Laporan Wartawan Grid.ID, Tata Lugas Nastiti.
GRID.ID - Leader boyband asal Korea Selatan, RM BTS, berulang tahun, Rabu (12/9/2018) kemarin.
Selain menerima banyak ucapan selamat dari berbagai selebritis dan brand ternama, RM BTS juga sempat menjadi worldwide trending topic di Twitter.
Selama satu hari, RM BTS menjadi sensasi di dunia K-Pop karena perayaan ulang tahunnya.'Baca Juga : Cari Tempat Liburan Seru di Akhir Pekan? Yuk Datang ke Karnival Gratis Ini!
Berbagai aksi dilakukan untuk merayakan ulang tahun pria kelahiran tahun 1994 itu.
Seperti yang telah diberitakan oleh Grid.ID kemarin, para penggemar telah melakukan banyak hal untuk merayakan ulang tahun RM BTS.
Salah satunya yang viral adalah aksi fansite atau situs penggemar resmi dalam merayakan ulang tahun RM BTS.
Dikutip Grid.ID dari berbagai akun resmi fansite RM di Twitter, terdapat empat aksi fansite dalam merayakan ulang tahun RM BTS yang viral dibicarakan:
Baca Juga : 10 Bangunan Tua di Inggris, Ada yang Dicurigai Sebagai Tempat Pelatihan Teroris!
1. Plane Banner (@MoNiJunNi)
Sebelumnya, fansite RMonipedia memasang iklan layar digital di Times Square, New York, hingga menghabiskan jutaan dolar AS.
Hal yang sama dilakukan oleh fansite MoNiJunNi (@MoNiJunNi) di Oakland, California, Amerika Serikat, pada Rabu (12/9/2018).
Fansite tersebut merayakan ulang tahun RM dengan memasang iklan melalui aksi plane banner bertuliskan "Happy RM Day MoNiJunNi".
Plane banner tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar termasuk salah satu fans BTS dengan akun twitter @mapplesuga
Baca Juga : Setelah Drama, IU Bakal Unjuk Kemampuan Akting di Film Pendek Tentang Tenis
NAMJOON FANSITE SNAPPED SIS THEY REALLY RENTED A PLANE JUST TO GREET JOONIE A HAPPY BIRTHDAY wIG WIG WIGpic.twitter.com/ZZ1r2a85Mi
— euna 轉: seesaw (@mapplesuga) September 12, 2018
Berdasarkan cuitan tersebut, diketahui Plane Banner ini adalah aksi project yang dilakukan fansite MoNiJunNi dalam merayakan ulang tahun RM BTS.
Diketahui, Oakland adalah lokasi selanjutnya tur konser dunia BTS diselenggarakan setelah Staples Center, Los Angeles.
Dikutip Grid.ID dari stcharlesflyingservice.com, memasang ikan dengan metode Plane Banner dapat menghabiskan biaya sekitar 350 dolar AS per penerbangan dengan biaya tambahan 100 dolar AS untuk spanduk iklan yang diterbangkan.
Baca Juga : Nggak Cuma Karena Stres, Rambut Rontok Dalam Jumlah Banyak Juga Terjadi Gara-gara Hal Ini
2. Tanam 200 Pohon (@KingNamjoonPH)
Selain memasang iklan, yang tidak kalah viral adalah aksi fansite RM Filipina bernama King Namjoon PH (@KingNamjoonPH).
Fansite ini memilih aksi menanam pohon bersama di gunung Sierra Madre, Filipina atas nama RM BTS atau Kim Namjoon.
To celebrate RM’s birthday, our ARMYs planted 200 trees in Sierra Madre mountain as an action to protect our planet and people.
The 200 trees had been raised by ARMYs all over the world in appreciation of Namjoon and our environment. #PlantTodaySaveTomorrow #ARMYnaturewin pic.twitter.com/7B39O5MnC5
— King Namjoon PH ???? (@KingNamjoonPH) September 9, 2018
Project ini sudah dilakukan mulai dari tanggal 8 September lalu dan diapresiasi oleh Feed CSR Patron of Education & Environment Filipina.
