosofi si Bulat Manis Ini!
Penulis | : | Octa Saputra |
Editor | : | Octa Saputra |