Laporan Wartawan Grid.ID, Septi Nugrahaini
Grid.ID - Musik K-Pop tampaknya akan semakin mendunia dan terus menjadi salah satu musik yang mengglobal.
Pasalnya, agensi-agensi besar Korea Selatan telah membentuk langkah serius dalam pendistribusian musik K-Pop.
Dilansir Grid.ID dari Soompi, pada Kamis (19/7/2018), 7 agensi besar Korea Selatan menandatangani pendirian Music & Creative Partners Asia Co., Ltd. (MCPA).
(BACA JUGA: BTS Batal Ikut Project Tribute Untuk Michael Jackson, Begini Penjelasan BigHit Entertainment)
Music & Creative Partners Asia Co., Ltd. (MCPA) adalah layanan perusahaan yang akan mendistribusikan dan menyalurkan MV ke platform digital seperti YouTube.
Proses penandatanganan tersebut dilangsungkan di Park Hyatt Hotel, Seoul.
Ketujuh agensi yang ikut dalam pendirian MCPA adalah SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, BigHit Entertainment, FNC Entertainment, Mystic Entertainment, dan Star Empire Entertainment.
(BACA JUGA: Daebak! MV DDU-DU DDU-DU BLACKPINK Jadi MV K-Pop Tercepat yang Raih 200 Juta Viewers)
MCPA juga berfungsi sebagai kepala kebijakan penentuan dan negosiasi.
Selain itu juga akan menyediakan layanan platform baru yang mendistribusikan konten baru.
Beda dengan Ahmad Dhani dan Ari Bias, Opick Ungkap Alasan Ikhlas Lagunya Dinyanyikan Orang Tanpa Royalti
Penulis | : | Septi Nugrahaini Rahmawati |
Editor | : | Septi Nugrahaini Rahmawati |