Aksi perlindungan alam dan lingkungan ini sempat diberitakan oleh awak media Manila.
Baca Juga : Baru Tayang di Bioskop, Simak yuk 5 Fakta Menarik Film The Predator!
3. Restorasi Karang Gili Trawangan (@OneInAnARMY)
Aksi berikutnya dilakukan oleh fansite dengan nama One in an ARMY (@OneInAnARMY).
Fansite ini melakukan aksi restorasi karang di Gili Trawangan, Lombok, Indonesia, atas nama RM BTS dengan menggandeng organisasi Gili Eco Trust.
Selain restorasi karang, fansite ini juga melakukan aksi pembersihan pantai.
Baca Juga : BTS Sukses di Dunia Musik Internasional, Musisi Senior Cho Yong Pil Buka Suara
Our precious leader Namjoon's #OneInAnArmy
Birthday Campaign just started!We'll be supporting Gili Eco Trust, an organization that protects the environment and oceans ????
Donate here: https://t.co/xRVAQW1Dix
Please use #RebuildWithNamjoon to tweet about it ????
More details ???? pic.twitter.com/W9xpC5x8Os
— One in an ARMY ???? (@OneInAnARMY) September 1, 2018
Awalnya aksi ini bertujuan mengumpulkan donasi untuk restorasi karang yang rusak di Gili Trawangan, Lombok.
Namun, atas bencana alam yang sempat menimpa Lombok, fansite ini mengganti rencana.
Dana yang terkumpulkan akan disumbangkan seluruhnya atas nama RM BTS untuk pembangunan rumah di daerah bencana Lombok.
Baca Juga : BTS Masuk Nominasi Penghargaan Social Artist di American Music Awards, Fans Kecewa?
4. Mengadopsi 5 Spesies Paus dan Penyelamatan Beruang Kutub (@dreamon0912)
Tahun lalu, fansite ini sempat viral dibicarakan karena aksinya yang mengejutkan untuk merayakan ulang tahun RM.
Pada 26 Agustus tahun lalu, fansite ini secara simbolis mengadopsi 5 spesies paus dan aksi penyelamatan beruang kutub yang terancam punah.
- HAPPY RM DAY ???? pt.2 -
— 드림梦♡(˶‾᷄ ⁻̫ ‾᷅˵)♡ (@dreamon0912) August 26, 2017
남준니 이름으로 WWF (세계자연보호기금)을 통해 흰긴수염고래, 흑고래, 일각고래, 범고래, 흰고래를 도와서 부양합니다. Hope the whales can be loved like Namjun❤️???? pic.twitter.com/QgTfENbe8I
Diketahui, RM BTS adalah salah satu member yang sempat mengungkapkan perhatiannya pada paus dalam lagu Whalien 52.
Whalien 52 adalah lagu yang menceritakan tentang spesies paus langka yang memiliki freukensi bicara pada 52Hz.
Baca Juga : Jelang Piala Oscar 2019, Walt Disney Incar Kemenangan Lewat Film Black Panther
Whalien 52 ini adalah paus terasing yang tidak dapat berkomunikasi dengan spesies paus apa pun karena perbedaan frekuensi komunikasi.
Terinsipirasi dari lagu tersebut, fansite @dreamon0912 memutuskan secara simbolis mengadopsi 5 spesies paus atas nama RM BTS atau Kim Namjoon.
Lima spesies paus yang diadopsi adalah paus Orca, paus bungkuk, paus biru, paus Narwal, dan beluga.
Baca Juga : Video: BTS Sukses Ramaikan Panggung America's Got Talent dengan Lagu IDOL
Biaya adopsi dan penyelamatan ini disumbangkan sepenuhnya pada konservasi alam dan organisasi terkait seperti World Wildlife Fund.
(*)
Nyesek, Abidzar Ternyata Sempat Jedotin Kepalanya ke Tembok Usai Tahu Uje Meninggal, Umi Pipik: Dia Nyalahin Dirinya
Source | : | Twitter,aminoapp |
Penulis | : | Tata Lugas Nastiti |
Editor | : | Deshinta Nindya A |