Grid.ID – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) punya fasilitas produksi berstandar global.
Kemampuan salah satunya, adalah memproduksi mesin dan mobil hampir secara bersamaan.
Jadi, sistem produksi pabrik Toyota memang dijalankan sesuai dengan pesanan konsumen.
Tujuannya untuk meminimalisasir penyimpanan (stok), sekaligus menjaga kualitas mobil yang diterima pelanggan agar tetap dalam keadaan baru.
Baca Juga : Jumlah Vendor dan Karyawan yang Terlibat Dalam Pembuatan Toyota Sienta
Mobil yang diterima pelanggan adalah produk yang baru selesai dibuat di pabrik, bukan hasil produksi terdahulu yang telah melewati masa penyimpanan panjang sebelumnya.
Lalu, tahukah kamu kalau setiap mobil produksi TMMIN harus melalui tahapan pemeriksaan yang panjang dan sangat ketat, termasuk buat Sienta, sebelum sampai di rumahmu?
Bicara soal quality control, pasti masih banyak di antara kita yang masih belum tahu seperti apa proses yang dilakukan Toyota pada tahap ini.
Dimulai dari tahap engineering and development atau praproduksi, stamping yaitu tahap pengepresan, welding yang merupakan bagian dari pengelasan, painting, atau pengecatan, assembly dan quality control.
Rupanya quality control itu merupakan pintu gerbang terakhir pada proses pembuatan mobil Toyota Sienta, biasa disebut dengan uji kualitas.
Baca Juga : Maia Estianty Nikah Diam-diam di Tokyo, Irwan Mussry Bilang Alhamdulillah
Semua mobil Toyota dalam setiap tahapan produksinya harus melalui proses pengujian kualitas.
Untuk semakin memperkuat kualitas, semua mobil yang telah diproduksi di assembling shop sekali lagi harus menjalani proses pengecekan final (terakhir) untuk mewujudkan kepuasan pelanggan.
Pemeriksaan dilakukan pada bagian luar dan dalam mobil, pada mesin serta melakukan beberapa penyetelan.
Penyetelan kemiringan roda agar mobil lebih mudah dan nyaman saat dikendarai.
Kemudian, penyetelan fokus lampu mobil, agar sinar lampu tidak menyilaukan pengendara lain dan pemeriksaan sudut putar atau sudut belok roda depan, untuk memastikan mobil mudah saat berbelok.
Juga dilakukan pengujian dalam kecepatan tinggi, rem, pengecekan lampu, klakson, dan bagian-bagian lainnya.
Baca Juga : Menurut Alvin Lie Pengamat Penerbangan, Jangan Terburu-buru Berikan Sanksi Pada Maskapai
Selanjutnya mobil menjalani pemeriksaan kebocoran air dengan simulasi hujan dan memastikan tidak ada kebocoran di dalam mobil. Langkah selanjutnya pada pemeriksaan suara abnormal saat melalui jalan yang tidak rata.
Pabrik TMMIN juga memiliki fasilitas tescourse atau lintasan uji pacu sepanjang 1 km yang dilengkapi fitur lintasan pacu lurus, tikungan, tanjakan dan simulasi banjir yang dipergunakan untuk pengujian kualitas kendaraan.
Jika semuanya sempurna, maka mobil Toyota Sienta pesanan akan segera di antar ke rumah.
(*)
Penulis | : | Nailul Iffah |
Editor | : | Nailul Iffah |