Laporan Wartawan Grid.ID, Dewi Lusmawati
Grid.ID – Sebuah hotel di Dublin, Irlandia baru-baru ini terlibat dalam kontroversi dengan seorang vlogger.
Pasalnya, hotel tersebut mengkritik permintaan seorang selebgram untuk tinggal di hotel itu secara gratis.
Dilansir Grid.ID dari The Independent, selebgram bernama Elle Darby awalnya menawarkan review hotel pada White Moose Cafe.
Ia menawarkan untuk menukar review dengan fasilitas menginap secara gratis.
( BACA JUGA: Cegah Stroke dan Kurangi Risiko Alzheimer Dengan Segelas Smoothie Strawberry Kiwi )
Namun, bukannya menyetujui tawaran tersebut, pihak hotel justru melayangkan kritik terbuka pada gadis 22 tahun tersebut.
Darby merupakan influencer media sosial yang tinggal di Inggris.
Ia memiliki 83.400 pengikut Instagram dan 92.800 di YouTube.
Setelah membagikan email dari Darby di halaman Facebook hotel White Moose Cafe, pemilik hotel membuat pengumuman mengejutkan.
( BACA JUGA: Membocorkan Rahasia Perusahaan, Karyawan Snap Chat Terancam Dipecat, Hingga Dipenjara )
Paul Stenson, sang pemilik hotel, menyatakan bahwa dia akan melarang semua blogger dan influencer media sosial dari hotelnya.
Tak hanya itu, kini Paul melangkah lebih jauh.
Ia membuat tagihan palsu untuk Darby atas permintaan menginap di hotelnya.
Tagihan itu sebagai bentuk ganti rugi pencemaran nama baik hotel.
( BACA JUGA: Iseng-iseng Tanam Melon, Kakek Pensiunan Ini Terkejut dengan Ukuran Buah yang Didapat )
Darby diminta membayar atas pencemaran di fitur di 114 artikel di 20 negara dengan potensi keuntungan hotel mencapai 450 juta orang.
Selanjutnya, dalam tagihan disebutkan pembayaran harus dilakukan dalam mata uang Euro.
Disebutkan bahwa video tidak akan memenuhi syarat sebagai alat pembayaran.
Jumlah tersebut mencapai € 5,289.000 (sekitar lebih dari 86 milyar Rupiah).
( BACA JUGA: Cegah Kanker dan Anemia dengan Smoothie Pisang Strawberry, Cukup Satu Langkah! )
I’m posting out this invoice today... pic.twitter.com/FYFONTWoOd
— White Moose Cafe (@whitemoosecafe) 20 Januari 2018
Namun, terlepas dari kemarahan pihak hotel terhadap vlogger dan influencer itu, mereka jelas terbuka terhadap kolaborasi produk.
Mereka menyebut sebagai bagian "brand endorsement" di situs website mereka.
Dalam website resmi mereka, pihak hotel mengatakan bahwa pemilik hotel memiliki banyak follower.
"Paul & Jason memiliki sekitar 200 ribu pengikut di platform media sosial mereka."
( BACA JUGA: Interview dengan Majalah, Irene dan Wendy Ngaku Sempat Nangis saat Konser Solo Pertama Red Velvet, Apa Penyebabnya? )
"Jika anda ingin lebih meningkatkan bisnis anda, akun Snapchat hotel White Moose Cafe mungkin tempat untuk Anda," tulis website tersebut.
"Tidak seperti influencer sosial media lainnya, kami tidak akan menampilkan merek anda dengan cara yang dibuat-buat atau bertahap."
"Kami akan menyoroti produk / layanan anda dengan menggunakan pendekatan alami dan komedi."
"Dan kami akan selalu jujur ??mengenai apa yang kami pikirkan," lanjut website tersebut.
( BACA JUGA: Kisah Haru Tasmi, Jadi TKW 4 Tahun di Malaysia, Pulang Tinggal Nama )
Sementara itu, walapun follower Elle Darby mungkin meningkat sebagai akibat dari kontroversi tersebut, dia juga mengalami serangan di media sosial.
Dia disebut "penumpang menjijikkan" dan bahkan mendapat ancaman pembunuhan. (*)
Source | : | the independent |
Penulis | : | Nindya Galuh Aprillia |
Editor | : | Nindya Galuh Aprillia |